Sering Tersenyum, Indonesia jadi Negara Paling Positif di Dunia

Indonesia jadi negara paling sering tersenyum dan miliki Indeks Pengalaman Positif tertinggi di dunia pada tahun 2022, yaitu sebesar 85.

Sering Tersenyum, Indonesia jadi Negara Paling Positif di Dunia Ilustrasi orang tersenyum | Istock

Emosi positif merupakan sebuah respon dan perasaan yang timbul ketika mengalami hal yang menyenangkan atau hal yang dapat memberi dampak positif terhadap diri sendiri, seperti perasaan bahagia, lega, dan bersyukur.

Berdasarkan hasil survei bertajuk “Global Emotions 2023” yang dirilis oleh organisasi riset dunia Gallup, Indonesia dinobatkan sebagai negara paling positif di dunia. Survei dilakukan dengan tujuan untuk mengukur perasaan dan emosi suatu negara baik itu positif atau negatif  yang tidak diukur berdasarkan Produk Domestik Bruto (PDB).

Gallup melakukan riset terhadap perasaan dan emosi yang dirasakan masyarakat dunia dalam kehidupan sehari-hari mereka. Survei yang dilakukan Gallup melibatkan 147.000 responden yang merupakan orang dewasa dari 142 negara, dan dilaksanakan pada tahun 2022.

Negara Paling Positif

Indonesia jadi negara paling positif di dunia pada tahun 2022 | Goodstats

Pada tahun 2022, Indonesia berhasilkan dinobatkan sebagai negara dengan penduduk yang memiliki emosi paling positif dengan meraih skor tertinggi yaitu 85. Selain Indonesia, negara lain seperti Meksiko, Paraguay, Filipina, dan Vietnam juga mendapatkan skor yang sama. Hasil ini juga menjadikan Indonesia sebagai negara paling sering tersenyum di antara negara-negara lain di dunia.

Dalam survei ini, responden diberikan pertanyaan untuk mengukur indeks pengalaman positif mereka seperti, ‘Apa kemarin merasa cukup istirahat?’, ‘Apa kemarin tersenyum atau tertawa banyak?’, ‘Apa kemarin belajar atau melakukan sesuatu yang menarik?’, ‘Apa kemarin diperlakukan dengan hormat sepanjang hari?’, dan ‘Apa kemarin mengalami perasaan menyenangkan?’.

Negara Paling Negatif

Afghanistan jadi negara paling negatif di dunia pada tahun 2022 | Goodstats

Di sisi lain, Afghanistan dinobatkan sebagai negara paling negatif dengan indeks pengalaman positif sebesar 34. Afghanistan selalu menjadi negara paling negatif selama 6 tahun berturut-turut sejak tahun 2017. Tidak terduga, Turki juga termasuk negara paling negatif  dengan indeks pengalaman positif sebesar 45. Negara lain yang turut menjadi negara paling negatif adalah Lebanon, Bangladesh, dan Republik Turki Siprus Utara

Untuk mencari tau pengalaman buruk atau negatif yang dialami, responden diberikan pertanyaan seperti, ‘Apakah kemarin mengalami sakit fisik?’, ‘Apakah kemarin merasa khawatir?’, ‘Apakah kemarin merasa sedih?’, ‘Apakah kemarin merasa stress?’, dan ‘Apakah kemarin merasa marah?.

Hasilnya, secara global, 71% responden mendapatkan istirahat cukup, 72% responden mengalami banyak kesenangan, 73% responden banyak tersenyum dan tertawa, dan 87% responden merasa dihormati oleh orang lain.

Mayoritas warna dunia merasa mendapatkan lebih banyak istirahat, kesenangan, dan lebih sering tersenyum atau tertawa dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu masa pandemi Covid-19 di tahun 2021.

Skor indeks global menunjukkan pada tahun 2022 indeks pengalaman positif meningkat dari tahun 2021. Namun, angka tersebut masih lebih rendah daripada skor global pada tahun-tahun sebelum pandemi.

Penulis: Icen Ectefania Mufrida
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Inilah Negara-Negara dengan Masakan Terbaik di Dunia

Lezat dan mempunyai cita rasa yang unik, berikut negara-negara dengan masakan terbaik di dunia.

10 Orang Terkaya di Indonesia 2024

Orang terkaya di Indonesia kini dipegang oleh Prajogo Pangestu, dengan kekayaan mencapai Rp671 triliun.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X