Penonton Prambanan Jazz Festival 2024 Tembus 49,5 Ribu, Naik 3 Kali Lipat dari 2023

Padahal, gelaran 2023 dilaksanakan lebih lama yaitu 6 hari berturut-turut. Puncak penonton tertinggi PJF 2024 ada di hari ketiga sebesar 25 ribu penonton.

Penonton Prambanan Jazz Festival 2024 Tembus 49,5 Ribu, Naik 3 Kali Lipat dari 2023 Penampilan Kahitna pada Hari Ketiga Prambanan Jazz Festival 2024 | Prambanan Jazz

Setelah melewati hari ketiganya, gelaran musik kelas internasional Prambanan Jazz Festival (PJF) 2024 telah terselesaikan dengan sukses. Festival bertemakan "Satu Dekade Bersama: Perayaan Kebersamaan dalam Musik" ini ditutup tepat pada Minggu (7/7) dengan penampilan epik dari Dewa 19 bersama Virzha yang membawakan lagu penutup Separuh Nafasku.

Selain penampilan dari Dewa 19, hari ketiga PJF 2024 diisi oleh artis kenamaan lainnya yang tampil di Festival Stage seperti Kahitna, Tulus, Ardhito Pramono, Gigi Unplugged, KIM (Arsy Widianto, Rachel Rae, dan Gusty Pratama), Tantowi Yahya bersama Crossroads, serta Trisum.

Terdapat tiga stage yang disiapkan selama PJF 2024 ini. Di area lainnya seperti di Special Stage, terdapat penampilan dari I'm A Jazz Kids Performers, dilanjut Paksiband, Dabwok x Megatruh Soundsystem, Bravesboy, dan juga Jumat Gombrong.

Sementara itu, di NAVASRPM Stage, penampilan dari Nadine Abigail, Dormate, Monday Manda, Yuni Shara, maupun Tiara Eve turut memeriahkan gelaran ini.

25 Ribu Penonton Sesak Padati Hari Ketiga PJF 2024!

Jumlah penonton harian Prambanan Jazz Festival 2024, 5-7 Juli 2024 | GoodStats

Dalam konferensi pers yang diadakan di Kompleks Candi Prambanan, tercatat bahwa jumlah penonton yang menghadiri PJF 2024 adalah sebanyak 49,5 ribu penonton sebanyak tiga hari berturut-turut. Rekor penonton terbanyak di tahun ini ada di hari ketiga sebesar 25 ribu penonton.

Angka tersebut terpantau naik lebih dari tiga kali lipat dibanding jumlah penonton pada PJF 2023. Dalam dokumen Rajawali Indonesia, Prambanan Jazz Festival 2023 tercatat dihadiri oleh 13,9 ribu penonton. Padahal, tahun lalu PJF digelar 6 hari berturut-turut.

Selain itu, angka 49,5 ribu penonton PJF 2024 telah melampaui target yang ditetapkan. Sehari sebelum PJF 2024 dimulai, Founder Prambanan Jazz Festival Anas Syahrul Alimi menyebutkan target penonton sebesar 40 ribu saja.

“Yang akan hadir menonton Prambanan Jazz Festival ada 40 ribu," sebut Anas dalam press conference Kamis (4/7).

Project Manager Prambanan Jazz Festival 2024 Candrari Ceri mengapresiasi tingginya animo masyarakat dalam menghadiri PJF 2024. Menurutnya, antusiasme tersebut merupakan bukti kecintaan mereka terhadap musik dan Prambanan Jazz Festival.

"Kami berharap kemeriahan PJF ini dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian Yogyakarta dan sekitarnya, terutama bagi para UMKM yang turut memeriahkan festival ini," sebut Candrari.

Anas Syahrul Alimi sendiri memang ingin menjadikan Prambanan Jazz Festival sebagai salah satu terobosan dalam melakukan usaha wisata musik. Yogyakarta dipilih juga karena daerah ini memiliki magnet wisata tersendiri yang membuat PJF akan selalu ramai dihadiri.

"Prambanan Jazz Festival telah menjadi wadah bagi semua pihak untuk bersatu dan berbagi keceriaan. Music tourism ini menjadi pilihan wisata yang menarik bagi masyarakat Indonesia dan perlu mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah." kata Anas, Minggu (7/7).

VP Commercial & Experience PT TWC Dimas Ganjar Ramadhan menambahkan ungkapan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah bersama melancarkan PJF 2024. Ia menyebut bahwa acara tahun ini berlangsung meriah dan memberi kenangan indah bagi penonton yang datang.

"Kami sangat antusias dengan antusiasme dan partisipasi seluruh pihak dalam menyukseskan PJF ke-10. Semoga kita dapat kembali bertemu di Prambanan Jazz tahun depan dengan semangat yang lebih besar dan suguhan musik yang lebih spektakuler," kata Dimas.

Baca juga: Hari Pertama Sukses, Prambanan Jazz Festival 2024 Diklaim Bikin Hotel di Jogja Penuh!

Penulis: Pierre Rainer
Editor: Editor

Konten Terkait

Kunjungan Wisatawan Meningkat, Berikut Event International yang Diselenggarakan di Indonesia pada 2024

Kunjungan wisatawan mancanegara di Indonesia mencapai 4,09 juta dari Januari-April 2024, hal ini didorong oleh banyaknya event internasional di Indonesia.

Museum dan Cagar Budaya di Indonesia Diproyeksikan Mengalami Kenaikan Pendapatan pada 2025

Dengan komitmen yang kuat dan kolaborasi yang efektif, kekayaan budaya dan sejarah Indonesia dapat memberikan manfaat ekonomi yang lebih besar.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook