Pernah Viral, Ini Kuliner Populer di Indonesia Tahun 2021

Dipengaruhi oleh influencer dan fenomena yang sedang viral, beragam jenis kudapan kemudian masuk dalam daftar tren kuliner di Indonesia sepanjang 2021 lalu.

Pernah Viral, Ini Kuliner Populer di Indonesia Tahun 2021 Croffle © Ika Rahma H/Shutterstock

Meskipun tahun lalu Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19, bisnis di bidang kuliner merupakan salah satu jenis usaha yang tak akan lekang oleh waktu. Berkat inovasi yang diciptakan para pelaku usaha kuliner, tren kuliner terus berputar dan mengalami perubahan setiap tahunnya.

Sepanjang tahun 2021 beberapa menu kuliner ini viral di media sosial dan dicari-cari oleh banyak orang. Selain memiliki cita rasa yang nikmat, beberapa kuliner ini terkenal karena beberapa faktor seperti efek influencer, fenomena yang sedang hangat, maupun serial film.

Tren kuliner memberikan pengalaman yang unik dan berbeda-beda bagi masing-masing penikmatnya. Mengutip dari berbagai sumber termasuk Tempo.co berikut daftar kuliner terpopuler dan banyak dicari oleh masyarakat Indonesia sepanjang tahun 2021.

Indonesia 2021
Sederet kuliner yang sempat viral di Indonesia tahun 2021 | Agaphier/GoodStats

1. Churros

Kudapan donat asal Spanyol dan Portugal ini sebenarnya sudah sejak lama ada di Indonesia. Churros merupakan kudapan berbahan dasar dough pastry yang digoreng dan bentuknya memanjang.

Adonan Churros biasanya berupa choux yang terbuat dari mentega, air, tepung terigu, dan telur. Popularitas Churros meroket sejak menjadi tren baru di Korea Selatan.

2. Croffle

Perpaduan antara croissant dan waffle dengan tekstur renyah menjadikan kudapan ini salah satu yang paling digemari dan dicari sepanjang tahun 2021. Croffle dibuat dengan memanggang adonan croissant dalam mesin pembuat waffle.

Croffle sebenarnya sudah dikembangkan sejak tahun 2017 oleh koki pastry asal Irlandia yakni Louise Lennox. Namun lagi-lagi kudapan ini mencapai puncak popularitasnya sejak menjadi tren di Korea Selatan tahun lalu.

3. BTS Meal

Siapa yang tidak kenal BTS? Grup idola beranggotakan 7 orang asal Korea Selatan ini memiliki penggemar yang jumlahnya sangat banyak dan tersebar di berbagai belahan dunia. Karya dan aktivitas dari BTS selalu dinanti-nantikan oleh para penggemarnya yang bernama ARMY. Tak heran jika banyak tren yang datang dari grup idola satu ini.

BTS Meal merupakan hasil kolaborasi dengan McDonalds (McD) yang dirilis pada 9 Juni 2021 silam secara serentak di beberapa negara termasuk Indonesia. Peluncuran BTS Meal sontak menimbulkan kehebohan dan antusias yang sangat tinggi khususnya bagi kalangan ARMY.

Paket makanan yang terdiri dari 9 potong chicken McNuggets, kentang goreng dan minuman berukuran medium, serta dilengkapi saus sweet chili dan cajun ini banjir pesanan hingga menimbulkan padatnya kerumunan ojek online (ojol), bahkan masih banyak calon pembeli yang tidak berhasil mendapatkan BTS Meal oleh karena keterbatasan stok.

4. Permen Dalgona

Jajanan masa kecil asal Korea Selatan ini viral akibat serial berjudul Squid Game. Serial Netflix ini menceritakan sekelompok orang yang terlibat tantangan permainan anak-anak dengan taruhan nyawa untuk mendapatkan hadiah uang tunai dalam jumlah fantastis.

Pada salah satu episode, tepatnya episode 3 “The Man with the Umbrella” kudapan permen dalgona dengan beragam bentuk cetakan ini muncul dalam tantangan yang harus dilalui peserta. Hanya dibutuhkan 2 bahan untuk membuat permen dalgona, yaitu gula dan soda pengembang.

5. Dessert Box

Dipopulerkan oleh influencer tanah air, dessert box menjadi kudapan berikutnya yang paling dicari oleh masyarakat Indonesia. Salah satu pelopor dessert box di Indonesia ialah Najla Bisyir melalui Bittersweet by Najla.

Seperti namanya, dessert box adalah kudapan kue yang disajikan dalam kotak. Awalnya dessert box merupakan ide bisnis yang digeluti oleh ibu rumah tangga, namun ternyata kehadiran dessert box mampu menarik perhatian masyarakat Indonesia. Varian rasa yang ditawarkan pun bermacam-macam serta menggugah selera seperti red velvet, coklat, tiramisu, green tea, biscoff, dan masih banyak lagi.

6. Korean Garlic Bread

Korean garlic bread merupakan salah satu street food asal Korea Selatan. Kudapan ini berasal dari Gangneung yang terdapat di provinsi Gangwon. Korean garlic bread digemari karena memiliki aroma bawang putih yang wangi, perpaduan keju yang gurih, dan krim yang lembut.

Tren kuliner ini kemudian diadaptasi oleh para k-popers maupun k-drama lovers di Indonesia. Kemudian para influencer khususnya di YouTube mulai membuat video tutorial cara membuat korean garlic bread yang mana hal tersebut menyebabkan kudapan ini viral.

7. Samyang Carbonara

Mie instan asal Korea Selatan ini terkenal akan rasanya yang sangat pedas. Samyang sudah populer di Indonesia dalam beberapa waktu ke belakang. Namun kehadiran varian carbonara menambahkan pengalaman baru dalam mengonsumsi Samyang.

Paduan antara cita rasa kuliner Korea Selatan dan Itali ini menyuguhkan kudapan mie instan yang pedas dengan tambahan tekstur krim yang lembut. Kudapan ini sanggup memanjakan lidah para pecinta pedas dan juga carbonara di Indonesia.

Menilik dari daftar di atas, mayoritas tren kuliner di Indonesia sepanjang 2021 merupakan hasil adaptasi dari tren di Korea Selatan baik melalui pengaruh publik figur, penggemar yang selalu update mengenai tren di Korea Selatan, hingga melalui berbagai karya yang dinikmati oleh k-popers serta k-drama lovers di Indonesia.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Melirik Berapa Harga Jual Data Pribadi di Dark Web
Artikel Selanjutnya 7 Merek Kosmetik Lokal Paling Banyak Digunakan di Indonesia 2022
Konten Terkait