Proyeksi Negara dengan Ekonomi Terkuat pada 2075, Indonesia Masuk Lima Besar

Keseimbangan kekuatan ekonomi global diproyeksikan akan berubah secara drastis dalam beberapa dekade mendatang, negara berkembang akan mendominasi.

Proyeksi Negara dengan Ekonomi Terkuat pada 2075, Indonesia Masuk Lima Besar Ilustrasi mata uang Amerika dan Cina | Getty Image

Keseimbangan kekuatan ekonomi global diperkirakan akan berubah secara drastis dalam beberapa dekade mendatang di mana beban Pendapatan Domestik Bruto (PDB) global dinilai akan semakin bergeser ke Asia.

Menurut laporan terbaru Goldman Sachs, sebuah bank investasi multinasional dan perusahaan jasa keuangan Amerika, terkait proyeksi pertumbuhan jangka panjang perekonomian global yang mencakup 104 negara hingga tahun 2075, memperkirakan pertumbuhan negara berkembang akan terus melampaui negara maju dengan persentase 3,8% vs 1,8%.

Proyeksi dari hasil laporan tersebut menyiratkan bahwa pangsa negara berkembang dalam kapitalisasi pasar ekuitas global akan meningkat dari sekitar 27% menjadi 35% pada tahun 2030, 47% pada tahun 2050, dan 55% pada tahun 2075.

Diperkirakan India akan mencatat peningkatan terbesar dalam pangsa kapitalisasi pasar global – dari sedikit di bawah 3% pada tahun 2022, menjadi 8% pada tahun 2050, dan 12% pada tahun 2075 – mencerminkan prospek demografi yang baik dan pertumbuhan PDB per kapita yang pesat.

Kemudian untuk pangsa pasar di Cina akan meningkat dari 10% menjadi 15% pada tahun 2050, tetapi mencerminkan perlambatan potensi pertumbuhan yang disebabkan oleh demografi, sehingga akan menurun menjadi sekitar 13% pada tahun 2075.

Proyeksi 15 negara teratas dengan ekonomi terkuat pada 2050 | Goodstats

Pada tahun 2050, diproyeksikan lima negara dengan perekonomian terbesar di dunia (diukur dalam US$) adalah Cina, Amerika Serikat, India, Indonesia, dan Jerman.

Capaian utama dalam beberapa dekade terakhir adalah pertumbuhan Cina dan India yang luar biasa. Antara tahun 2000 dan 2022, India melonjak delapan tingkat menjadi negara dengan perekonomian terbesar kelima, melampaui Inggris dan Prancis. Dan diperkirakan akan menempatkan posisi ketiga negara dengan perekonomian terbesar pada 2050.

Sementara itu, dalam periode waktu yang sama, Cina melonjak naik empat tingkat dan diproyeksikan akan mengalahkan Amerika Serikat pada 2050 mendatang.

Kemudian, perekonomian Indonesia juga diproyeksikan melonjak pesat menjadi negara dengan perekonomian terbesar keempat pada tahun 2050, melampaui Brazil dan Rusia sebagai negara berkembang terbesar.

Proyeksi 15 negara teratas dengan ekonomi terkuat pada 2075 | Goodstats

Jika diproyeksikan lebih jauh ke tahun 2075, tatanan dunia diperkirakan terlihat sangat berbeda, di mana Nigeria, Pakistan, dan Mesir masuk ke dalam sepuluh besar negara dengan perekonomian terbesar. Pertumbuhan populasi yang cepat, yang akan menghasilkan angkatan kerja yang sangat besar dinilai menjadi salah satu alasannya.

Sementara itu, peringkat perekonomian Eropa diperkirakan akan terus merosot. Jerman, yang pernah menjadi negara dengan perekonomian terbesar ketiga di dunia, akan berada di peringkat kesembilan di belakang Brasil.

Kemudian Cina, Amerika Serikat, dan India kemungkinan akan tetap menjadi tiga perekonomian terbesar.

Indonesia sendiri diproyeksikan dapat meningkatkan PDB-nya dari $1,3 triliun pada tahun 2022 menjadi hampir $14 triliun pada tahun 2075.

Perlu diingat bahwa data-data tersebut mewakili proyeksi PDB riil, berdasarkan USD tahun 2021.

Penulis: Anissa Kinaya Maharani
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

10 Negara Termiskin di Asia, Apakah Indonesia Termasuk?

Perbedaan pendapatan nasional bruto per kapita negara-negara di Asia sangat mencolok, menunjukkan betapa bervariasinya tingkat kemakmuran di benua Asia.

Pekerjaan Bagi Kaum Disabilitas Masih Menjadi Tantangan di Dunia

Data OECD menunjukkan kesenjangan antara masyarakat disabilitas dan non-disabilitas dalam hal pekerjaan tetap signifikan. Apa yang bisa dilakukan pemerintah?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook