Siapa Pemain Termahal di Piala AFF 2022?

Pada ajang Piala AFF 2022, pemain dengan nilai pasar tertinggi di kompetisi ini adalah pemain Indonesia.

Siapa Pemain Termahal di Piala AFF 2022? Timnas Indonesia di Piala AFF 2022│PSSI

Berdasarkan data dari Transfermarkt, pemain termahal yang berlaga pada gelaran Piala AFF 2022 adalah pemain dari Indonesia. Transfermarkt adalah sebuah website yang berisi database nilai pasar dari seluruh pemain di dunia, termasuk juga nilai pasar para pemain dari Indonesia.

Pada update nilai pasar terbaru di masa gelaran Piala AFF 2022, pemain Indonesia menjadi pemain dengan nilai pasar termahal dari seluruh pemain yang berlaga di kompetisi tersebut. Tak hanya satu, bahkan ada dua pemain Indonesia yang berada di 5 besar pemain termahal di Piala AFF 2022.

Dua pemain tersebut adalah Jordi Amat dan Marc Klok, dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia. Jordi Amat menjadi pemain termahal di kompetisi ini dengan nilai pasar menyentuh 17,38 miliar rupiah. Pemain berusia 30 tahun tersebut beberapa tahun lalu pernah bermain di Liga Spanyol dan juga Liga Inggris. Saat ini, Jordi Amat bermain untuk tim Liga Malaysia, Johor Darul Ta’zim.

Jordi Amat baru secara resmi menjadi warga negara Indonesia pada bulan November tahun ini. Jordi Amat belum pernah bermain untuk Timnas Indonesia sebelumnya, dan gelaran Piala AFF 2022 ini akan menjadi penampilan sekaligus kompetisi pertama Jordi Amat berseragam Indonesia.

Pemain Termahal di Piala AFF 2022│GoodStats

 

Sementara itu, Marc Klok dengan nilai pasarnya yang menyentuh 7,8 miliar rupiah berada di urutan keempat pada daftar pemain termahal di Piala AFF 2022. Klok berada di bawah rekan setimnya Jordi Amat yang berada di urutan pertama, kapten Timnas Thailand Theerathon Bunmathan yang berada pada urutan kedua, dan bintang muda Singapura keturunan Indonesia, Irfan Fandi. 

Marc Klok pertama kali melakukannya debutnya di level timnas senior pada 1 Juni 2022 saat Indonesia menjamu Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat pada pertandingan persahabatan. Sejak saat itu, Klok menjadi pilihan utama Shin Tae-yong sebagai jenderal lapangan tengah Indonesia. Saat ini, Marc Klok telah menciptakan 3 gol dari 7 pertandingan untuk timnas senior.

Menariknya, meski Jordi Amat adalah pemain termahal di ajang Piala AFF 2022, Jordi Amat bukanlah pemain termahal di kawasan Asia Tenggara. Masih ada dua pemain dengan nilai pasar di atas Jordi Amat yang tidak ikut berkompetisi di Piala AFF 2022 karena tidak diizinkan klub. Hal ini dikarenakan Piala AFF bukanlah agenda FIFA, dan klub berhak untuk menolak melepas pemainnya. 

Dua pemain dengan nilai pasar di atas Jordi Amat yang absen pada Piala AFF 2022 adalah bintang Timnas Thailand Chanathip Songkrasin, dan pemain naturalisasi terbaru Indonesia, Sandy Walsh. 

Chanathip saat ini bermain di Liga Jepang untuk Kawasaki Frontale, dan nilai pasarnya di Transfermarkt adalah sebesar 24,3 miliar rupiah. Sedangkan Sandy Walsh yang saat ini bermain di Liga Belgia untuk KV Mechelen, memiliki nilai pasar tertinggi untuk pemain Asia Tenggara, yaitu sebesar 34,7 miliar rupiah.

Skuad Termahal di Piala AFF 2022│GoodStats

 

Sandy Walsh baru saja menyelesaikan proses naturalisasinya bersama Jordi Amat untuk bisa membela Timnas Indonesia. Sayang, Sandy Walsh tidak bisa beraksi di ajang Piala AFF 2022 seperti Jordi Amat karena tidak diizinkan klub.

Sebelumnya, Sandy Walsh telah mengikuti pemusatan latihan bersama skuad Timnas Indonesia di Bali untuk persiapan Piala AFF 2022. Namun, karena Sandy merupakan salah satu pemain kunci KV Mechelen, dan saat Piala AFF 2022 berjalan klubnya juga sedang menghadapi jadwal yang padat, mau tidak mau Sandy harus mengubur impiannya untuk bermain bersama Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2022.

Penulis: Rangga Hadi Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Inilah Deretan Kota Ternyaman Untuk Habiskan Masa Tua, Adakah Kotamu?
Artikel Selanjutnya Statistik Transportasi Darat: Bentang Jalan Hingga Menurunnya Korban Lakalantas
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook