Bruno Fernandes, Sang Raja Assist Liga Champions 21/22

Bruno Fernandes berhasil catatkan tujuh assist dari 453 menit bermainnya sepanjang turnamen.

Bruno Fernandes, Sang Raja Assist Liga Champions 21/22 Aksi Bruno Fernandes ketika Atalanta menjamu Manchester United pada pertandingan keempat Liga Champions | Fabrizio Andrea Bertani/Shutterstock

Perjalanan Manchester United di Liga Inggris musim ini memang bisa dibilang cukup terseok-seok. Gagal ambil tiket Liga Champions UEFA musim 22/23, klub berjuluk Setan Merah ini harus puas finis di posisi keenam klasemen sekaligus mesti menerima tiket Liga Eropa UEFA musim depan bersama Arsenal.

Tak hanya apes di Liga Inggris, jalan United di Liga Champions UEFA musim ini juga bisa dibilang tak mulus. Meski berhasil puncaki klasemen pada babak grup di atas Villarreal, Atalanta, dan Young Boys, United harus angkat koper lebih cepat di babak 16 besar setelah tumbang atas Atletico Madrid dengan agregat 1-2 (leg 1: 1-1, leg 2: 0-1).

Namun, seakan tak mau ikut ketiban apes, rezeki hadir untuk salah satu penggawa United, Bruno Fernandes. Meski klubnya hanya berhasil menyelesaikan Liga Champions musim ini di babak 16 besar, dirinya ditetapkan menjadi pengumpan gol (assist) terbanyak Liga Champions untuk musim ini.

Ya, memang tidak ada satu pun pemain yang hingga babak final berhasil menyalip perolehan tujuh assist pemain asal Portugal ini. Padahal, sepanjang turnamen ia hanya bermain selama 453 menit.

Bahkan, catatan assist Bruno ini berhasil memecahkan rekor sebagai pemain klub Inggris pertama di Liga Champions yang membukukan assist dalam enam pertandingan beruntun. Menurut sumber ternama Opta, rekor tersebut sebelumnya dipegang oleh salah satu legenda Manchester United, David Beckham sejak tahun 1998.

Deretan pemain dengan assist terbanyak sepanjang Liga Champions musim 21/22

Salah satu penggawa kampiun (Real Madrid), Vinicius Junior hanya mampu capai enam assist dari total 1.110 menit bermainnya. Menyamai poin Vinicius, Leroy Sane dari Bayern Munich juga hanya berhasil mencetak enam assist-nya sepanjang turnamen dari total 798 menit bermain.

Sementara itu, winger kebanggaan Ajax, Antony berada di posisi keempat. Pemain berkebangsaan Brasil tersebut berhasil membukukan lima assist dari total 487 menit bermainnya.

Ada tujuh pemain yang berhasil mencatat empat assist selama turnamen, yakni Joao Mario dari Benfica (493 menit bermain), Gerard Moreno dari Villarreal (524), Kylian Mbappe dari Paris Saint German (673), Trent Alexander-Arnlod dari Liverpool (704), Kevin de Bruyne dari Manchester City (734), Luka Modric dari Real Madrid (988), dan Etienne Capoue dari Villarreal (1046).

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya 15 Gol Sukses Bawa Benzema Raih Sepatu Emas Pertamanya di Liga Champions
Artikel Selanjutnya 10 Sungai Terpanjang di Dunia, dari Nil hingga Amur
Konten Terkait