Indonesia Miliki Koleksi Startup Terbanyak di Asia Tenggara

Pesatnya perkembangan teknologi industri selaras dengan peningkatan jumlah startup yang terus bermunculan, terutama di Indonesia.

Indonesia Miliki Koleksi Startup Terbanyak di Asia Tenggara Ilustrasi startup | Marvin Meyer/Unsplash

Perkembangan teknologi digital yang kian pesat utamanya di tengah situasi pandemi Covid-19 mendorong pertumbuhan jumlah startup dalam jumlah yang besar pula terutama di kawasan Asia Tenggara.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan bahwa saat ini Indonesia memiliki 2 startup bertaraf decacorn, 7 unicorn, dan lebih dari 2.000 startup lainnya telah terbentuk di tanah air. Dua startup bertaraf decacorn kebanggaan Indonesia di antaranya ialah GoTo dan J&T.

Sementara itu, di antara negara-negara Asia Tenggara, Indonesia menduduki peringkat pertama negara dengan jumlah startup terbanyak. Mengutip dari Startup Ranking, per April 2022 jumlah startup di Indonesia mencapai 2.344 perusahaan.

Jumlah startup negara-negara di Asia Tenggara per April 2022 | Siti Hannah/GoodStats

Perolehan ini 2 kali lipat lebih banyak dari Singapura yang berada di posisi ke-2 dengan 1.012 startup per April 2022. Di sisi lain, Filipina menempati posisi ke-3 dengan 308 startup dan berselisih tipis dengan Malaysia di posisi ke-4 dengan total 307 startup. Berikutnya, Vietnam menyusul di posisi ke-5 dengan 173 startup.

Secara berurutan di posisi ke-6 hingga ke-11 terdapat Thailand dengan 147 startup, Myanmar 48 startup, Kamboja 12 startup, Brunei Darussalam 6 startup, Laos 2 startup, dan terakhir Timor Leste 1 startup.

Di samping itu, Indonesia menjadi satu-satunya negara dari kawasan Asia Tenggara yang masuk dalam jajaran 10 negara dengan jumlah startup terbanyak per April 2022. Tepatnya, Indonesia menduduki posisi ke-5, satu tingkat di bawah Kanada yang memiliki 3.332 startup serta satu tingkat di atas Jerman dengan 2.298 startup.

Pada tingkat global, Amerika Serikat menduduki peringkat pertama negara dengan jumlah startup terbanyak yang memiliki angka fantastis mencapai 71.405 startup per April 2022. Selanjutnya, India berada di posisi ke-2 dengan 13.244 startup dan Inggris di posisi ke-3 dengan 6.258 startup.

Rekor yang ditorehkan Indonesia menjadi catatan positif yang membangkitkan optimisme bahwa Indonesia sanggup bertumbuh menjadi negara maju baik dari segi IPTEK maupun ekonomi di masa mendatang.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Sea Games Hanoi 2021: Indonesia Berangkatkan 476 Atlet dari 31 Cabor
Artikel Selanjutnya 10 Provinsi dengan Deforestasi Hutan Terbesar
Konten Terkait