Rata-Rata Gaji di Sektor Pertanian Terendah Menurut Data BPS

Data dari BPS menunjukkan, pendapatan bersih pekerja informal di sektor pertanian hanya mencapai 1 juta.

Rata-Rata Gaji di Sektor Pertanian Terendah Menurut Data BPS Ilustrasi buruh tani │ jcomp / Freepik

Pertanian merupakan salah satu sektor terpenting dalam negara. Produk hasil pertanian dapat meningkatkan perekonomian negara melalui aktivitas ekspor dari berbagai macam komoditas. Akan tetapi, untuk dapat mencapai tahap ekspor, negara perlu mencanangkan strategi swasembada pangan.

Swasembada pangan atau kemandirian pangan merupakan kondisi saat suatu daerah bahkan negara mampu memproduksi pangan dari dalam kawasannya sendiri sehingga pemenuhan kebutuhan pangan cukup sampai di tingkat perseorangan dapat terjamin.

Lembaga Internasional, Pusat penelitian beras dunia, International Rice Research Institute (IRRI) memberikan penghargaan kepada Republik Indonesia yang selama tiga tahun berturut-turut dinilai mampu mencapai swasembada beras. IRRI menilai, Indonesia mencapai swasembada pangan karena mampu memenuhi kebutuhan pangan pokok domestik, dalam hal ini beras lebih dari 90 persen kebutuhan.

Meski demikian, kondisi gaji masyarakat yang bekerja di sektor pertanian perlu mendapatkan perhatian lebih.

Badan Pusat Statistik melalui Statistik Indonesia 2023 merilis sebuah data tentang rata-rata pendapatan bersih sebulan para pekerja informal. Dari tiga jenis pekerjaan informal, yakni di bidang pertanian, industri, dan jasa, rata-rata pendapatan bersih pekerja informal hanya mencapai 1 juta.

Dari ketiga kategori lapangan pekerjaan informal tersebut, pekerjaan di bidang pertanian memiliki rata-rata pendapatan paling rendah, yakni senilai 1,4 juta. Angka tersebut merupakan setengah dari rata-rata upah minimum provinsi (UMP) Indonesia yang mencapai 2,7 juta.

Pendapatan gaji bersih pekerjaan informal di bidang pertanian juga masih jauh dengan upah atau gaji bersih yang diterima para pekerja formal di sektor pertanian, kehutanan, perburuan dan perikanan.  Para pekerja formal di sektor pertanian mendapat setidaknya 2 juta gaji bersih tiap bulannya.

Meski demikian, Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi mengatakan, masyarakat yang bekerja di sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan merupakan pekerja dengan pendapatan gaji terendah di Indonesia. Lebih lanjut, ia mengatakan salah satu penyebab terbesar rendahnya pendapatan dan gaji pekerja di sektor tersebut ialah fluktuasi harga.

"Sektor pertanian, perikanan, dan kehutanan sering mengalami fluktuasi harga yang dapat berdampak pada pendapatan pekerja," ujar Anwar, dikutip dari merdeka.com (22/9).

Padahal, berdasarkan data BPS  Agustus 2018, sektor pertanian menyerap 28,79% tenaga kerja Indonesia.

 Pada November 2018, gaji atau upah nominal pekerja di bidang pertanian hanya senilai Rp52.955 per hari. Jumlah tersebut masih tertinggal jauh dari upah nominal para buruh bangunan yang mencapai Rp86.717.

Sementara itu, upah riil buruh tani pada Oktober 2018 senilai Rp38.955/hari. Pada periode yang sama, upah riil buruh bangunan menyentuh angka Rp 67.305/hari.

Perlu diketahui, upah riil merupakan perbandingan antara nominal upah dengan indeks konsumsi rumah tangga. Upah riil menggambarkan daya beli dari pendapatan/upah/gaji yang diterima buruh/pekerja.

Data terakhir pada September 2022, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat upah nominal harian buruh tani nasional telah mencapai Rp58.760 per hari. Kepala BPS, Margo Yuwono menambahkan, upah riil buruh tani sebesar Rp51.447 per hari pada periode yang sama.

Penulis: Aslamatur Rizqiyah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

5 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di indonesia

Indonesia memiliki 98 kota yang tersebar di seluruh wilayah. Setiap kota memiliki biaya hidup yang berbeda tergantung dengan fasilitas, populasi, pekerjaan.

Tertinggi Sejak Pandemi, Dolar AS Tembus Rp16 Ribu!

Dibanding Januari 2024, nilai tukar Dolar AS naik 5,48%. Kebijakan suku bunga Bank Sentral AS hingga kondisi geopolitik dunia menjadi penyebabnya.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X