Ragam Preferensi Masyarakat Muslim di Indonesia dalam Menyambut Ramadan 2023

Ramadan adalah bulan yang paling dinantikan oleh umat muslim di Indonesia. Lalu, bagaimana preferensi masyarakat dalam merayakannya?

Ragam Preferensi Masyarakat Muslim di Indonesia dalam Menyambut Ramadan 2023 Ilustrasi sebuah keluarga yang sedang menyantap hidangan sahur | Zurijeta/Shutterstock

Ramadan merupakan bulan untuk merefleksi diri dan meningkatkan spiritualisme. Ini juga merupakan bulan yang paling dinantikan oleh seluruh umat muslim di dunia, dengan sekitar 97% populasi muslim ikut berpartisipasi dalam perayaan Ramadan tahun 2023.

Perusahaan data dan teknologi survei TGM Research dalam laporan terbarunya memaparkan bahwa 98% umat muslim di Indonesia menyebut Ramadan sebagai bulan yang paling dinanti-nantikan. Kemudian, sekitar 67% responden merencanakan untuk pulang ke kampung halaman selama Ramadan.

Berdasarkan hasil riset, mayoritas atau 84% responden akui ingin meningkatkan ibadah di bulan ini. Kegiatan terpopuler selanjutnya untuk dilakukan selama bulan Ramadan di Indonesia adalah beramal (81%) dan sahur (80%).

Aktivitas yang dilakukan masyarakat Indonesia selama bulan Ramadan | Goodstats

Disusul oleh kegiatan lainnya, seperti berkumpul bersama keluarga dan teman (76%), berbelanja makanan di pasar (55%), berburu diskon Ramadan (52%), menonton acara televisi bertema Ramadan (50%), hingga mudik ke kampung halaman (46%).

Selanjutnya, sebagian besar atau 17,2% responden memilih kolak sebagai hidangan favorit ketika bulan Ramadan. Diikuti oleh rendang dengan persentase 11,2%, opor ayam dengan 8%, kolak pisang 5,3%, kurma 4,9%, ketupat 4,8%, opor 3,9%, dan es buah 2,4%.

Sementara, survei TGM Research juga menunjukkan bahwa 90% masyarakat Indonesia suka memasak di rumah bersama keluarga atau di rumah teman. Selain itu, tercatat pula bahwa 99% masyarakat lebih menyukai untuk menghabiskan waktu untuk makan (berbuka dan sahur) bersama dengan keluarga.

Survei ini dilakukan selama periode 3-18 Februari 2023 dengan jumlah responden asal Indonesia mencapai 816 orang. Survei ini melibatkan responden dari rentang umur 18 hingga 55 tahun. Kemudian, metode yang digunakan memakai wawancara internet (CAWI).

Adapun, Muhammadiyah sebelumnya telah menetapkan awal puasa Ramadan pada tanggal 23 Maret 2023. Namun, sidang Isbat untuk menentukan awal Ramadan secara resmi akan dilakukan pada Rabu, 22 Maret 2023.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Fenomena Brain Drain: Keputusan Migran Berpendidikan Tinggi Tinggalkan Negara Asal

Keputusan migran berpendidikan tinggi untuk meninggalkan negara asal dikenal juga sebagai tren brain drain yang berbahaya bagi pembangunan sumber daya manusia.

Provinsi dengan Jumlah Penganut Agama Hindu Terbanyak di Indonesia

Jadi agama terbesar ke-4 di Indonesia, Pulau Bali masih menjadi provinsi penganut agama Hindu terbanyak.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X