Jobstreet, Situs Lowongan Kerja yang Paling Banyak Digunakan Masyarakat 2023

Dari banyaknya situs lowongan kerja di Indonesia, rupanya JobStreet menjadi situs yang paling banyak digunakan oleh para pencari kerja pada 2023

Jobstreet, Situs Lowongan Kerja yang Paling Banyak Digunakan Masyarakat 2023 Ilustrasi orang yang sedang mencari pekerjaan di internet | Andrey_Popov/Shutterstock

Mendapatkan pekerjaan yang tepat adalah keinginan para pencari kerja. Namun, mencari kerja di Indonesia bukanlah hal yang mudah. Ini karena persaingan antara para pencari kerja yang semakin ketat dan sulitnya mendapatkan informasi yang lengkap juga akurat terkait lowongan pekerjaan itu sendiri.

Hal tersebut kini dapat diatasi karena pesatnya perkembangan teknologi. Sekarang, kita dapat mengakses informasi dengan cepat melalui internet, termasuk beragam lowongan pekerjaan dan perusahaan yang cocok untuk kita.

Menurut platform survei Populix, kemajuan teknologi bahkan telah membantu banyak orang di Indonesia menemukan peluang kerja. Ini dibuktikan dari mayoritas responden (66%) yang mengaku mengetahui informasi lowongan kerja melalui situs pencari kerja.

Berdasarkan sumber informasi lainnya, ada pula responden yang mengaku mendapatkan informasi terkait lowongan kerja dari teman atau keluarga dengan persentase sebesar 58%. Kemudian, ada juga yang mendapatkannya melalui job fair dan tempat kuliah dengan persentase masing-masing sebesar 32% responden.

Daftar situs lowongan kerja yang paling banyak digunakan di Indonesia 2023 | Goodstats

Sementara, JobStreet menjadi situs lowongan kerja yang paling banyak digunakan oleh para pencari kerja dengan perolehan sebesar 82% dari total sebanyak 871 responden. Pada tahun 2022, jumlah perusahaan yang tergabung atau bermitra tercatat sudah mencapai 80 ribu dengan sebelas juta pencari kerja yang terdaftar.

Diikuti oleh LinkedIn dan Jobs.id dengan proporsi masing-masing sebesar 61% dan 33% responden. Selanjutnya, Karir.com menempati peringkat keempat dengan persentase mencapai 29% responden. Ini disusul oleh Glints dan Kalibrr dengan persentase masing-masing sebanyak 25% dan 16% responden.

Mengutip data dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah angkatan kerja nasional per Februari 2023 sudah mencapai 146,62 juta orang. Angka ini naik sebanyak 2,61 juta dibandingkan pada periode Februari 2022. Sementara, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) naik sebanyak 0,24% poin.

Adapun, penduduk yang sudah bekerja mencapai 138,63 juta orang di Indonesia pada Februari 2023, naik sebesar 3,02 juta dari Februari 2022. BPS mencatat, lapangan pekerjaan yang mengalami peningkatan terbesar adalah sektor penyediaan akomodasi dan penyediaan makan minum serta aktivitas jasa lainnya, dengan masing-masing meningkat sebesar 0,51 juta orang.

Dilaporkan, rata-rata gaji bersih pekerja formal di Indonesia sebesar Rp3,07 juta perbulan pada tahun 2022 menurut laporan BPS. Sementara, sektor jasa keuangan dan asuransi menjadi lapangan kerja dengan rata-rata gaji tertinggi di Indonesia, yakni mencapai Rp5,18 juta per bulan.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Memantau Keakraban Anak Indonesia dan Internet

Dengan internet yang semakin akrab dengan anak-anak Indonesia, pengawasan dari semua pihak sangat dibutuhkan.

Kasus DBD di DKI Jakarta Melonjak pada Maret 2024

Terdapat 3.875 kasus DBD di DKI Jakarta, enam meninggal dunia akibatnya. Kenaikan kasus DBD tidak hanya terjadi di Jakarta, melainkan di seluruh Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X