Perbandingan Kapabilitas Militer NATO dan Rusia 2022

NATO menyatakan dukungannya terhadap Ukraina dengan memberikan sejumlah bantuan persenjataan. Berikut perbandingan kapabilitas militer antara NATO dengan Rusia.

Perbandingan Kapabilitas Militer NATO dan Rusia 2022 Ilustrasi kekuatan militer | BPTU/Shutterstock

Di antara panasnya situasi perang antara Rusia dengan Ukraina, Sekretaris Jenderal (Sekjen) North Atlantic Treaty Organization (NATO), Jens Stoltenberg dilansir dari CBC News mengungkapkan bahwa aliansi NATO akan mengirimkan lebih banyak bantuan internasional dan senjata ke Ukraina, termasuk sistem pertahanan udara.

Pihak NATO juga memperingatkan Rusia bahwa ada sanksi yang harus dibayar dalam beberapa waktu ke depan. Pernyataan sikap dukungan NATO terhadap Ukraina dalam bentuk persenjataan diharapkan dapat membantu Ukraina mempertahankan kedaulatan negara atas serangan Rusia.

Rusia menjadi negara eks Uni Soviet yang mewarisi sistem persenjataan dalam jumlah tergolong besar serta memiliki kekuatan militer yang tidak dapat disepelekan. Di sisi lain, NATO yang saat ini beranggotakan 30 negara tentu juga memiliki jumlah kekuatan militer yang besar.

Statista merangkum kapabilitas kekuatan militer antar pihak NATO dengan Rusia pada tahun 2022. Meninjau jumlah personel, adapun jumlah personel aliansi NATO memiliki total sebanyak 5.405.700 jiwa sementara Rusia berkisar 1.350.000 jiwa.

Perbandingan kekuatan militer NATO dengan Rusia tahun 2022 | Agaphier/GoodStats

Sementara itu, dari segi kekuatan udara, NATO tercatat memiliki 20.723 total pesawat militer sedangkan Rusia berjumlah sebanyak 4.173 unit. Beberapa pesawat militer yang dimiliki di antaranya pesawat tempur, pesawat serangan darat, pesawat angkut, pesawat khusus, pesawat tanker, serta helikopter tempur.

Kemudian untuk unit lapis baja, total yang dimiliki NATO ialah sebanyak 143.875 unit sementara Rusia berjumlah 60.078 unit. Beberapa yang dikategorikan sebagai unit lapis baja di antaranya tank tempur utama, kendaraan lapis baja, artileri swagerak, artileri tarik, serta peluncur roket swagerak.

Berikutnya, total armada kekuatan laut atau kapal militer NATO ialah sebanyak 2.049 unit sementara Rusia memiliki jumlah sebanyak 605 unit. Armada kekuatan laut terdiri dari kapal penghancur, fregat, korvet, pengangkut pesawat, kapal selam, perahu patroli, dan kapal penyapu ranjau.

Terakhir, total senjata nuklir hasil akumulasi negara-negara NATO berjumlah sebanyak 6.065. Dalam hal senjata nuklir, Rusia unggul dengan total 6.255 senjata nuklir pada tahun 2022.

Kekuatan Militer Indonesia Tertinggi di Asia Tenggara

Penulis: Diva Angelia
Editor: Editor

Konten Terkait

Makin Panas, Bagaimana Hubungan Iran-Israel Sebelum Konflik Pecah?

Iran-Israel kerap digambarkan sebagai musuh bebuyutan, padahal hubungan keduanya sempat harmonis sebelum Revolusi Iran.

Hoaks Masih Mengancam Pemilu 2024 di Berbagai Negara

Tahun 2024 menjadi pemilu bersejarah bagi banyak negara demokrasi. Namun, eksistensi pemilu masih terancam oleh hoaks berbahaya dari berbagai belahan dunia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X