Gulai Hingga Sayur Lodeh Masuk Jajaran 100 Best Rated Soup in The World

Enam kuliner Indonesia berhasil masuk jajaran 100 best rated soup in the world menurut TasteAtlas.

Gulai Hingga Sayur Lodeh Masuk Jajaran 100 Best Rated Soup in The World Kuliner Indonesia | Shutterstock

TasteAtlas kembali merilis pemeringkatan kuliner, baik makanan dan minuman. Melalui lamannya, TasteAtlas mendefinisikan sebagai ensiklopedia rasa dari hidangan tradisional, bahan-bahan lokal dan restoran otentik di seluruh dunia.

Telah membuat lebih dari 10 ribu katalog makanan dan minuman, TasteAtlas menyatakan masih ada ribuan makanan yang belum diteliti dan dipetakan di beberapa wilayah atau kota di seluruh dunia.

Dari publikasi tahun ini, TasteAtlas telah melakukan pemeringkatan yang terdiri dari 25 kategori. Dari kategori sup, olahan seafood, makanan pendamping dan masih banyak lagi.

Dalam kategori makanan sup, ditemukan sejumlah kuliner Indonesia yang dinobatkan dengan best rated atau penilaian terbaik. Berikut adalah daftar kuliner Indonesia tersebut.

Daftar Kuliner Indonesia yang Masuk 100 Best Rated Soup | Zizi/Goodstats

1. Gulai

Ilustrasi Gulai | Shutterstock

Gulai merupakan jenis hidangan berbahan dasar daging dengan perpaduan rempah dan gurihnya santan. Daging yang dapat diolah menjadi gulai pun beragam. Mulai dari sapi, kambing, ayam bahkan ikan.

Olahan asal Sumatra ini, menempati peringkat ke 20 dalam best rated soup in the world. Dalam pencapaian tersebut, gulai telah meraih penilaian 4,5 dari 5.

2. Rawon

Ilustrasi Rawon | Shutterstock

Rawon adalah olahan berbahan dasar daging sapi dengan bumbu kunci berupa kluwek. Bumbu kunci tersebut yang kemudian membuat kuah dari rawon menjadi berwarna hitam.

Kuliner khas Jawa Timur ini menempati posisi ke 22 dalam pemeringkatan dunia dengan penilaian yang sama, yakni 4,5 menurut TasteAtlas. Pada umumnya, rawon disajikan dengan menu pelengkap seperti telur asin, tauge dan sambal.

3. Soto

Ilustrasi Soto | Shutterstock

Soto adalah salah satu kuliner yang telah populer di masyarakat Jawa. Dioleh dengan kaldu daging dan rempah pilihan. Pada perkembangannya, daging yang digunakan pun dapat berupa ayam, dan daging, bahkan jeroan.

Bagi sebagian orang, menikmati soto menjadi tidak lengkap apabila tidak didampingi dengan jeruk nipis, irisan kubis, tauge dan sambal. Dari perpaduan kuah kaldu, daging dan menu pendamping tersebut, Soto menjadi sup dengan penilaian terbaik di dunia berada pada peringkat 36. Adapun penilaian yang diperolehnya sebesar 4,4 dari 5.

4. Soto Betawi

Caption

Berbeda dengan soto sebelumnya, soto betawi merupakan olahan berbahan dasar daging dan jeroan yang dibalut dengan bumbu rempah serta santan. Kuliner ini diyakini berasal dari Jakarta, khususnya khas masyarakat suku Betawi.

Biasa disajikan dengan irisan tomat, acar dan kerupuk emping. Soto betawi menempati peringkat ke 40 sebagai kategori sup dengan nilai terbaik di dunia. Adapun nilai yang diperoleh adalah 4,4 dari 5.

5. Mi Kocok Bandung

Ilustrasi Mi Kocok Bandung | Shutterstock

Sesuai namanya, kuliner ini berasal dari Bandung, Jawa Barat. Diolah dengan kolaborasi antara irisan daging sapi, jeroan atau bakso dan mi kuning pipih serta kaldu sapi being.

Mi kocok bandung berhasil meraih peringkat ke 48 dari 100 sup dengan nilai terbaik di dunia. Adapun nilai yang berhasil didapatkan adalah 4,4 dari 4,5.

6. Sayur Lodeh

Ilustrasi Sayur Lodeh | Shutterstock

Kuliner terakhir berada di posisi ke 73 dari 100 sup dengan nilai terbaik di dunia. Sayur lodeh berhasil meraih nilai 4,3 dari 5.

Hidangan ini adalah hasil olahan beragam sayur yang dipadukan dengan kuah santan dan rempah pilihan. Pada umumnya, sayur lodeh memiliki cita rasa yang gurih dan pedas.

Penulis: Galih Ayu Palupi
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Jumlah Cadangan Emas Negara Asia Tenggara, Indonesia Peringkat Berapa?
Artikel Selanjutnya Efektivitas Jam Kerja di Indonesia, Perlukah Dievaluasi?
Konten Terkait