Perusahaan Ideal Seperti Apa yang Dicari Gen Z?

Memiliki lingkungan kerja yang nyaman, mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan diri, dan memiliki bos yang baik jadi kriteria perusahaan ideal menurut Gen Z.

Perusahaan Ideal Seperti Apa yang Dicari Gen Z? Ilustrasi bekerja di lingkungan yang nyaman dan menyenangkan | Jason Goodman/Unsplash

Gen Z yang lahir antara tahun 1997 sampai 2012 saat ini berusia 12 hingga 27 tahun. Usia tersebut mencerminkan bahwa sebagian dari Gen Z telah menyelesaikan pendidikannya dan terjun ke dalam dunia kerja.

Hal ini sejalan dengan laporan survei Jakpat yang berjudul “Understanding Gen Z: Preference in the Workplace”. Dalam laporan tersebut diketahui bahwa di antara Generasi Z di Indonesia yang telah lulus sekolah, sebanyak 37% dari mereka saat ini sudah bekerja dan 19% sedang mencari pekerjaan.

Meski terhitung sebagai karyawan muda yang baru memasuki dunia kerja, Gen Z tidak asal memilih pekerjaan. Generasi ini memiliki kriteria sendiri dalam mencari perusahaan tempat mereka akan bekerja.

Empat aspek utama yang penting bagi Generasi Z ketika mempertimbangkan perusahaan ideal versi mereka adalah:

  1. memiliki lingkungan kerja yang aman dan mendukung,
  2. mempunyai bos atau atasan yang supportive dalam membantu mereka mengembangkan diri di perusahaan tersebut,
  3. peduli terhadap kesehatan mental, dan
  4. memberikan kesempatan untuk mengembangkan karier.

Bekerja di perusahaan dengan lingkungan kerja yang nyaman membuat Gen Z menjadi sangat loyal kepada perusahaan tempat mereka bekerja. Sebanyak 59% Gen Z dalam survei ini mengaku setia dan tidak berencana untuk mengundurkan diri dari perusahaan tersebut.

Selain karena lingkungan yang nyaman, loyalitas Gen Z terhadap perusahaannya juga disebabkan beberapa hal, yaitu karena jadwal kerja yang fleksibel (49%), gaji yang kompetitif (42%), berlokasi dekat dengan rumah (35%), memiliki atasan yang baik (29%), mendapatkan bonus (26%), dan memiliki fasilitas perusahaan yang lengkap (25%).

Generasi Z juga menilai bahwa menciptakan lingkungan yang nyaman di tempat kerja berkaitan dengan kepemimpinan yang diterapkan di perusahaan tersebut. Dalam hal ini, para pekerja Generasi Z cenderung menyukai pemimpin yang adil kepada semua anggota tim (87%), bertanggung jawab (77%), dan terbuka untuk menerima umpan balik atau feedback dari rekan mereka (70%).

Gen Z juga menyukai pemimpin yang mengapresiasi para karyawannya (69%), jujur (65%), melakukan komunikasi secara transparan (59%), berpengalaman (49%), dan memiliki inisiatif yang tinggi (40%).

Tidak hanya itu, survei Jakpat yang dilakukan pada 9-12 Februari 2024 tersebut juga mengungkapkan terdapat 64% Gen Z yang concern terhadap isu lingkungan dan isu sosial ketika mempertimbangakan perusahaan tempat mereka akan bekerja.

Sebanyak 50% dari mereka mencari perusahaan yang peduli terhadap masalah lingkungan dan sosial serta 28% nya merasa malu ketika menemukan perusahaan yang tidak peduli terhadap kedua isu tersebut.

Penulis: Wiena Amalia Salsabilla
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

2023 Capai Angka Tertinggi Kecelakaan Lalu Lintas 5 Tahun Terakhir

Dalam 5 tahun terakhir, kecelakaan lalu lintas tertinggi terjadi pada 2023. Akan tetapi, jumlah korban meninggal dunia paling banyak berjatuhan pada 2022.

Perselisihan dan Pertengkaran jadi Faktor Utama Perceraian di Indonesia

Sering berakar dari isu yang sering dianggap sepele, perselisihan dan pertengkaran berkontribusi sebesar 61,67% terhadap kasus perceraian di Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X