Pulau dengan Populasi Terbanyak, Indonesia Sumbang 2 Pulau

Pulau-pulau berikut dihuni oleh populasi yang tidak sedikit. Apa saja?

Pulau dengan Populasi Terbanyak, Indonesia Sumbang 2 Pulau Ilustrasi Pulau. Photo by wirestock from Freepik

Sejumlah negara mempunyai wilayah yang berdekatan dengan negara lain. Namun, ada pula negara yang wilayahnya terbagi-bagi dalam pulau atau yang biasa disebut dengan negara kepulauan.

Pulau-pulau tersebut lantas menjadi tempat untuk bermukim masyarakat. Namun karena beragam faktor, ada pulau dengan jumlah penduduk yang lebih banyak dibandingkan pulau lainnya.

Lantas, apa saja pulau-pulau di dunia dengan populasi terbanyak?

1. Jawa, Indonesia

Ilustrasi Pemandangan di Pulau Jawa. Photo by jcomp from Freepik
Ilustrasi Pemandangan di Pulau Jawa. Photo by jcomp from Freepik

Rupanya selain menjadi yang terpadat di Indonesia, Pulau Jawa juga menjadi pulau dengan populasi terbanyak di dunia.

Data menunjukkan bahwa Pulau Jawa menjadi tempat tinggal bagi 153 juta penduduk Indonesia, dengan luas pulau sebesar 130.0000 kilometer persegi. Apabila dikalkulasikan, maka aman untuk mengatakan bahwa terdapat hampir 1200 penduduk, yaitu lebih tepatnya 1177 penduduk per kilometer persegi di Pulau Jawa.

Salah satu alasan utama Pulau Jawa menjadi pulau dengan penduduk yang padat pengembangan wilayah yang masih berpusat di Jawa. Apabila dibandingkan dengan pulau-pulau Indonesia lainnya, pemerintahan dan pusat ekonomi lebih banyak tumbuh di Pulau Jawa. Hal ini lantas membuat banyak orang yang pindah dan mencari peruntungan di Jawa hingga menetap di sana.

2. Honshu, Jepang

Ilustrasi Pemandangan di Pulau Honshu. Photo by jcomp from Freepik
Ilustrasi Pemandangan di Pulau Honshu. Photo by jcomp from Freepik

Selain Indonesia, negara Jepang juga merupakan negara kepulauan di Asia Timur. Meski jumlah pulau di Jepang tidak sebanyak dan seluas Indonesia, namun terdapat empat pulau utama Jepang yang digunakan untuk bermukim, yaitu Pulau Hokkaido, Honshu, Shikoku, dan Kyushu, serta pulau-pulau kecil lainnya.

Pulau Honshu merupakan pulau utama di Jepang yang memiliki luas wilayah terbesar. Pulau ini merupakan tempat bagi kota-kota besar di Jepang, seperti Ibu kota Tokyo, Osaka dan Kobe. Ibu kota yang terletak di sini dan wilayah yang luas membuat Pulau Honshu menjadi Pulau dengan populasi terbanyak di Jepang dan kedua di dunia.

Pulau Honshu sendiri menjadi tempat bermukim bagi 103 juta penduduk. Dengan luas pulau 228 ribu kilometer persegi, kepadatan penduduk di Pulau Honshu adalah 452 populasi per kilometer persegi.

3. Britania Raya (Great Britain), Inggris

Ilustrasi London di Pulau Britania Raya. Photo by vwalakte from Freepik
Ilustrasi London di Pulau Britania Raya. Photo by vwalakte from Freepik

Inggris memiliki satu wilayah pulau yang besar. Pulau tersebut dinamakan Pulau Britania Raya atau Great Britain dalam Bahasa Inggris.

Pulau Britania Raya menampung sebayak 67 juta populasi, yang mana merupakan 83% dari total penduduk Inggris. Dengan luas sebesar 209 ribu kilometer persegi, kepadatan penduduk pulau ini mencapai 321 populasi per kilometer persegi.

Apabila melihat densitas populasi Inggris, penduduk lebih banyak berpusat pada daerah Tengah (Midlands), Tenggara (South East) dan Barat Laut (North West) Inggris. Pasalnya, terdapat sejumlah kota-kota besar di daerah tersebut yang menjadi tempat bermukim penduduk. Di antaranya adalah Manchester di bagian barat laut Inggris, Birmingham di bagian tengah (midlands) serta Ibu kota London di bagian tenggara pulau.

4. Luzon, Filipina

Ilustrasi Pemandangan di Pulau Luzon. Photo by wirestock from Freepik
Ilustrasi Pemandangan di Pulau Luzon. Photo by wirestock from Freepik

Masih satu regional dengan Indonesia, negara tetangga Filipina juga merupakan negara kepulauan. Terdapat tiga bagian pulau utama di Filipina, yaitu Luzon, Visayas dan Mindanao.

Luzon sendiri merupakan pulau yang berada di bagian utara Filipina. Ibu kota Filipina, Manila berada di bagian Luzon.

Data mengungkapkan bahwa Luzon menduduki peringkat keempat sebagai pulau dengan penduduk terbanyak di dunia. Pulau Luzon dengan luas sebesar 105 ribu kilometer persegi ini menampung sebanyak 64 juta populasi Filipina. Apabila dikalkulasikan, kepadatan penduduk di Luzon adalah 480 populasi per kilometer persegi.

5. Sumatra, Indonesia

Ilustrasi Pulau Sumatra. Photo by wirestock from Freepik
Ilustrasi Pulau Sumatra. Photo by wirestock from Freepik

Selain Pulau Jawa, rupanya Sumatra juga masuk dalam jejeran pulau dengan populasi terbanyak di dunia. Pulau Sumatra menduduki posisi kelima dalam peringkat tersebut.

Meskipun Ibu kota Indonesia bukan terletak di Pulau Sumatra, ada sejumlah kota besar berada di Sumatra. Di antaranya adalah Medan, Palembang, Batam dan Bandar Lampung. Hal ini dapat menjadi alasan utama padatnya populasi di Pulau Sumatra.

Usut punya usut, terdapat 59 juta penduduk Indonesia yang menghuni Pulau Sumatra. Dengan luas pulau sebesar 443 ribu kilometer persegi, maka kepadatan penduduk di Pulau Sumatra adalah 133 orang di setiap kilometer persegi.

Penulis: Almas Taqiyya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Drama Korea dengan Rating Tertinggi di Awal Tahun 2024

Dengan terus meningkatnya pengaruh K-Hallyu, sejumlah drakor telah mencuri perhatian dengan alur cerita yang menarik dan rating IMDb tinggi di awal tahun 2024.

One Piece Masih Menjadi Manga Terlaris di Dunia

Keberhasilan One Piece disebabkan oleh kemampuannya untuk terus memberikan kejutan di setiap alur ceritanya dan pengembangan karakter yang mendalam.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X