Milenial: Generasi Yang Yakin Akan Kondisi Keuangan

Generasi milenial memiliki persepsi yang lebih positif tentang situasi keuangan mereka secara general dibandingkan dengan generasi lain

Milenial: Generasi Yang Yakin Akan Kondisi Keuangan Ilustrasi seseorang merancang rencana finansial | Freepik

Generasi milenial, yang merujuk kepada mereka yaitu individu yang lahir antara tahun 1980 dan 1996, menyumbang sekitar 38% dari angkatan kerja saat ini. Mereka memainkan peran penting dalam dunia kerja dan cenderung untuk mencari pekerjaan yang memiliki makna dan tujuan yang jelas.

Menurut laporan "How Millennials Want to Work and Live" yang dipublikasi oleh  Gallup generasi milenial merupakan generasi yang idealis dan  uga memiliki keyakinan tinggi dalam situasi keuangan mereka.

Milenial memiliki persepsi yang lebih positif tentang situasi keuangan mereka dibandingkan dengan generasi lain. Hal ini didukung dengan fakta bahwa lebih dari separuh dengan presentasi 56% dari generasi milenial ini mengakui mereka merasa lebih baik dalam kondisi keuangan dibandingkan dengan generasi yang lebih tua. 

Disamping  itu, kebanyakan generasi milenial tetap memantau pengeluaran mereka secara ketat. Hampir sembilan dari sepuluh atau 88% milenial mengakui bahwa mereka sangat memperhatikan pengeluaran mereka. Lebih dari dua pertiga generasi milenial tepatnya 69% dari mereka mengungkapkan bahwa mereka memiliki cukup uang untuk membeli barang-barang yang mereka butuhkan

Lalu, lebih dari setengah yakni 56% dari generasi ini menyatakan bahwa mereka percaya diri akan situasi keuangan mereka saat kini. Setengah dari generasi milenial dengan presentase tepat di 50% menyatakan bahwa mereka merasa cukup baik dengan jumlah uang yang harus mereka keluarkan, persentase ini mendapat angka yang lebih tinggi daripada generasi sebelumnya.

Di sisi lain generasi milenial memiliki perbedaan dalam kemampuan untuk melakukan pembelian besar seperti membeli mobil, peralatan, furnitur, atau perbaikan rumah yang signifikan dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Hanya sekitar 38% generasi milenial yang menyatakan bahwa mereka memiliki kemampuan saat ini untuk melaksanakan pembelian-pembelian besartersebut. Sejalan dengan hal ini terdapat 33% generasi milenial yang khawatir menghabiskan terlalu banyak uang atau mengeluarkan uang yang berlebihdalam waktu yang tidak lama.

Meskipun demikian, persentase sekitar 28% dari generasi milenial juga mengungkapkan bahwa mereka memiliki lebih dari cukup uang untuk mewujudkan apa yang mereka inginkan, sejajar dengan persentase yang dilaporkan oleh tiga generasi sebelumnya.

Melihat hal tersebut laporan ini menunjukkan bahwa generasi milenial memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap situasi keuangan mereka saat ini terutama kemampuan mereka untuk memenuhi kebutuhan.

Penulis: Kurnia Elma Armavillia
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Ingin Kredit KPR? Ketahui Daftar Bank Besar di Indonesia dengan Suku Bunga Dasar Kredit KPR Terbesar!

Perlu dilakukan riset dan perbandingan antar berbagai penawaran suku bunga KPR sebelum membuat keputusan pinjaman.

Ini Dia Lapangan Kerja dengan Upah Tertinggi Awal 2024

Sektor keuangan dan asuransi menjadi sektor dengan rata-rata upah buruh tertinggi, jumlahnya lebih dari Rp5 juta.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X