Ini Daerah Asal dan Tujuan Pergerakan Terbesar Pemudik Nataru, Ada Tujuanmu?

Musim libur Nataru, Jawa Timur jadi daerah asal dan tujuan pergerakan pemudik terbesar tahun ini.

Ini Daerah Asal dan Tujuan Pergerakan Terbesar Pemudik Nataru, Ada Tujuanmu? Ilustrasi pemudik | Getty Image

Libur Natal menjelang tahun baru memang menjadi puncak hari libur masyarakat untuk berwisata maupun pulang kampung untuk merayakan bersama.

Menurut hasil survei yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI melalui Badan Kebijakan Transportasi (BKT) bekerjasama dengan media, Badan Pusat Statistik (BPS), Kominfo, akademisi dan para praktisi sektor transportasi, diprediksi terdapat 107,63 juta orang yang melakukan pergerakan mudik Natal dan tahun baru (Nataru) pada 2023 ini.

Mengutip dari laman resmi Kemenhub, menurut hasil survei, mayoritas alasan masyarakat bepergian di masa libur Nataru adalah liburan ke lokasi wisata (45,29%). Kemudian liburan pulang kampung (30,15%), dan merayakan Nataru di kampung halaman (18,98%).

Melihat banyaknya pergerakan pemudik, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa diperlukan adanya persiapan langkah antisipasi pengaturan lalu lintas di titik-titik krusial, “Kami akan berkoordinasi intensif dengan pemerintah daerah, Kepolisian, pengelola jalan tol, BMKG, Badan SAR Nasional, dan unsur terkait lainnya,” ujarnya.

Daerah asal pergerakan pemudik Nataru 2023/2024 | Goodstats

Adapun daerah yang menjadi asal pergerakan pemudik terbesar yaitu, pertama Jawa Timur sebesar 16,30% (17,54 juta orang). Disusul oleh pemudik asal daerah Jabodetabek 13,76%, Jawa Tengah sebesar 13,21%, Jawa Barat 10,39%, dan Sumatera Utara dengan persentase 6,93%.

Daerah tujuan pemudik Nataru 2023/2024 | Goodstats

Sementara itu, daerah tujuan perjalanan terbesar pemudik Nataru yaitu, Jawa Timur mencapai 15,18%. Kemudian, Jawa Tengah 13,80%, Jawa Barat 11,62%, Jabodetabek 9,19%, dan D.I Yogyakarta 8,92%.

Moda transportasi umum paling banyak digunakan pemudik Nataru 2023/2024 | Goodstats

Lebih lanjut, moda transportasi umum yang paling banyak digunakan oleh pemudik didominasi oleh moda kereta api sebesar 13,16%, pesawat 11,91%, bus 10,94%, kapal penyeberangan 6,04%, dan kapal laut 3,44%.

Dengan simpul transportasi yang akan dipadati penumpang baik dari daerah asal maupun tujuan, diantaranya yaitu, Stasiun Senen, Stasiun Gambir, Stasiun Sidoarjo, Stasiun Bandung, Stasiun Tugu, Terminal Tipe A Amplas Medan, Terminal Tipe A Purbaya, Pelabuhan Penyeberangan Merak, Pelabuhan Tanjung Perak, Pelabuhan Tenau, Bandara Soekarno Hatta, dan Bandara Ngurah Rai.

Penulis: Anissa Kinaya Maharani
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Menormalisasi Skincare bagi Kaum Pria

Tidak hanya wanita, skincare dibutuhkan oleh semua kalangan, termasuk laki-laki. Bahkan penggunaan skincare justru lebih dibutuhkan oleh laki-laki.

Makin Banyak Orang Pakai Mobil Listrik Saat Mudik Lebaran, Ini Buktinya!

Berdasarkan laporan PLN, jumlah transaksi mobil listrik di stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) naik lima kali lipat saat mudik Lebaran 2024.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X