GoodStats
Pencarian
Masuk

Inilah Jenis Startup yang Paling Menarik Perhatian Investor di ASEAN

Pada tahun 2022, jumlah startup di ASEAN telah menembus 1.920 perusahaan. Beberapa sektor startup sukses menggaet perhatian dalam jumlah besar dari investor.

Inilah Jenis Startup yang Paling Menarik Perhatian Investor di ASEAN Ilustrasi investasi startup | DC Studio/Shutterstock

Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) merilis laporan teranyar ASEAN Investment Report 2022. Berdasarkan data dari laporan tersebut, jumlah startup di kawasan ASEAN mengalami pertumbuhan yang pesat dari 652 startup pada tahun 2015 melesat ke angka 1.920 startup pada 2022.

Sebanyak 46 startup di ASEAN telah memasuki status Unicorn. Singapura mencatatkan jumlah startup terbanyak di ASEAN dengan raihan 1.157 startup pada tahun 2022. Sementara itu, Indonesia menyusul di posisi berikutnya dengan total 285 startup pada tahun 2022 dengan 14 di antaranya merupakan startup Unicorn.

Berbicara mengenai sektor startup yang paling banyak menerima pendanaan, financial technology (fintech) menduduki peringkat pertama dengan total 31 startup memperoleh pendanaan pada tahun 2022.

Sektor startup paling banyak menarik perhatian investor di ASEAN berdasarkan jumlah startup yang memperoleh pendanaan pada tahun 2022 | GoodStats

Berikutnya, sektor eCommerce menempati peringkat ke-2 dengan total sebanyak 24 startup di bidang ini memperoleh pendanaan pada tahun 2022. Beralih ke posisi ke-3 diraih oleh sektor layanan business-to-business (B2B) dengan raihan 17 startup memperoleh pendanaan.

Daftar sektor usaha startup lainnya di ASEAN yang turut menarik perhatian investor sepanjang tahun 2022 antara lain ialah layanan pengiriman barang (8 startup), produksi konten atau hiburan (8 startup), layanan kesehatan digital (6 startup), energi bersih (3 startup), serta layanan edukasi digital (3 startup).

Sementara itu, bila menilik data jumlah startup yang berhasil memperoleh pendanaan paling banyak di ASEAN diraih oleh Singapura dengan total 52 startup berhasil menarik investor pada tahun 2022.

Diikuti oleh Indonesia di posisi ke-2 dengan total 23 startup memperoleh pendanaan. Sementara itu posisi ke-3 dan ke-4 masing-masing diraih oleh Malaysia serta Thailand dengan jumlah yang sama yakni sebanyak 8 startup memperoleh pendanaan.

Selain itu, Vietnam, Filipina, dan Myanmar secara berurutan menempati posisi berikutnya dengan raihan 5 startup untuk Vietnam serta 2 startup untuk Filipina dan Myanmar dari daftar startup di ASEAN yang berhasil memperoleh pendanaan sepanjang tahun 2022.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Daftar Kota Di Dunia dengan Opsi Menu Vegan Terbanyak 2021
Artikel Selanjutnya Aksara Paku, Aksara Pertama yang Diciptakan Manusia dalam Sejarah
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook