Sah Dilantik, Prabowo Jadi Presiden Tertua dan Gibran Wapres Termuda dalam Sejarah Pemerintahan Indonesia

Resmi ditetapkan, Prabowo-Gibran menjadi presiden tertua dan wapres termuda dalam sejarah pemerintahan. Selain itu, jarak usianya jadi yang paling jauh.

Sah Dilantik, Prabowo Jadi Presiden Tertua dan Gibran Wapres Termuda dalam Sejarah Pemerintahan Indonesia Pembacaan Sumpah Presiden oleh Prabowo | Kementerian Sekretariat Negara RI

Usia Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka banyak mendapat sorotan. Pasalnya, Prabowo menjadi Presiden RI yang paling tua saat dilantik dibandingkan dengan presiden-presiden sebelumnya. Sementara itu, Gibran juga sekaligus menjadi wakil presiden yang paling muda ketika dilantik dalam sejarah pemerintahan di Indonesia.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Pertahanan, Prabowo lahir di Jakarta pada 17 Oktober 1951 silam. Artinya, saat pelantikan pada tanggal 20 Oktober 2024 kemarin usianya baru saja menginjak 73 tahun. Sementara itu, Gibran juga baru saja menginjak usia 37 tahun pada 1 Oktober 2024 silam. Kombinasi umur Prabowo-Gibran tersebut lantas banyak menjadi perbincangan di dunia maya.

Mengutip Viva, sejumlah warganet mengomentari bahwa usia Prabowo-Gibran memiliki pola yang unik, yakni terdiri dari kombinasi angka 3 dan 7. Salah satu dari mereka mengatakan bahwa usia pemimpin baru Indonesia tersebut dianggap cocok sebagai presiden dan wakil presiden.

“Pak Prabowo 73 dan Pak Gibran 37, jodoh memang,” ungkap salah satu netizen pada 19 Oktober, melansir Viva.

Lalu, bagaimana dengan usia pemimpin Indonesia yang lain dalam sejarah pemerintahan Indonesia saat ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden untuk pertama kali?

Usia Presiden dan Wapres RI Saat Ditetapkan untuk Pertama Kali

Usia Presiden dan Wapres Saat Ditetapkan
Prabowo merupakan presiden tertua saat dilantik untuk pertama kali, dibandingkan dengan presiden lain di periode-periode sebelumnya | GoodStats

Infografik di atas menunjukkan usia seluruh Presiden RI yang ditetapkan pertama kali dari masa ke masa. Berdasarkan data, dapat diketahui bahwa Prabowo Subianto menempati posisi presiden yang paling tua saat dilantik untuk pertama kali, yakni pada usia 73 tahun. Selanjutnya, Soekarno menjadi presiden paling muda saat pertama kali dilantik, yakni pada usia 44 tahun.

Sementara itu, Gibran telah berhasil menggeser posisi Mohammad Hatta yang sebelumnya merupakan wakil presiden termuda saat ditetapkan untuk pertama kali, di mana Gibran berusia 37 tahun dan Mohammad Hatta berusia 43 tahun. Selanjutnya, Ma’ruf Amin menjadi wakil presiden yang paling tua saat ditetapkan untuk pertama kali. Adapun data selengkapnya dapat dilihat pada infografik berikut.

Wapres Termuda Saat Ditetapkan
Gibran menjadi wapres termuda saat ditetapkan, menggeser posisi Mohammad Hatta yang sebelumnya jadi wapres termuda | GoodStats

Perbedaan Usia Prabowo-Gibran Jadi yang Terbesar

Menariknya, perbedaan usia pasangan Prabowo-Gibran sekaligus jadi yang paling mencolok dibandingkan dengan pasangan presiden dan wakil presiden pada periode-periode sebelumnya, yakni selisih 36 tahun. Hal ini seperti yang tampak pada infografik berikut.

Selisih Usia Presiden dan Wapres
Perbedaan usia Prabowo-Gibran yang baru saja dilantik jadi yang paling jauh, yakni selisih 36 tahun | GoodStats

Berdasarkan data di atas, tampak bahwa Prabowo-Gibran memiliki selisih usia yang paling signifikan jika dibandingkan dengan pasangan presiden dan wakil presiden lainnya. Pada pelantikan 20 Oktober 2024 kemarin, usia Prabowo baru saja memasuki 73 tahun, sedangkan Gibran baru saja memasuki 37 tahun, selisih usia keduanya pun mencapai 36 tahun.

Selanjutnya, pasangan Soekarno-Hatta memiliki perbedaan usia paling kecil saat ditetapkan menjadi presiden dan wakil presiden dibandingkan dengan pasangan lain, yakni hanya 1 tahun. Adapun Soekarno berusia 44 tahun ketika dilantik, sedangkan Mohammad Hatta berusia 43 tahun di 1945.

Selain Soekarno-Hatta, pasangan lain yang hanya memiliki perbedaan usia yang sedikit yakni 1 tahun adalah pasangan Soeharto-Wirahadikusumah yang dilantik pada tahun 1983, di mana Soeharto berusia 60 tahun dan Wirahadikusumah berusia 59 tahun.

Baca Juga: Prabowo Suarakan Isu Palestina dalam Pidato Pertama sebagai Presiden

Penulis: Elvira Chandra Dewi Ari Nanda
Editor: Editor

Konten Terkait

Perempuan dan Politik di Indonesia

Masih alami diskriminasi, bagaimana jejak perempuan di parlemen dan pemerintahan Indonesia?

Prabowo Suarakan Isu Palestina dalam Pidato Pertama sebagai Presiden

Prabowo tegaskan pembelaan terhadap Palestina dalam pidato perdana sebagai presiden. Mayoritas masyarakat dan elite sepakat dengan hal tersebut.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook