Serba-Serbi Pendapatan Industri Game yang Bukan Main

Industri video games semakin menunjukkan taringnya. Tencent Games berhasil merajai industri game dengan pendapatannya yang sangat tinggi di tahun 2021.

Serba-Serbi Pendapatan Industri Game yang Bukan Main Ilustrasi Gamers | Unsplash/Florian Olivo

Industri video game dewasa ini semakin menjadi. Tentu, hal tersebut bukan hal yang mengherankan lagi. Mengingat, semakin banyak video game yang menghadirkan fitur-fitur menarik dan jalan cerita yang kaya. Tak hanya itu, makin banyak pengembang yang menghadirkan fasilitas cross-platform serta semakin banyak video games ciamik yang hadir di platform mobile.

Berdasarkan data dari Statista, Amerika Serikat menjadi negara dengan pendapatan tertinggi dari video game di tahun 2021, Amerika Serikat berhasil meraup keuntungan hingga 54,9 juta dolar AS. Di bawah Amerika Serikat, China menduduki peringkat dua sebagai negara dengan pendapatan video game terbanyak di tahun 2021 dengan total pendapatan mencapai angka 44 juta dolar AS. Selain itu, Jepang dan Korea Selatan menempati peringkat tiga dan empat dengan masing-masing pendapatan dari video game di tahun 2021 di angka 39,8 dan 11,9 juta dolar AS.

Tidak mengherankan mengapa Amerika Serikat dan Cina menjadi negara dengan pendapatan video game tertinggi di 2021. Hal tersebut murni dikarenakan memang banyak pengembang game besar seperti Blizzard hingga Activision yang memang terkenal menciptakan banyak video game ciamik. Untuk Cina, juga banyak developer game raksasa seperti Tencent, NetEase hingga IGG yang terkenal sedang gencar merambah ke platform mobile.

Di tengah fenomena “demam video game” pada era ini, pastinya akan muncul pertanyaan perihal perusahaan pengembang video games mana yang merajai pendapatan industri game dalam skala global.

Pertanyaan tersebut dapat dijawab dari data yang berhasil dihimpun oleh Statista perihal revenue tahunan dari setiap perusahaan pengembang game di seluruh dunia. Tercatat, perusahaan Tencent dari Cina berhasil merajai industri game dunia dengan pendapatan tahunannya yang mencapai 32,2 miliar dolar AS pada tahun 2021. Tencent memang terkenal sedang melebarkan sayap ke industri video game mobile sejak dirilisnya game genre MOBA Arena of Valor di tahun 2017 dan PUBG Mobile di tahun 2018.

Sony tercatat berhasil menempati singgasana perusahaan pengembang game dengan pendapatan tahunan terbanyak urutan dua di tahun 2021. Tak perlu dipertanyakan, Sony memang punya catatan ciamik dalam karir industri gamenya dengan game-game terkenal seperti God of War dan The Last of Us yang berhasil menyita banyak perhatian para gamers.

Penulis: Puja Pratama Ridwan
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Motor Listrik Bersubsidi yang Harganya di Bawah Rp10 Juta

Harga motor listrik subsidi dibanderol mulai dari Rp5 jutaan hingga yang termahal seharga Rp40 jutaan

Penjualan Mobil Listrik Terus Melonjak Setiap Tahunnya

Penjualan mobil listrik di Indonesia meningkat 49 persen pada semester I tahun 2023

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook