5 Liga Sepak Bola Paling Bergengsi di Dunia, Liga Premier Teratas

Berdasarkan laporan, English Premier League (EPL) merupakan liga dengan pendapatan terbesar di dunia

5 Liga Sepak Bola Paling Bergengsi di Dunia, Liga Premier Teratas Ilustrasi stadion sepak bola | Igor Link/Shutterstock

Sepak bola menjadi salah satu cabang olahraga yang paling banyak digemari oleh orang-orang di seluruh belahan dunia. Saking banyaknya penggemar, industri sepak bola dunia saling berlomba dalam mengadakan liga atau kompetisi.

Liga atau kompetisi tersebut digelar untuk mempertemukan klub-klub sepak bola, yang nantinya akan saling memperebutkan gelar juara. Tak hanya klub, liga juga menjadi ajang unjuk gigi para pemain dan pelatih dalam memperlihatkan serta mengembangkan kemampuan mereka.

Selain itu, liga sepak bola juga menyumbangkan pendapatan hingga puluhan miliar dolar pada industri olahraga glibal. Bahkan menurut studi dari Deloitte, dua puluh klub sepak bola terkaya di dunia mampu menghasilkan pendapatan hingga US$9,6 miliar pada tahun 2020, di mana pendapatan rata-ratanya berkisar US$491 juta per klub.

Eropa memiliki sejumlah liga sepak bola paling bergengsi di dunia. Berdasarkan laporan Deloitte, klub sepak bola terbesar menurut pendapatan saat ini adalah Manchester City, yang diperkirakan telah meraup pendapatan hingga €731 juta. Pertumbuhan tersebut didorong oleh peningkatan pendapatan komersial (naik €65 juta menjadi €373 juta pada 2021/2022).

Daftar 5 liga sepak bola dengan pendapatan terbesar di dunia | Goodstats

Mengutip Insider Monkey dari data Transfermarkt, liga sepak bola dengan pendapatan terbesar di dunia mayoritas berasal dari Eropa. Adapun, Liga Premier Inggris (English Premier League) menjadi liga dengan estimasi pendapatan terbesar senilai €10.9 miliar. Selain Liga Premier, liga sepak bola manakah yang mampu meraup pendapatan terbanyak? Selengkapnya, berikut daftarnya.

1. English Premier League (EPL)

Ilustrasi logo Premier League | Premier League

English Premier League (EPL) atau Liga Premier Inggris merupakan kompetisi sepak bola tertinggi dalam sistem liga asosiasi sepak bola di Inggris dan anggota dari konfederasi UEFA. Liga ini menerapkan sistem promosi dan degradasi dan diikuti oleh 20 klub Inggris.

Kompetisi ini pertama kali digelar pertama kali pada tahun 1888 dengan format Football League. Kemudian, liga Inggris melakukan re-branding dan mengganti nama menjadi EPL. Di era EPL, Manchester United masih menjadi klub dengan jumlah kemenangan terbanyak saat ini.

Liga ini menjadi salah satu kompetisi sepak bola yang paling banyak ditonton di dunia dan diadakan tiap tahunnya. Saking populernya kompetisi ini, Insider Monkey memperkirakan bahwa EPL mampu meraup pendapatan hingga €10.9 miliar.

2. La Liga

Ilustrasi logo La Liga | Sporcle

The Campeonato Nacional de Liga de Primera División, atau dikenal sebagai La Liga adalah liga sepak bola utama Spanyol. Dibentuk pertama kali pada tahun 1929, liga ini diselenggarakan secara tahunan dan diikuti oleh 20 klub sepak bola Spanyol,

La Liga merupakan kompetisi sepak bola paling bergengsi di dunia dan menjadi liga terkaya kedua setelah EPL dengan estimasi pendapatan mencapai €4.78 miliar. Dilaporkan, kompetisi ini bahkan berhasil memecahkan rekor penonton sepanjang masa pada musim 2022/2023 dengan total 15,7 juta penonton di seluruh dunia.

3. Serie A TIM

Ilustrasi logi Serie A | SoccerBibble

Serie A TIM atau yang juga biasa disebut Serie A merupakan liga sepak bola teratas di sistem liga sepak bola Italia. Kompetisi ini dibentuk pada musim tahun 1929/1930 dan telah berjalan selama lebih dari delapan puluh tahun.

Liga ini memiliki sejumlah klub-klub sepak bola yang paling populer dalam sejarah dunia, di antaranya adalah AC Milan, Inter Milan, dan Juventus. Ketiga klub tersebut merupakan anggota pendiri G-14, yang merupakan grup perwakilan klub-klub prestisius di Eropa.

Sukses menjadi salah satu kompetisi yang mampu meraih jumlah audiens/penonton terbanyak di seluruh dunia, estimasi pendapatan yang diraup liga ini tercatat mencapai €4.63 miliar.

4. Bundesliga

Ilustrasi logo Bundesliga | Broadcast

Fußball-Bundesliga atau biasa dikenal sebagai Bundesliga adalah liga teratas dalam sistem sepak bola Jerman. Liga ini memiliki total delapan belas tim. Bundesliga diikuti oleh delapan belas klub dan beroperasi dengan sistem promosi dan degradasi.

Sejak digelar pada tahun 1963 lalu, sebanyak 51 klub tercatat telah berkompetisi di liga ini. Adapun, Bayern Munich menjadi klub dengan perolehan juara terbanyak mencapai 31 gelar. Bundesliga menempati peringkat keempat dalam daftar liga terkaya di dunia dengan estimasi pendapatan sebesar €4.33 miliar.

5. Ligue 1 Uber Eats

Logo Ligue 1 Uber Eats | Ostadium.com

Ligue 1 Uber Eats atau yang biasa disebut sebagai Ligue 1 merupakan liga paling bergengsi di sistem sepak bola Prancis. Liga ini menempati peringkat kelima dalam daftar liga terkaya di dunia menurut laporan Insider Monkey dengan estimasi pendapatan mencapai €3.57 miliar.

Liga ini dibentuk pertama kali pada 1930 dan formatnya diganti pada musim 2002/2003. Ligue 1 terdiri dari 20 klub, yang mana tiga klub terbawah akan didegradasikan ke Ligue 2 dan digantikan oleh tiga klub teratas dari divisi itu.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Berapa Gaji Wasit di 5 Liga Top Eropa?

Mengutip The Athletic, gaji wasit di 5 liga top Eropa berada di kisaran US$65.780 hingga US$186.087 atau sekitar Rp1,07 miliar hingga Rp3 miliar per musimnya.

Indonesia Jadi Tim dengan Skuad Termuda di Piala Asia U-23 2024

Berdasarkan update daftar pemain Piala Asia U-23 2024 yang dirilis AFC pada Senin (15/4), skuad Indonesia U-23 punya rata-rata usia termuda yakni 21,21 tahun.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X