Meringankan Kehidupan Manusia Saat Ini, Berikut 5 Penemuan Penting di Dunia

Manusia kini bisa berkegiatan dan melakukan banyak hal dengan mudah melalui banyak terobosan teknologi. Berikut 5 penemuan penting di dunia yang berpengaruh.

Meringankan Kehidupan Manusia Saat Ini, Berikut 5 Penemuan Penting di Dunia Ilustrasi Inovasi Roda. Sumber: Adobe Stock

Sebagai makhluk yang dikaruniai akal, manusia selalu memiliki rasa ingin tahu dalam dirinya. Hal tersebut mengantar manusia untuk bisa mengenal, memahami, hingga menjelaskan berbagai hal yang mereka temukan. Maka dari itu, pengetahuan sangat penting untuk menunjang rasa ingin tahu tersebut. Semakin banyak pengetahuan yang diserap oleh manusia, semakin banyak hal yang bisa dipelajari dan dipahami.

Terobosoan dalam bidang ilmiah maupun teknologi yang ada saat ini merupakan bentuk nyata dari perkembangan manusia terhadap ilmu pengetahuan. Manusia terus melakukan inovasi terhadap temuan-temuannya dan membuat penigkatan bertahap selama bertahun-tahun untuk menyempurnakan temuannya.

Banyak penemuan penting yang telah membantu manusia menjalankan kehidupannya supaya lebih mudah. Dilansir dari Live Science, berikut adalah 5 penemuan yang mengubah dunia.

  1. Roda

Sebelum adanya penemuan roda pada 3500 SM, tentu manusia sangat terbatas dalam berkegiatan, seperti melakukan perjalanan hingga membawa barang dengan jumlah yang besar. Profesor antropologi dari Hartwick College, David Anthony, mengatakan bahwa awal mula penemuan roda yang dimulai dari konsepnya yaitu konsep roda-dan-gandar adalah titik cemerlang, meskipun sangat rumit dan sulit. Misalnya, ukuran poros roda, yang merupakan faktor penting harus diperhatikan posisi dan presisinya. Akhirnya, dengan penemuan roda melalui konsep yang tidak mudah tersebut, pekerjaan manusia dapat dilakukan dengan mudah saat ini.

  1. Mesin Cetak

Johannes Guttenbers merupakan penemu mesin cetak yang kunci perkembangannya adalah cetakan tangan. Cetakan tangan adalah teknik pencetakan baru yang memungkinkan pembuatan jenis logam dapat bergerak menghasilkan jumlah cetakan dalam jumlah besar dengan waktu yang cepat. Meskipun ada penemu lain di China dan Korea yang telah mengembangkan konsep yang sama, Guttenberg adalah orang pertama yang menciptakan proses mekanis yang mentransfer tinta dari jeni yang dapat dipindahkan ke kertas. Dengan proses tersebut, mesin cetak dapat meningkatkan kecepatan dalam pembuatan Salinan buku hingga pengetahuan dapat disebarkan dengan luas dalam jangka waktu yang cepat.

  1. Penisilin

Terkenal dengan kisan penemuannya dalam sejarah, penisilin menjadi salah satu penemuan penting di dunia. Berawal pada tahun 1928, ketika seorang ilmuwan Skotlandia, Alexander Fleming memperhatikan cawan petri berisi bakteri yang ada di laboratoriumnya dan tutupnya terbuka secara tidak disengaja. Sampel pun telah terkontaminasi jamur dan di mana pun jamur itu berasa, bakteri akan mati. Jamur antibiotic itu ternyata jamur Penicilium dan para ahli kimia memurnikan dan mengembangkan jamur tersebut dua dekade berikutnya agar menjadi obaat penisilin yang mampu melawan sejumlah besar infeksi bakteri pada manusia tanpa membahayakan manusia itu sendiri.

  1. Kompas

Kompas pertama kali ditemukan di China selama dinasti Han antara abad ke-2 SM dan abad ke-1 M. Kompas terbuat dari Iodestone, bijih besi yang dimagnetisasi secara alami dan sifat-sifatnya telah dipelajari selama berabad-abad lamanya. Namun, Kompas digunakan pertama kali sebagai navigasi pada masa Dinasti Song, antara abad ke-11 dan ke-12. Dengan adanya Kompas, pelaut dapat bernavigasi dengan aman.

  1. Bola Lampu

Penemuan bola lampu merupakan salah satu penemuan yang terpenting dan tidak dapat dipungkiri, karena dengan adanya bola lampu manusia dapat produktif baik siang hari maupun malam hari, tanpa ketergantungan pada cahaya alami. Sepanjang tahun 1800-an, beberapa penemu berperan penting dalam pengembangan teknologi revolusioner ini.

Penulis: Zalfa Ghina Khairunnisa
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Ikigai: Budaya Hidup yang Membuat Orang Jepang Jadi Paling Bahagia di Dunia

Orang Jepang diklaim menganggap kebahagiaan sebagai hal terpenting dalam hidup. Lantas bagaimana kuncinya?

Negara-Negara dengan Jumlah Perguruan Tinggi Terbanyak di Dunia

Indonesia termasuk dalam negara yang memiliki perguruan tinggi terbanyak di dunia, ada berapa perguruan tinggi?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X