Raja Sepak Bola Sepanjang Gelaran SEA Games

Sejak sepak bola pertama kali dipertandingkan di SEA Games, Thailand menjadi negara paling sukses dengan raihan 16 gelar (medali emas)

Raja Sepak Bola Sepanjang Gelaran SEA Games Ilustrasi pertandingan Indonesia vs Thailand | SEA Games

Setelah penantian panjang selama 32 tahun, Timnas Indonesia Garuda akhirnya menjadi jawara sepak bola putra di SEA Games 2023. Gelar tersebut diraih Tim usai membungkam Thailand dengan skor meyakinkan 5-2 pada pertandingan final yang berlangsung di Stadion Olimpiade Phnom Penh, Selasa (16/5/2023) malam.

Skuad muda Garuda tidak memperoleh kemenangan itu dengan mudah. Sempat unggul 2-0 di babak pertama melalui gol penyerang PSM, Ramadhan Sananta, Thailand mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 melalui Anan Yodsangwal dan Yotsakorn Burapha diakhir babak kedua.

Gol dramatsThailand di menit-menit akhir (90+7) babak kedua terjadi karena para pemain Indonesia kurang siap, menyangka pertandingan telah usai.

Pada babak perpanjangan waktu, Indonesia kembali unggul 3-2 melalui Irfan Jauhari. Drama terjadi tak lama setelah gol tersebut. Adu jotos pun tak terhindarkan, hingga membuat Manajer timnas Indonesia Sumardji mengalami luka pada bibir.

Pihak keamanan turun tangan untuk melerai perselisihan yang terjadi. Tak lama setelah itu, kondisi kembali kondusif dan pertandingan pun berlanjut.

Hingga akhirnya Fajar Fathur Rahman dan Beckham Putra Nugraha "killing the game" dengan membobol gawang Thailand sekaligus memastikan Indonesia sebagai pemenang.

Adapun sejak cabang olahraga sepak bola pertama kali dipertandingkan di SEA Games pada 1959, Thailand menjadi negara paling sukses merajai sepak bola. Total koleksi gelar yang ditoreh pasukan gajah putih sebanyak 16 gelar juara (medali emas). Diikuti oleh Malaysia sebanyak 6 kali dan Burma atau Myanmar sebanyak 5 kali.

Sementara itu, Indonesia tercatat baru mengoleksi tiga kali gelar juara, yakni pada 1987, 1991, dan 2023. Sama hal nya dengan Indonesia, Vietnam juga baru mengoleksi tiga gelar yang mereka raih pada 1951, 2019, dan 2021.

Sebaran negara berdasarkan koleksi gelar juara sepak bola putra di SEA Games | Kayoselba/GoodStats

Penulis: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Daftar Harga Pemain Timnas Indonesia Versi Transfermarkt, Thom Haye Termahal

Menurut perhitungan laman Transfermarkt, nilai pasar terbaru Thom Haye mencapai Rp52,14 miliar, tertinggi di skuad Timnas Indonesia saat ini.

Jelang Indonesia vs Vietnam, Cek Poin FIFA Terkini Indonesia

Jika menang kandang dan tandang, Indonesia dapat bertengger di peringkat empat Asia Tenggara. 26 pemain diturunkan, dua sedang proses naturalisasi.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X