Sederet Grup Band Legendaris dengan Bayaran Termahal di Indonesia

Beberapa grub band legendaris Indonesia ini memiliki bayaran termahal hingga menyentuh Rp500 juta

Sederet Grup Band Legendaris dengan Bayaran Termahal di Indonesia Suasana penonton sedang menikmati konser musik (Sumber: Shutterstock)

Musik menjadi sebuah budaya yang telah melekat dengan manusia. Tak jarang, musik menjadi perwujudan dari susana hati yang sedang manusia rasakan. Manfaat dari musik sendiri juga dapat memperbaiki suasana hati bahkan sampai membuat diri menjadi lebih bersemangat dalam menjalani hari. 

Karya musik tidak hanya dinyanyikan oleh perseorangan saja, melainkan ada juga yang berbentuk sebuah grup band. Rata-rata dalam satu grup band terdiri dari 4-6 personil. Mereka biasanya terdiri dari vokalis, gitaris, dan drummer. 

Indonesia memiliki banyak grup band legendaris yang telah memberikan kontribusi besar dalam perkembangan industri musik di Tanah Air. Bahkan beberapa diantara mereka juga masih eksis dari dulu sampai saat ini.  Ketenaran mereka dihasilkan dari karya musik yang diciptakan tidak lekang dengan waktu sehingga mereka masih memiliki banyak pendengar dari generasi sekarang.

Menariknya, beberapa grup band Indonesia lawas di Indonesia ternyata memiliki bayaran dengan nominal hingga ratusan juta rupiah bahkan termasuk grup band dengan bayaran tertinggi.  

1. Dewa 19

Grup band pentolan Ahmad Dhani yang dibentuk pada 26 Agustus 1986 di Surabaya ini termasuk salah satu grup band legendaris Indonesia. Walau pernah dinyatakan bubar pada 2011, namun Dewa 19 masih kerap kali reuni di bebeapa festival musik. Selama perjalanan di dunia musik, Dewa 19 ini telah merilis 9 album. Tarif bayaran yang mereka patok adalah Rp500 juta untuk sekali manggung.

2. Slank 

Sama dengan Dewa 19, salah satu grup band rock legendaris Indonesia ini juga mematok harga sebesar Rp500 juta dalam sekali manggung. Band rock yang memiliki nama penggemar Slankers ini sudah berdiri sejak 1983 dengan personil Kaka, Bimbim, Ridho, Ivanka, dan Abdee.

3. NOAH

Didirikan tahun 2000 di Bandung, grup band besutan Ariel, mantan vokalis Peterpan, ini juga memiliki honor yang mahal. Dalam sekali manggung, NOAH bisa mengantongi bayaran mencapai Rp400 juta. Tentu saja, angka tersebut sebanding dengan kualitas yang saat ini dimiliki oleh NOAH.  

4. Sheila on 7

Siapa yang tak kenal dengan lagu “Dan”? Lagu yang dinyanyikan oleh grup band asal Indonesia, Sheila on 7, ini juga termasuk ke dalam sederet grup band dengan bayaran termahal. Pasalnya, dalam sekali manggung Duta, Eros, dan Adam mendapatkan honor sebesar Rp370 juta. Lagu-lagu Sheila on 7 disebut tak lekang oleh waktu karena lirik musiknya yang sangat dekat dengan semua kalangan umur.

5. Ungu

Band yang berdiri pada 8 Juli 1996, Ungu menjadi salah satu band papan atas di Indonesia. Meskipun Ungu sempat vakum saat vokalisnya Pasha masuk dunia politik, namun saat ini mereka kembali untuk hadir di dunia musik Indonesia. Grup band yang dulunya dikenal sebagai “Glasses” ini sudah merilis 8 album studio, 6 album religi, dan 22 album kompilasi. Tak heran, sekalinya manggung mereka mematok bayaran senilai Rp350 juta.

6. Nidji

Nidji adalah salah satu band Indonesia dengan bayaran termahal. Konsep musik yang mereka usung adalag rock alternative dan tidak jauh dengan rock electronic. Meski saat ni vokalis Nidji, Giring, sudah hengkang karena berkarier di dunia politik. Namun, kepopuleran Nidji masih belum terhenti. Terbukti saat ini untuk satu kali manggung saja mereka dibayar dengan harga Rp275 juta.

Melihat eksistensi grup band legendaris hingga saat ini membuktikan bahwa karya musik yang mereka ciptakan memang tak lekang oleh waktu. Bahkan mereka justru dibayar dengan harga yang sangat fantastis. Akan tetapi, selain keenam band tersebut, masih banyak lagi band-band hebat asal Indonesia yang telah memberikan kontribusi besar dalam industri musik Indonesia.

Penulis: Adel Andila Putri
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Perusahaan Ideal Seperti Apa yang Dicari Gen Z?

Memiliki lingkungan kerja yang nyaman, mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan diri, dan memiliki bos yang baik jadi kriteria perusahaan ideal menurut Gen Z.

Inilah Data Kontribusi Suara Parpol di Pemilu 2024 Kepada Prabowo-Gibran

Gerindra dan PSI dominasi jajaran atas. Menarik, lebih dari 50% pemilih Perindo-Hanura memilih 02. Selain itu, sekitar 50% pemilih PPP-PKB turut memilih 02

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X