Pakaian Akan Jadi Item Belanja yang Paling Banyak Dicari pada Bulan Ramadan

Jakpat membuat survei mengenai barang yang paling banyak diburu pada Ramadan. Hasilnya, pakaian menjadi yang teratas dengan persentase di angka 88%

Pakaian Akan Jadi Item Belanja yang Paling Banyak Dicari pada Bulan Ramadan Ilustrasi pakaian Lebaran | Creative Caliph/Shutterstock

Memakai pakaian baru merupakan salah satu tradisi masyarakat muslim Indonesia ketika hari Lebaran tiba. Hal itu pun dibenarkan oleh lembaga survei Jakpat dalam salah satu laporan surveinya yang bertajuk "Welcoming 2023 Ramadan & Eid" yang dirilis pada Rabu (15/3) lalu.

Dalam salah satu bagian surveinya, Jakpat turut membahas daftar barang yang paling banyak dicari dan dibeli masyarakat muslim Indonesia pada bulan Ramadan dan hari Lebaran. Hasilnya, pakaian menjadi yang teratas dengan persentase di angka 88%.

"88% responden akan membeli baju baru untuk bulan Ramadan dan hari Lebaran. Pria lebih cenderung membeli sepatu, sedangkan wanita cenderung membeli aksesoris fesyen, tas dan dompet, serta produk kecantikan," tulis Jakpat dalam laporan surveinya.

"Produk rumah tangga seperti dekorasi rumah dan elektronik lebih cenderung direncanakan oleh laki-laki. 6% responden berencana membeli mobil di musim Ramadan dan Lebaran ini," lanjut Jakpat.

Perlengkapan ibadah menjadi daftar barang kedua yang memiliki persentase terbesar, yakni berada pada angka 66%. Alas kaki dan aksesoris fesyen menyusul di posisi tiga dan empat dengan persentase masing-masing 60% dan 55%.

Pakaian menjadi barang yang paling banyak "diburu" pada bulan Ramadan | GoodStats

Peralatan masuk ke posisi lima besar dengan persentase 48%, sementara produk kecantikan berada pada posisi enam dengan persentase 42%. Empat barang lain yang masuk ke dalam posisi 10 besar antara lain dekorasi rumah (29%), tas dan dompet (28%), furnitur (21%), dan gawai (18%).

Jakpat merilis laporan survei ini dengan maksud untuk mendeskripsikan rencana Ramadan dan Lebaran masyarakat muslim Indonesia yang berhubungan dengan bujeting, pengeluaran, buka puasa bersama, persiapan bahan makanan, belanja, hamper, hingga mudik. Adapun jumlah sampel pada survei ini berada pada angka 1.034 responden dengan margin of error berada di bawah 5%.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Nastar hingga Kastengel, Inilah Kue Kering Favorit untuk Idul Fitri 2024!

Apa saja kue kering yang menjadi andalan masyarakat Indonesia untuk Idul Fitri 2024?

Indonesia Penyumbang Sampah Sisa Makanan Terbesar di ASEAN

Indonesia menyumbang sampah sisa makanan sebanyak 20,93 juta kg setiap tahunnya, setara dengan kerugian sekitar Rp231-551 triliun.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X