Mayoritas Masyarakat Muslim Indonesia Gunakan Kendaraan Pribadi Untuk Mudik Lebaran 2023

Menurut laporan tSurvey.id, sebagian besar masyarakat yang merencanakan perjalanan mudik lebih memilih memakai kendaraan pribadi daripada umum.

Mayoritas Masyarakat Muslim Indonesia Gunakan Kendaraan Pribadi Untuk Mudik Lebaran 2023 Ilustrasi seseorang yang pulang ke kampung halaman | Travelarium.ph/Shutterstock

Mudik adalah tradisi tahunan di Indonesia di setiap hari libur/perayaan besar, misalnya lebaran (idul fitri). Mudik merupakan singkatan dari mulih dilik yang berasal dari bahasa Jawa dan diartikan sebagai kegiatan pulang ke kampung halaman.

Berdasarkan laporan tSurvey.id, mayoritas masyarakat muslim (72%) berencana untuk mudik selama lebaran 2023. Sementara, sisanya atau 28% responden memiliki rencana untuk berlibur ke kota atau daerah lain yang bukan kampung halaman selama hari raya idul fitri.

Responden yang merencanakan mudik sebagian besar lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi daripada umum. Menurut hasil survei, sebanyak 36% responden mengaku akan menggunakan mobil pribadi, sementara 30% responden lainnya akan menggunakan motor pribadi.

Preferensi moda transportasi untuk perjalanan mudik lebaran 2023 | Goodstats

Sisanya menunjukkan preferensi transportasi yang beragam, seperti kereta api (17%), pesawat (13%), bis (13%), rental mobil (9%), kapal feri (2%), dan rental motor (1%).

Bagi responden yang menggunakan transportasi umum atau memesan hotel untuk kegiatan mudik lebaran 2023, sebagian besar responden (81%) membeli tiket dalam rentang sekitar satu minggu hingga satu bulan sebelum hari lebaran.

Untuk mempersiapkan perjalanan mudik lebaran 2023 menggunakan kendaraan pribadi, 64% responden mengalokasikan anggaran hingga Rp1.000.000 untuk servis kendaraan. Kemudian, 58% responden mempercayakan kendaraannya untuk di servis di bengkel resmi.

Adapun, survei tersebut dilakukan terhadap 2.555 responden dengan mayoritas (36%) usia berumur 25-35 tahun yang tersebar di 27 provinsi di Indonesia. Survei itu dilaksanakan dalam rangka mengkaji preferensi dan pola perilaku masyarakat muslim Indonesia selama bulan Ramadan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo memprediksi puncak arus mudik akan jatuh pada tanggal 15-16 April 2023. Ia juga memperkirakan bahwa akan ada sekitar 18 juta warga Jabodetabek yang melakukan perjalanan mudik di tahun ini.

“Dari jumlah penduduk Jabodetabek, artinya ada sekitar 18 juta orang yang mudik lebaran 2023,” ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta pada Senin, (3/4) lalu.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

6 PLTU Terbesar di Indonesia: Letak dan Kapasitasnya

Indonesia mengandalkan PLTU untuk sebagian besar kebutuhan listriknya. Temukan 6 PLTU terbesar di Indonesia, lengkap dengan lokasi dan kapasitasnya!

Kalahkan Changi, Seokarno-Hatta Jadi Bandara Tersibuk Selama Arus Mudik Lebaran 2024

Berdasarkan data dari OAG Aviation Worldwide, kapasitas kursi penerbangan Bandara Soekarno-Hatta mencapai 3,34 juta selama angkutan Lebaran 2024.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X