Inilah Daftar Lengkap Negara Lolos 16 Besar Piala Dunia U17 2023

Babak penyisihan Piala Dunia FIFA U-17 2023 telah selesai dipertandingkan

Inilah Daftar Lengkap Negara Lolos 16 Besar Piala Dunia U17 2023 Timnas Indonesia | Foto: PSSI

Babak penyisihan pada ajang Piala Dunia FIFA U-17 2023 telah selesai dipertandingkan. Ajang olahraga sepak bola muda terbesar di dunia ini bertuan rumah di Indonesia. Karena hal tersebut, maka Indonesia bertanding di Piala Dunia FIFA U17 untuk pertama kalinya. Hal ini cukup membanggakan dan diharapkan akan meningkatkan pengalaman sepak bola tanah air di kancah internasional.

Indonesia sendiri tergabung dalam grup A, bersama squad dari Maroko, Ekuador, Panama. Dalam perjalanannya, Indonesia tidak lolos ke babak 16 besar. Dalam tiga pertandingan penyisihan, Indonesia tercatat seri sebanyak dua kali, serta kalah sekali melawan Maroko.

Sebenarnya, Indonesia berpeluang masuk ke babak 16 besar, melalui jalur peringkat ketiga terbaik. Akan tetapi, langkah tersebut harus kandas karena di tabel peringkat ketiga terbaik, Indonesia masih harus berpuas diri, karena berada di posisi paling bawah dengan perolehan 2 poin.

Negara Lolos 16 Besar Piala Dunia U17 2023

Terdapat 16 negara yang lolos ke babak gugur selanjutnya. Dalam daftar tersebut, tim dengan perolehan gol tertinggi adalah squad dari Inggris. Tim ini tercatat telah mencetak gol sebanyak 13 kali selama babak penyisihan grup.

Pada perolehan gol yang sama, squad dari Brazil juga menduduki posisi teratas, dengan sama-sama mencetak gol sebanyak 13 kali. Di bawah kedua negara ini, terdapat Iran dan Jerman yang sama-sama telah mencetak 9 gol selama babak penyisihan grup.

Di peringkat kelima dan keenam, squad seperti Mali dan Argentina telah mencetak 8 gol, dilanjut Perancis dan Meksiko yang telah mencetak 7 gol.

Selain kedelapan negara di atas, negara lainnya yang lolos babak 16 besar Piala Dunia U17 2023 adalah sebagai berikut:

  • Senegal (6 gol)
  • Maroko (5 gol)
  • Spanyol (5 gol)
  • Uzbekistan (5 gol)
  • Amerika Serikat (5 gol)
  • Venezuela (5 gol)
  • Ekuador (4 gol)
  • Jepang (4 gol)

Tanggapan Pelatih Bima Sakti Atas Tidak Lolosnya Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia U17 Bima Sakti mengatakan bahwa hasil Indonesia sudah merupakan hasil yang terbaik, dan dianggap telah menjadi langkah pertama memajukan sepak bola Inodnesia ke persaingan level dunia.

"Pesan moralnya adalah dengan Piala Dunia ini semoga sepak bola kita lebih berkembang. Kami berharap mereka tetap semangat karena nanti mereka akan dipersiapkan untuk Timnas Indonesia U-19 atau U-20," kata Bima Sakti dalam sebuah keterangan yang dimuat oleh Jawa Pos Radar Solo.

Bima Sakti juga menambahkan bahwa Timnas Indonesia haruslah tetap tidak berkecil hati atas hasil tersebut, serta mengingatkan bahwa perjalanan karier persepakbolaan para pemain Timnas U17 Indonesia masihlah sangat panjang. Masih banyak yang bisa dijadikan bahan evaluasi untuk umur-umur yang lebih senior.

“Jadi, tidak boleh berkecil hati atau berputus asa. Kemarin ada banyak pengalaman yang mereka dapat bahwa sepak bola level dunia memang harus kita pelajari dari mereka. Kesempatan mereka untuk berkembang dan lebih baik lagi untuk sepak bola Indonesia masih sangat terbuka lebar sekali,” tambah Bima Sakti, yang juga dimuat oleh Jawa Pos Radar Solo.

Stadion Tempat Pertandingan 16 Besar

Babak 16 besar akan dimulai pada tanggal 20 November 2023, di Stadion Manahan Surakarta. Terdapat dua pertandingan di stadion dan di tanggal tersebut. Pada tanggal 21 November, pertandingan diadakan di Stadion Jalak Harupat Bandung, dan di Stadion Gelora Bung Karno Surabaya. Pertandingan lainnya diadakan di 22 November di Jakarta International Stadium.

Penulis: Pierre Rainer
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Jelang Olimpiade Paris, Negara Mana yang Paling Jaya di Ajang Ini?

Sebelum menyaksikan Olimpiade Paris tahun ini, mari menilik para juara di masa lalu.

Perpanjang Kontrak dengan Red Spark, Gaji Megawati Naik Hingga $150.000

Megawati resmi memperpanjang kontraknya bersama Red Sparks dan mendapat kenaikan gaji hingga US$150 ribu atau setara dengan Rp2,4 miliar.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X