Presiden RI dengan Warisan Jalan Tol Terpanjang, Siapa Juaranya?

Di antara seluruh presiden yang pernah menjabat, Jokowi menjadi presiden yang paling banyak membangun jalan tol di era pemerintahannya

Presiden RI dengan Warisan Jalan Tol Terpanjang, Siapa Juaranya? Ilustrasi Jalan Tol di Indonesia│novita ramadhani/Unsplash

Pembangunan jalan tol menjadi salah satu fokus utama para Presiden Indonesia ketika menjabat sebagai kepala negara. Tercatat, pembangunan jalan tol pertama di Indonesia adalah pembangunan Jalan Tol Jakarta - Bogor - Ciawi atau yang dikenal Jalan Tol Jagorawi sepanjang 59 km di tahun 1978, di masa pemerintahan Presiden Soeharto.

Hingga bulan Februari 2022, panjang jalan tol di Indonesia sudah mencapai 2.499 km, yang terbagi dalam 67 ruas jalan tol. Jumlah tersebut belum termasuk beberapa ruas jalan tol yang baru diresmikan di tahun 2022. 

Pembangunan jalan tol di Indonesia dimulai sejak era pemerintahan Presiden Soeharto, dan hampir seluruh Presiden yang menjabat setelah masa itu membangun jalan tol di masa kepemimpinannya. Menurut data dari BPJT Kementerian PUPR, hanya pada era pemerintahan Gus Dur dan Megawati saja yang tidak melakukan peresmian jalan tol setelah era Soeharto.

Jadi, hanya Presiden Soeharto, B.J. Habibie, Susilo Bambang Yudhoyono, dan Joko Widodo saja yang sempat meresmikan jalan tol di Indonesia. Dari keempat nama presiden tersebut, Presiden Jokowi menjadi presiden dengan warisan jalan tol terpanjang.

Sejak awal menjabat di tahun 2014 hingga bulan Februari tahun 2022, Presiden Jokowi telah meresmikan jalan tol sepanjang 1.569 km, belum termasuk sejumlah jalan tol yang diresmikan di pertengahan hingga akhir tahun 2022. Meski begitu, sudah jelas bahwa era pemerintahan Jokowi menjadi era dimana pembangunan jalan tol dikebut habis-habisan.

Menurut BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol) Kementerian PUPR, salah satu manfaat utama dari jalan tol adalah untuk pengembangan wilayah & peningkatan ekonomi. Oleh sebab itu, pembangunan jalan tol menjadi salah satu fokus pemerintah beberapa tahun ke belakang.

Sementara itu, Presiden Soeharto, sebagai penggagas pembangunan jalan tol di Indonesia, menjadi Presiden dengan warisan jalan tol terpanjang kedua setelah Presiden Jokowi. Pada masa kepemimpinannya, Soeharto telah membangun jalan tol sepanjang 564,880 km. Kemudian disusul oleh SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) dengan pembangunan jalan tol sepanjang 352,220 km, dan B.J. Habibie dengan panjang 12,7 km.

Penulis: Rangga Hadi Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Menilik Kembali Kabar Karhutla Di Indonesia

Sebagai negara dengan kawasan hutan mencapai 51,2% dari total daratan, kebakaran hutan menjadi sesuatu yang rentan terjadi.

7 Gempa Terbesar yang Pernah Terjadi di Indonesia

Indonesia sangat rentan terhadap gempa bumi karena letak geografisnya yang berada di Zona Gempa Pasifik.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X