Lagi! Indonesia jadi Negara Produksi Nikel Terbesar di Dunia

Indonesia berhasil kembali menjadi negara dengan produksi nikel terbesar di dunia sebanyak 1 juta metrik ton di tahun 2021 mengalahkan Filipina dan Rusia.

Lagi! Indonesia jadi Negara Produksi Nikel Terbesar di Dunia Ilustrasi tambang nikel Sulawesi | rdp collection/ Shutterstock

Menilik survei USGS produksi nikel dunia pada tahun 2021 meningkat 7,57 persen dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2020 produksi nikel dunia berjumlah 2,51 juta metrik ton meningkat menjadi 2,7 juta metrik ton.

Negara dengan Produksi Nikel Terbesar di Dunia 2021 | Goodstats

Nikel merupakan salah satu komoditas yang penting bagi perekonomian terkhusus di Indonesia. Nikel menjadi bahan baku produksi baterai berbagai peralatan elektronik, termasuk untuk mobil listrik yang trennya kian menguat diskala global.

Menurut hasil survei USGS Indonesia berasa diperingkat pertama sebagai produsen nikel terbesar di dunia mencapai 1 juta metrik ton pada 2021 atau menyumbang 37,04 persen nikel dunia.

Disusul oleh negara Filipina yang berada diperingkat kedua dengan jumlah produksi nikel sebanyak 370 ribu metrik ton. Sementara itu diperingkat ke tiga yakni, Rusia dengan jumlah produksi nikel sebanyak 250 ribu metrik ton.

Kemudian diperingkat keempat dan kelima diisi oleh Kaledonia Baru (190 ribu metrik ton) dan Australia (160 ribu metrik ton).

Di tahun sebelumnya Indonesia juga tercatat menjadi produsen nikel terbesar di dunia sebanyak 760 ribu metrik ton. Tercatat ada 90 persen cadangan nikel Tanah Air tersebar di beberapa wilayah, yakni Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Maluku Utara.

Penulis: Nabilah Nur Alifah
Editor: Editor

Konten Terkait

Indonesia Masuk Jajaran Negara Penghasil Timah Terbesar di Dunia 2023

Timah merupakan komoditas pertambangan yang memiliki banyak kegunaan. Lantas, negara mana saja yang menjadi produsen timah terbesar di dunia?

Peningkatan Tren Penggunaan Baterai Lithium Iron Phosphate (LFP) dalam Kendaraan Listrik

Berdasarkan laporan terbaru dari International Energy Agency yang dirilis dalam Global EV Outlook 2023, tren penggunaan baterai LFP telah meningkat signifikan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X