Jendela Transfer Musim Dingin 22/23 Resmi Ditutup, Ini 5 Transfer dengan Nilai Termahal!

TransferEnzo Fernandez dari klub Portugal, Benfica ke Chelsea ini menjadi yang termahal pada bursa transfer musim dingin kali ini.

Jendela Transfer Musim Dingin 22/23 Resmi Ditutup, Ini 5 Transfer dengan Nilai Termahal! Penyerang anyar Liverpool, Cody Gakpo | Getty Images

Jendela transfer musim dingin 2022/2023 resmi berakhir pada Selasa (31/1) lalu. Banyak klub top Eropa yang "jor-joran" melakukan transfer pemain untuk meningkatkan performa timnya setidaknya hingga musim berakhir, khususnya pada liga sepak bola terbaik di Inggris, Premier League.

Hal tersebut ditunjukkan dengan catatan aktivitas transfer pemain dengan nilai termahal pada bursa transfer kali ini yang didominasi oleh transfer pemain ke Liga Inggris. Bahkan, 9 dari 10 nilai transfer termahal kali ini adalah transfer ke Liga Inggris, sementara satu lainnya adalah transfer pemain bernama Vitinha ke klub Ligue 1 Prancis, Marseille.

Chelsea menjadi salah satu klub yang dapat disebut "memborong" pemain pada jendela transfer kali ini. Kurang lebih terdapat delapan pemain yang baru saja berseragam biru pada transfer kali ini, seperti Malo Gusto, Noni Madueke, Benoit Badiashile, hingga yang paling anyar, Enzo Fernandez dari Benfica yang mencatatkan nilai transfer termahal sedunia.

Aktivitas borong pemain yang Chelsea lakukan kali ini tidak lain untuk meningkatkan performa timnya, sekaligus mengangkat pasukan London Biru yang saat ini menduduki posisi 10 besar klasemen ke posisi papan atas. Lalu, siapa sajakah lima besar aktivitas transfer dengan nilai termahal pada edisi musim dingin 22/23 kali ini?

5 transfer pemain musim dingin 22/23 dengan nilai termahal | GoodStats

1. Enzo Fernandez ke Chelsea = 121 juta Euro

Enzo Fernandez saat masih berseragam Benfica | Maciej Rogowski Photo/Shutterstock

Transfer pemain berusia 22 tahun dari klub Portugal, Benfica ke Chelsea ini menjadi yang termahal pada bursa transfer musim dingin kali ini. Gelandang tengah asal Argentina ini dibanderol dengan nilai transfer sebesar 121 juta Euro atau sekitar Rp1,9 triliun.

Padahal, nilai pasar Enzo saat ini berada pada angka 55 juta Euro. Pemain yang baru bergabung ke Benfica pada Juni 2022 lalu tersebut telah membukukan total 17 penampilannya bersama As Aguias di Liga Portugal dengan catatan 1 gol dan 5 asis. Sebelumnya, Enzo aktif bermain di Liga Argentina bersama River Plate dan Defensa.

2. Mykhaylo Mudryk ke Chelsea = 70 juta Euro

Mykhaylo Mudryk langsung menjalani debutnya bersama Chelsea saat menjamu Liverpool (21/1) lalu | Getty Images

Winger kiri andalan klub Ukraina, Shaktar Donetsk ini diboyong ke Chelsea dengan banderol 70 juta Euro atau sekitar Rp1,1 triliun. Nilai pasar Mudryk saat ini berada pada kisaran angka 40 juta Euro.

Pemain berumur 22 tahun ini telah mencatatkan 18 penampilan bersama Shaktar Donetsk. Selain itu, ia juga telah mencetak 10 gol dan 8 asis dengan rincian 7 gol di liga domestik dan 3 gol sisanya pada ajang Liga Champions Eropa.

Mudryk telah melakukan debutnya bersama Chelsea kala imbang melawan Liverpool sebagai pemain pengganti. Pemain bernomor punggung 15 tersebut masuk pada menit ke-55 menggantikan gelandang Lewis Hall.

3. Anthony Gordon ke Newcastle United = 45,6 juta Euro

Aksi Anthony Gordon saat masih berseragam Everton | IOIO IMAGES/Shutterstock

Klub yang saat ini sedang bertengger di posisi tiga besar Liga Inggris, Newcastle United berhasil memboyong salah satu pemain muda andalan Everton, Anthony Gordon dengan banderol 45,6 juta Euro atau sekitar Rp741 miliar. Gordon saat ini menduduki posisi winger kiri.

Untuk Everton, Gordon telah mencatatkan total 18 penampilannya dengan rincian 16 caps di Liga Inggris dan satu masing-masing sisanya di ajang FA Cup dan EFL Cup. Dari total 18 penampilan tersebut, ia berhasil mencetak tiga gol dari 386 menit bermainnya. Sebagai pemain anyar, Gordon berpotensi dimainkan klub berjuluk The Magpies tersebut pada laga melawan West Ham United di pekan ke-22 Liga Inggris musim 22/23.

4. Cody Gakpo ke Liverpool = 42 juta Euro

Cody Gakpo telah mencatatkan lima penampilannya bersama The Reds setelah berseragam Liverpool pertengahan Januari lalu | Liverpool

Setelah sebelumnya nama Gakpo terus dikaitkan dengan beberapa klub Liga Inggris seperti Manchester United pascatampil apik di gelaran Piala Dunia 2022, akhirnya Liverpool berhasil meminangnya dengan nilai transfer sebesar 42 juta Euro atau sekitar Rp683 miliar.

Penyerang yang saat ini memiliki nilai pasar sebesar 60 juta Euro tersebut bahkan telah lima kali bermain bersama The Reds (2 laga Liga Inggris dan 3 laga FA Cup) pada laga pekan ke-20 dan 21 melawan Brighton dan Chelsea. Sayangnya, pada dua laga tersebut Liverpool belum bisa meraih kemenangan dan mencetak satu gol pun karena harus kalah 3-0 melawan Brighton dan imbang dengan skor kacamata melawan Chelsea.

Sewaktu bermain bersama PSV Eindhoven di Eredivisie sejak 2018, Gakpo berhasil mencatat 106 penampilan dan membukukan 36 gol beserta 39 asis dari total 6.551 menit bermainnya. Pada ajang Europa League, ia juga berhasil mencetak 6 gol dan 4 asis dari total 17 penampilannya bersana PSV.

5. Benoit Badiashile ke Chelsea = 38 juta Euro

Aksi debut Benoit Badiashile bersama Chelsea | Getty Images

Bek tengah andalan Monaco di Ligue 1, Benoit Badiashile berhasil diboyong ke Chelsea dengan banderol sebesar 38 juta Euro atau sekitar Rp660 miliar. Pemain berusia 21 tahun tersebut telah bermain sebanyak 16 kali dan mencetak dua gol pada musim ini bersama Monaco.

Setelah dipinang, Badiashile telah tampil sebanyak dua pertandingan pada laga pekan ke-20 dan 21 melawan Crystal Palace dan Liverpool. Berkat performa apiknya, Chelsea berhasil melakukan nirbobol pada dua laga tersebut. Pemain berkebangsaan Prancis ini berpotensi kembali dimainkan kala Chelsea menjamu Fulham pada laga pekan ke-22 Liga Inggris Jumat (3/2) ini.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Cek Daftar Tim Tersukses di Piala Asia U-23, Ada Calon Lawan Indonesia?

Indonesia yang berstatus debutan tergabung di Grup A Piala Asia U-23 2024 bersama tuan rumah Qatar, Yordania, dan Australia, 3 tim langganan di turnamen ini.

Timnas Sepakbola Indonesia Juara Skuad Termahal di ASEAN

Tim Nasional Sepak Bola Indonesia menduduki peringkat teratas market value termahal di ASEAN. Hal ini tidak lepas dari maraknya kebijakan naturalisasi.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X