Sederet Prestasi yang Diperoleh Bandara dan Maskapai Indonesia

Beberapa maskapai dan bandara internasional di Indonesia pernah memperoleh berbagai penghargaan.

Sederet Prestasi yang Diperoleh Bandara dan Maskapai Indonesia Ilustrasi terminal bandara │ @4045/Freepik

Tingkat kepuasan masyarakat Indonesia terhadap infrastruktur bandara di negaranya mencapai 92%, menurut hasil survei Global Infrastucture Index 2023 yang dipublikasikan oleh Ipsos bersama Global Infrastructure Investor Association (GIIA). Tingkat kepuasan ini unggul satu tingkat dibandingkan dengan tingkat kepuasan yang dirasakan masyarakat Singapura.

Hasil survei ini dapat menjadi tolok ukur bagi pemerintah dan stakeholder terkait untuk setidaknya mempertahankan atau bahkan meningkatkan pembangunan infrastruktur. Bandara Indonesia menjadi salah satu infrastruktur yang mendapat perhatian dari pemerintah sehingga dapat memberikan kepuasan kepada para penumpang.

Kepuasan ini juga tidak terlepas dari komitmen Presiden RI, Joko Widodo untuk melakukan pembangunan infrastruktur yang cukup masif, termasuk bandara. Selama dua periode atau 10 tahun menjabat, Jokowi telah melakukan pembangunan sebanyak 16 bandara dan memperbaiki 36 bandara di Indonesia. Jumlah pembangunan ini dinilai lebih tinggi dibandingkan periode sebelumnya yang melakukan pembangunan proyek hanya mencapai 24 bandara.

Atas usaha tersebut, beberapa bandara Indonesia berhasil mendapat berbagai penghargaan di kancah internasional.

Awak Kabin dan Staf Maskapai Terbaik Versi Skytrax 2023

Skytrax merupakan perusahaan berbasis di London yang berkomitmen untuk memberikan pemeringkatan transportasi udara, dalam hal ini maskapai dan bandara di dunia berdasarkan berbagai kategori. Pemeringkatan ini didasarkan pada survei terhadap para penumpang transportasi udara. Oleh karena itu, penghargaan yang diberikan merupakan bagian dari Passenger's Choice Awards.Tujuan survei dan penghargaan tersebut adalah agar pelanggan dapat membuat pilihan pribadi mereka mengenai maskapai penerbangan yang mereka anggap terbaik

Tahun 2023, Indonesia mendapatkan penghargaan sebagai Awak Kabin Maskapai Terbaik Dunia yang dianugerahkan kepada Garuda Indonesia. Penghargaan ini berdasar pada berbagai layanan yang mencakup hard service, misalnya teknik, efisiensi, perhatian; serta karakteristik soft service berupa antusiasme staf, sikap, dan keramahtamahan.

 Garuda Indonesia terhitung telah enam kali mendapat penghargaan tersebut dalam World Airline Awards 2023. Selain penghargaan tersebut, Garuda Indonesia juga diakui sebagai Staf Maskapai Terbaik ke-8 di Asia 2023 dan Pelayanan Bandara Terbaik Dunia ke-8, di bawah maskapai Jepang, Singapura, Taiwan, Tiongkok, Hong Kong, dan Korea Selatan.

Beralih dari kategori maskapai, Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang berlokasi di Banten juga masuk ke dalam jajaran 100 bandara teratas dunia. Posisinya berada di peringkat ke-43, naik pesat dibanding tahun 2022 yang menempati posisi ke-51. Berbagai perbaikan dan peningkatan yang dilakukan menjadikan bandara Soekarno-Hatta menyabet sebagai Bandara Paling Berkembang atau Berbenah di Dunia versi Skytrax 2017.

Peningkatan posisi juga diraih oleh Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. Saat ini, bandara tersebut menempati posisi ke-80, naik dari peringkat sebelumnya yang berada di nomor 89.

Berbagai penghargaan versi Airport Council International (ACI) 2022

ACI merupakan organisasi dagang global bandar udara di dunia yang bertujuan untuk mempromosikan keunggulan dalam industri penerbangan. ACI telah memiliki 717 anggota yang mengelola 1.950 bandara yang tersebar di 185 negara di dunia. Melalui Program Airport Service Quality (ASQ), ACI berkomitmen untuk membantu mengetahui, mengukur dan meningkatkan kepuasan penumpang, kinerja bisnis, dan kualitas layanan bandara.

Penghargaan ASQ tahunan ACI World mengakui keunggulan bandara melalui pengalaman pelanggan di seluruh dunia berdasarkan data dari Survei Keberangkatan dan Kedatangan ASQ.  Diluncurkan pada tahun 2006, ASQ telah diikuti oleh hampir 400 bandara dari 95 negara.  Beberapa bandara di Indonesia mendapat penghargaan dari ACI di tahun 2023 berdasarkan wilayah se-Asia Pasifik, di antaranya:

  • Bandara Terbaik dengan Jumlah Penumpang 2 Juta per Tahun, yakni Bandara Internasional Pattimura, Ambon.
  • Bandara Terbaik dengan Jumlah Penumpang 2-5 Juta per Tahun: Bandara Internasional Adi Soemarmo, Surakarta; Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Semarang; dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang.
  • Bandara Terbaik dengan Jumlah Penumpang 5-15 Juta per Tahun: Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan; Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Ujung Pandang; dan Bandara Internasional Yogyakarta, Yogyakarta.
  • Bandara Terbaik dengan Jumlah Penumpang 15-25 Juta per Tahun: Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali dan Bandara Internasional Juanda, Surabaya.
  • Bandara dengan Staf Paling Berdedikasi se-Asia Pasifik: Bandara Internasional Pattimura, Ambon dan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Ujung Pandang Makassar.
  • Perjalanan Bandara Termudah: Bandara Internasional Juanda, Surabaya; Bandara Internasional Pattimura, Ambon; dan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Ujung Pandang, Makassar.
  • Bandara Paling Menyenangkan: Bandara Internasional Pattimura, Ambon; Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Ujung Pandang, Makassar; dan Bandara Internasional Yogyakarta, Yogyakarta, serta
  • Bandara Terbersih, yakni Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Ujung Pandang, Makassar.

Penulis: Aslamatur Rizqiyah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Hengkang dari Jabar, 85% Warga Merasa Puas dengan Kinerja Ridwan Kamil

Hanya 12,5% masyarakat yang merasa tidak puas dengan kinerja Ridwan Kamil selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat.

Resmi, Inilah Jumlah DPT pada Pilkada 2024 di Pulau Jawa

DPT terbesar pada Pilkada 2024 sudah pasti datang dari Pulau Jawa. Terdapat 115,6 juta DPT yang akan menentukan pilihannya pada pilkada mendatang.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook