Shell Jadi Perusahaan Migas dengan Kemampuan Transisi Energi Terbaik

Menurut laporan Recharge dan BloombergNEF, Shell menjadi perusahaan migas yang dinilai paling memiliki kemampuan untuk mendorong transisi energi.

Shell Jadi Perusahaan Migas dengan Kemampuan Transisi Energi Terbaik Ilustrasi Gas Station Shell | Unsplash/rayjkiii

Karena permasalahan iklim yang kian menjadi, berbagai negara berkomitmen untuk melakukan transisi energi. Salah satu kunci keberhasilan transisi energi didukung oleh kemampuan untuk beralih dari tingginya produksi dan konsumsi energi kotor menjadi EBT (Energi Baru Terbarukan).

Rupanya, tak hanya sebuah negara yang bisa berkomitmen dan menunjukkan aksi nyata untuk transisi energi. Berbagai perusahaan raksasa migas dunia dinilai punya kapabilitas untuk melakukan komitmen yang sama. 

Jajaran Perusahaan Migas dengan Kemampuan Transisi Menuju Energi Bersih Terbaik | Goodstats
Perusahaan Migas dengan Kemampuan Transisi Menuju Energi Bersih Terbaik | Goodstats

Menurut data yang dirilis oleh Recharge dan BloombergNEF, ada 10 perusahaan raksasa migas dunia yang dinilai punya kemampuan yang baik untuk transisi energi. Dalam data tersebut, Shell menjadi perusahaan migas dengan kemampuan transisi energi terbaik dengan skor transisi energi di angka 8,99. Tak banyak yang tahu bahwa perusahaan kenamaan itu telah eksis sejak masa Hindia Belanda dan memulai tindak-tanduk bisnisnya di Sumatera Utara. 

Komitmen transisi energi Shell untuk Indonesia juga mereka publikasikan di situs resmi shell.co.id. Selain itu, pada Juni 2022 lalu, Shell juga menciptakan tiga skenario transisi yang diberi nama Wave, Island, dan Sky 1.5. Ketiga skenario transisi energy tersebut dibedakan berdasarkan kecepatannya, yang dimana Sky 1.5 akan menjadi skenario yang tercepat karena sejalan dengan tujuan COP 26. Shell perlahan akan mengembangkan sayapnya untuk bisa mendorong elektrifikasi dengan membangun SPKLU.

Urutan kedua diduduki oleh perusahaan Total Energies dari Prancis dengan skor transisi energi di angka 7,54. Sementara perusahaan migas yang menduduki urutan 3 adalah Repsol, perusahaan migas dari negara spanyol yang cukup terkenal karena sering muncul dan terlihat sebagai sponsor tim balapan perhelatan Motogp. Repsol tercatat memiliki skor transisi energi di angka 7,46. 

Perusahaan Galp menjadi perusahaan yang menempati peringkat 4 dalam jajaran perusahaan migas dengan kemampuan transisi energi terbaik. Perusahaan asal Portugal tersebut mendapatkan skor transisi energi di angka tepat 7,4.

Sementara itu, perusahaan BP (British Petroleum) menduduki posisi lima sebagai perusahaan migas yang dinilai berkemampuan baik untuk melakukan transisi energi. Perusahaan kenamaan asal Ingris itu memiliki skor transisi energi di angka 7,16.

Penulis: Puja Pratama Ridwan
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Survei GoodStats: Supra Masih Jadi Motor Bebek Terfavorit Orang Indonesia di 2024

Berdasarkan hasil survei GoodStats pada Februari 2024, sebanyak 24% responden menempatkan Honda Supra sebagai motor bebek favoritnya.

18.000 Kasus Kanker Kulit Terjadi di Tanah Air, Berikut Daftar Tabir Surya Paling Favorit Indonesia

Kanker kulit menjadi ancaman masyarakat. Pemakaian tabir surya ampuh menjadi langkah preventif, berikut merek tabir surya penerima Top Brand Award 2023!

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook