Harga Pasar Skuad Garuda Naik Drastis!

Timnas Indonesia terus mencatat torehan baru dalam persiapannya menuju Piala Dunia 2026.

Harga Pasar Skuad Garuda Naik Drastis! Timnas Indonesia | PSSI

Per Oktober 2024, harga pasar Timnas Sepak Bola Indonesia melonjak hingga mencapai Rp411,08 miliar. Dalam data Transfermarkt, sebelumnya Skuad Garuda memiliki harga pasar Rp222 miliar.

Kenaikan drastis ini merupakan efek dari bergabungnya pemain-pemain naturalisasi dengan harga pasar cukup fantastis. Timnas Indonesia memiliki pemain paling mahal di Asia Tenggara, yaitu Mees Hilgers dengan harga pasar Rp121,67 miliar.

Bukan hanya Hilgers, sejumlah pemain lain juga tercatat memiliki harga pasar tinggi, di antaranya Thom Haye, Calvin Verdonk, Jay Idzes, Maarten Paes, dan Sandy Walsh. Keenam pemain Timnas Indonesia tersebut sekaligus menjadi 6 pemain termahal di Asia Tenggara.

Baru-baru ini, Kevin Diks bergabung dengan Skuad Garuda. Bek tengah FC Copenhagen tersebut ditaksir memiliki harga pasar Rp69,53 miliar.

Timnas Indonesia Naik Peringkat di AFC

Berdasarkan harga pasar, Timnas Indonesia menempati posisi ke-8 di antara klub AFC lainnya. Sejauh ini, Jepang memimpin dengan harga pasar mencapai Rp4.833,40 miliar.

Timnas Indonesia masuk 10 besar dengan harga pasar tertinggi I GoodStats
Timnas Indonesia masuk 10 besar tim dengan harga pasar tertinggi di Asia I GoodStats

Dengan demikian, Timnas Indonesia menjadi skuad paling mahal di Asia Tenggara. Di bawah Indonesia, ditempati Thailand dengan harga pasar Rp150,35 miliar. Setelahnya, disusul oleh Vietnam dengan Rp121,67 miliar, Malaysia dengan Rp110,81 miliar, Filipina dengan Rp80,39 miliar, dan Singapura dengan Rp63,88 miliar.

Sementara itu, berdasarkan peringkat FIFA, Indonesia menempati posisi ke-129. Di kawasan Asia Tenggara, Thailand memimpin di peringkat ke-100.

Di antara Thailand dan Indonesia, terdapat Vietnam peringkat ke-116. Posisi berikutnya diisi oleh Malaysia di peringkat ke-132 dan Filipina di peringkat ke-148.

Sedikit Menilik Sepak Bola Dunia

Sedikit melihat dunia sepak bola global, gelar klub termahal saat ini dimiliki oleh Real Madrid. Berdasarkan catatan Forbes, klub asal Spanyol tersebut memiliki harga pasar mencapai US$6,6 triliun.

Hampir menyusul Real Madrid, Manchester United memiliki harga pasar US$6,55 triliun. Kemudian, posisi ketiga ditempati oleh FC Barcelona dengan harga pasar US$5,6 triliun. Ketiga klub tersebut memiliki pemain-pemain dengan harga fantastis. Sebanyak 4 pemain Real Madrid masuk dalam 10 besar pemain termahal di dunia.

Akan tetapi, pemain termahal saat ini dipegang oleh Erling Haaland dari Manchester City. Harga pasarnya mencapai €200 juta atau sekitar Rp3,4 triliun. Di peringkat 2 hingga 4, ditempati pemain Real Madrid, yaitu Vinicius Junior, Jude Bellingham, dan Kylian Mbappe. 

Baca Juga: Gimana Skenario Timnas Lolos ke Piala Dunia 2026?

Penulis: Ajeng Dwita Ayuningtyas
Editor: Editor

Konten Terkait

Tren Naturalisasi Timnas Indonesia di Ragam Era Ketum PSSI

Sebelum era kepemimpinan Erick Thohir, pemain naturalisasi juga banyak berperan bagi Timnas Indonesia di era kepemimpinan Djohar Arifin.

Daftar Klub Sepak Bola Tertua di Indonesia, Ada yang Lebih dari 100 Tahun!

Ini dia jajaran klub bola tertua di Indonesia! Meskipun sama-sama senior, nasib yang dialami klub-klub ini cukup berbeda.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook