Piala Dunia 2022 Akan Menjadi yang Terakhir bagi Para Bintang Ini

Piala Dunia 2022 akan menjadi yang terakhir bagi beberapa pemain bintang. Usia yang sudah tidak muda lagi adalah alasan utamanya.

Piala Dunia 2022 Akan Menjadi yang Terakhir bagi Para Bintang Ini Trofi Piala Dunia│CGTN

Piala Dunia 2022 telah berlangsung di Qatar saat ini. Turnamen paling bergengsi di dunia sepakbola ini akan berlangsung hingga pertengahan bulan Desember tahun ini. Bagi para pecinta sepakbola, Piala Dunia edisi ini tentu sangat dinantikan.

Selain karena hanya dihelat setiap 4 tahun sekali, acara tahunan ini juga sangat dinantikan para pecinta bola karena Piala Dunia edisi ini bisa jadi akan menjadi Piala Dunia terakhir bagi sejumlah pemain bintang yang usianya sudah tidak muda lagi. 

Berikut ini adalah daftar pemain yang mungkin tidak akan bermain lagi di Piala Dunia setelah tahun 2022

Piala Dunia 2022 Akan Menjadi yang Terakhir bagi Pemain Bintang Ini│GoodStats

 

Lionel Messi (Argentina)

Lionel Messi Bersama Timnas Argentina│A. Ricardo/Shutterstock

 

Sebelum Piala Dunia 2022 berjalan, Lionel Messi telah mengatakan ke publik bahwa Piala Dunia tahun ini akan menjadi Piala Dunia terakhir baginya. Pemain peraih 7 kali penghargaan Ballon d’Or itu memang sudah tidak muda, sekarang usianya sudah menyentuh 35 tahun, yang berarti di edisi Piala Dunia selanjutnya ia akan berusia 39 tahun.

Lionel Messi adalah salah satu pemain sepakbola terbaik sepanjang masa. Dia telah memenangkan berbagai penghargaan individu dan di klub. Namun, dia belum pernah menjuarai Piala Dunia sepanjang karirnya.

Perjalanan terjauh Messi di ajang Piala Dunia adalah pada tahun 2014, dimana dirinya bersama skuad Argentina mampu melaju hingga babak final. Sayangnya, Argentina harus kalah dari Jerman dengan skor tipis 1-0 di partai final.

Lionel Messi berambisi membawa pulang trofi Piala Dunia ke Argentina di penampilan terakhirnya ini. Ambisi besar sang megabintang pun didukung oleh skuad Argentina yang mumpuni. Skuad Argentina menjadi salah satu tim yang difavoritkan juara tahun ini, dan bukan tidak mungkin jika nantinya Messi bisa menutup karirnya dengan manis apabila Argentina mampu menjuarai Piala Dunia 2022.

Cristiano Ronaldo (Portugal)

Cristiano Ronaldo Bersama Timnas Portugal│ph.FAB/Shutterstock

 

Di tahun ini, sang megabintang Cristiano Ronaldo telah berusia 37 tahun. Dengan usianya yang sudah tidak muda lagi, besar kemungkinan tahun ini akan menjadi Piala Dunia terakhir bagi Cristiano. 

Sama seperti Messi, jika Cristiano mampu membawa Portugal juara tahun ini, maka trofi Piala Dunia akan melengkapi catatan emas karir Cristiano. Berbeda seperti Messi yang pernah mengantar Argentina ke partai final, prestasi Cristiano bersama Portugal di Piala Dunia hanya bisa mencapai babak 16 besar.

Tahun ini, Portugal juga menjadi salah satu penantang kuat di Piala Dunia 2022. Skuad Portugal tahun ini diisi oleh pemain-pemain yang sedang dalam puncak performanya, seperti João Cancelo, Bruno Fernandes, dan Ruben Dias. 

Tak berhenti disitu, banyak juga pecinta sepakbola yang berharap Portugal dapat bertemu Argentina di partai final Piala Dunia tahun ini. Pasalnya, jika laga ini benar terjadi, tentu akan menjadi duel epik terakhir antara Cristiano dan Messi yang mungkin tidak akan bisa terjadi lagi di lain waktu.

Neymar (Brasil)

Neymar│Alizada Studios/Shutterstock

 

Saat ini usia Neymar masih 30 tahun, usia puncak seorang pemain sepakbola dan masih bisa memiliki karir selama kurang lebih 5 tahun. Namun, meski dari segi usia masih sangat mungkin bagi Neymar untuk bermain di Piala Dunia 2026, ternyata Neymar memiliki keputusan yang lain.

Di tahun 2021, bintang Brasil itu mengatakan kepada media bahwa Piala Dunia 2022 akan menjadi Piala Dunia yang terakhir baginya. Capaian terbaik Neymar bersama Brasil di Piala Dunia adalah di tahun 2014, dimana dia mampu mengantarkan Brasil menembus semifinal.

Sayangnya, Neymar tidak bisa bermain di partai semifinal karena mengalami cedera, dan akhirnya brazil ditekuk oleh Jerman dengan skor 7-1.

Di penampilan Piala Dunia terakhirnya tahun ini, Neymar ingin memberikan yang terbaik untuk negaranya. Bersama skuad Brasil yang tahun ini juga menjadi salah satu kandidat kuat juara, bisa saja Piala Dunia terakhir Neymar ini akan menjadi penutup yang sempurna.

Luis Suárez (Uruguay)

Luis Suarez│Alizada Studios/Shutterstock

 

Mantan rekan setim Lionel Messi dan Neymar di Barcelona ini juga sudah berada di penghujung karirnya. Striker yang pernah 2 kali memenangkan penghargaan golden boot itu kini sudah berusia 35 tahun. 

Tak hanya itu, berbeda seperti mantan rekan setimnya yang masih berkompetisi di Liga Eropa, Luis Suarez kini sudah tidak berkompetisi di level tertinggi. Salah satu penyerang terbaik di dunia ini mungkin akan segera pensiun dalam beberapa tahun ke depan, dan Piala Dunia tahun ini bisa jadi Piala Dunia yang terakhir untuknya.

Manuel Neuer (Jerman)

Manuel Neuer│katatonia82/Shutterstock

 

Kiper terbaik Jerman ini telah berusia 36 tahun di tahun 2022, dan mungkin saja Piala Dunia tahun ini akan menjadi yang terakhir bagi Neuer. Neuer adalah salah satu kiper terbaik di Piala Dunia era modern. Neuer pernah menjadi juara bersama Jerman di tahun 2014, serta pernah meraih penghargaan golden glove di tahun yang sama.

Penulis: Rangga Hadi Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Serum Wajah Jadi Produk Kecantikan Paling Dicari Masyarakat Indonesia
Artikel Selanjutnya Negara dengan Kawasan Hutan Terluas, Indonesia Peringkat Berapa?
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook