Ini Sederet Alasan Orang Indonesia Menggemari K-pop

Berdasarkan laporan dari Tirto.id, musik atau lirik lagu merupakan alasan terbesar bagi masyarakat dalam menyukai K-pop.

Ini Sederet Alasan Orang Indonesia Menggemari K-pop Ilustrasi penggemar ketika menonton konser artis K-pop | Boontoom Sae-kor/Shutterstock

Korean pop atau K-pop merupakan sub-genre yang berasal dari Korea Selatan. Pengaruh K-pop bahkan memiliki resonasi budaya yang lebih besar daripada yang terlihat. K-pop berhasil menghubungkan orang-orang di dunia melalui kesukaan bersama terhadap musik dan budaya Korea Selatan.

Saking populernya K-pop, bahasa Korea bahkan menjadi salah satu bahasa dengan pertumbuhan paling cepat di dunia, melampaui bahasa China. Menurut data dari platform pembelajaran Duolingo, bahasa Korea menjadi bahasa ketujuh berdasarkan bahasa yang paling banyak dipelajari pada tahun 2022.

Ragam alasan utama masyarakat menggemari K-pop | Goodstats

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Tirto.id, musik atau lirik lagu merupakan alasan terbesar masyarakat Indonesia menggemari K-pop. Persentase responden yang memilih alasan tersebut mencapai 77,15 persen.

Berikutnya, sebanyak 71,45 persen responden mengaku bahwa penampilan artis K-pop merupakan alasan utama mereka menyukai K-pop. Diikuti oleh sederet alasan lainnya, seperti koreografi (66,76 persen), visual (61,07 persen), karakter personil dalam grup (57 persen), serta lainnya (1,08 persen).

Adapun, survei tersebut berlangsung pada periode 19-20 Desember 2022 dengan melibatkan sebanyak 1.500 responden. Rentang usia responden yang mengisi survei adalah kisaran 15-39 tahun. Mayoritas responden tercatta berusia 20-25 tahun, dengan proporsi mencapai 33,40 persen dari total responden.

Selain itu, Tirto.id juga mengungkapkan berbagai hal positif yang bisa didapatkan ketika menyukai K-pop menurut masyarakat. Mayoritas responden atau 67,21 persen mengatakan bahwa K-pop bisa menjadi obat untuk menghilangkan stres. Sebanyak 66,67 persen responden juga mengaku bahwa mereka mendapatkan hiburan dari lagu dan music video (MV) grup K-pop favoritnya.

Sisanya, terdapat 52,21 persen responden yang bisa ikut mempelajari bahasa Korea. Ada pula responden yang mengaku mendapatkan semangat/motivasi dari K-pop serta bisa memperlajari budaya Korea dengan persentase responden masing-masing mencapai 48,60 persen dan 46,70 persen.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

ITB Masih Menjadi Pemenang di SNBT 2024: Rerata Nilai UTBK Capai 700-an

Selamat kepada 231.104 pendaftar yang lulus SNBT 2024! Berikut 10 PTN dengan rerata nilai tertinggi di SNBT 2024, apakah ada kampusmu?

Masih Berkisar di Angka 70%, Indeks Demokrasi Indonesia Termasuk Normal?

Terus alami perubahan dengan Indeks Demokrasi Indonesia yang berkisar di angka 70%. Apakah sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X