Melihat Preferensi Musik Orang Indonesia: Genre Apa yang Paling Digemari?

Berdasarkan laporan Jakpat, Pop merupakan genre musik terpopuler dan banyak disukai oleh masyarakat pada 2023 dengan persentase 78%.

Melihat Preferensi Musik Orang Indonesia: Genre Apa yang Paling Digemari? Ilustrasi remaja yang sedang mendengarkan musik melalui headphone | Rawpixel.com/Freepik

Musik telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Musik dapat dinikmati berdasarkan preferensi masing-masing orang, yang disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari usia, generasi, hobi, jenis kelamin, profesi, dan sebagainya.

Jajak Pendapat (Jakpat) baru-baru ini merilis laporan mengenai perilaku masyarakat Indonesia terhadap tren konser musik 2023. Dalam laporannya, Jakpat meninjau genre musik terpopuler yang paling digemari oleh masyarakat.

Hasilnya, 8 dari 10 orang responden mengaku bahwa mereka menyukai genre musik Pop. Dengan demikian, Pop menjadi genre musik yang paling populer dengan persentase mencapai 78%. Diikuti oleh genre musik Dangdut di posisi kedua dengan persentase sebesar 38% responden.

10 genre musik yang paling banyak disukai masyarakat menurut survei Jakpat | Goodstats

Selanjutnya, ada genre K-Pop dan Religi dengan persentase masing-masing sebesar 35% dan 32%. Disusul oleh genre lainnya, seperti Jazz, R&B dan HipHop, Rock, serta Klasik dengan persentase masing-masing mencapai 29% responden.

Jakpat menilai, nampaknya status sosial dan ekonomi memiliki pengaruh yang besar terhadap preferensi genre musik masyarakat. Misalnya, Dangdut kebanyakan disukai oleh hampir separuh dari masyarakat di segmen sosial-ekonomi menengah ke bawah. Sedangkan, masyarakat menengah ke atas lebih banyak yang menyukai genre K-Pop juga R&B dan HipHop.

Di samping itu, Jakpat juga melakukan survei terhadap pertimbangan utama masyarakat dalam memilih konser musik. Hasilnya, harga tiket dan musisi yang tampil menjadi pertimbangan terbesar dengan proporsi masing-masing mencapai 66% dan 65% responden.

Sementara, ada pula responden yang menilai bahwa akses menuju lokasi konser merupakan pertimbangan penting dengan persentase 47%. Bahkan, persentasenya lebih besar daripada venue konser.

“Ini mengacu pada jenis tempat konser, seperti taman, stadion, atau lainnya,” tulis Jakpat dalam laporannya.

Sebagai informasi, survei tersebut dilaksanakan secara daring pada periode 15-19 Juni 2023 melalui aplikasi Jakpat. Adapun, jumlah responden yang berpartisipasi mencapai 1.006 orang yang berlokasi di Jawa dan Bali dengan tingkat toleransi kesalahan (margin of error) di bawah 5%.

Lebih lanjut, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dalam laporannya yang berjudul Survei Internet Indonesia 2023 memaparkan sejumlah platform musik yang paling sering digunakan masyarakat pada tahun 2023.

Hasilnya, Yotube music menempati peringkat pertama dalam daftar dengan persentase sebanyak 44,18% responden. Diikuti oleh Spotify dan Google play music dengan persentase masing-masing sebesar 17,52% dan 16,86%.

Disusul oleh beberapa platform musik lainnya, yaitu Joox dengan 12,95%, Apple music 1,63%, Resso 0,83%, Soundcloud 0,34%, Shazam 0,17%, TikTok 0,13%, Snack video 0,02%, Vidio 0,01%, Langit music 0,01%, Vidmate 0,01%, dan My music 0,01%.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Fenomena Brain Drain: Keputusan Migran Berpendidikan Tinggi Tinggalkan Negara Asal

Keputusan migran berpendidikan tinggi untuk meninggalkan negara asal dikenal juga sebagai tren brain drain yang berbahaya bagi pembangunan sumber daya manusia.

Provinsi dengan Jumlah Penganut Agama Hindu Terbanyak di Indonesia

Jadi agama terbesar ke-4 di Indonesia, Pulau Bali masih menjadi provinsi penganut agama Hindu terbanyak.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X