Penerbangan Terlama di Dunia, Ada yang Hampir Mencapai 19 Jam

Dilansir dari The National News, berikut daftar empat penerbangan tanpa henti dengan durasi terlama di dunia saat ini

Penerbangan Terlama di Dunia, Ada yang Hampir Mencapai 19 Jam Pesawat Terbang. Sumber: Live Science

Manusia membutuhkan transportasi untuk mobilitas sehari-hari. Entah itu transportasi darat, laut, atau pun udara, manusia dapat memanfaatkannya untuk kepentingan berpergian dari satu tempat ke tempat lainnya.

Transportasi tentu memudahkan manusia dalam beraktifitas. Dengan jalur yang berbeda-beda, tentu perjalanan yang ditempuh oleh transportasi tersebut memiliki waktu tempuh yang berbeda pula.

Ada yang memilih transportasi udara karena waktu tempuhnya yang dirasa lebih cepat, dan ada juga yang memilih transportasi darat atau laut karena harganya yang ekonomis meskipun harus menempuh waktu yang lebih lama.

Dalam daftar penerbangan dunia, ternyata ada nama-nama penerbangan dengan destinasi tertentu yang dijuluki sebagai penerbangan terpanjang di dunia, bahkan tanpa henti. Dilansir dari The National News, berikut daftar empat penerbangan tanpa henti dengan durasi terlama di dunia saat ini.

1. Singapura-New York (18 jam 40 menit)

Penerbangan yang hampir memakan waktu 19 jam ini adalah penerbangan miliki Singapore Airlines SQ24 ke bandara Internasional John F Kennedy di New York. Dengan jarak tempuh yang tercatat lebih dari 15.000 kilometer, penerbangan ini menggunakan pesawat jenis Airbus A350-900.

2. Darwin-London (17 jam 55 menit)

Dengan jarak tempuh sejauh 8.620 mil atau setara dengan 13.872 kilometer, penerbangan Darwin di Australia Utara ke London menggunakan pesawat jenis Boeing 787 Dreamliners. Memerlukan waktu tempuh hampir 18 jam, maskapai Qantas dengan nama rute QF9 menerbangkan penumpang dari Darwin ke London setiap harinya.

3. Los Angeles-Singapura (17 jam 10 menit)

Penerbangan yang melintasi Samudra Pasifik dari Los Angeles ke Singapura oleh Singapore Airlines ini memiliki jarak tempuh sejauh 8.770 mil atau lebih dari 14.000 kilometer dan memerlukan waktu 17 jam 10 menit. Penerbangan maskapai ini juga ternyata memiliki rute dari San Fransisco ke Singapura dengan waktu tempuh yang hampir sama, yakni 16 jam 40 menit.

4. New York-Hong Kong (17 jam)

Maskapai Cathay Pacific yang memiliki penerbangan dari New York ke Hongkong ini menempuh rute terbang di atas Atlantik, sehingga penerbangannya bisa memakan waktu tempuh yang cukup lama. Jarak tempuh dari penerbangan New York ke Hong Kong ini adalah 16.668 kilometer dengan waktu tempuh 16 hingga 17 jam. Penerbangan dengan rute terbang di atas Atlantis ini juga dirasa menguntungkan oleh pihak Cathay Pacific karena musin yang berangin membuat rute ini lebih menguntungkan.

Penulis: Zalfa Ghina Khairunnisa
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Negara Mana yang “Ideal” Bagi Para Pekerja?

Seperti apakah bare minimum negara ideal untuk para pekerja?

Negara yang Berganti Nama, Alasannya karena Mirip Nama Burung?

Banyak faktor yang mempengaruhi keputusan tersebut, seperti perayaan merdeka dari kolonialisme hingga koersi yang dilakukan pemimpin diktator.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X