Gregoria di 2023: Berprogres di 5 Turnamen Terakhir, Juara di Spain Masters 2023!

Performa Jorji di tahun 2023 ini memang terus mengalami progres yang signifikan

Gregoria di 2023: Berprogres di 5 Turnamen Terakhir, Juara di Spain Masters 2023! Potret atlet tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung | Humas PBSI

Atlet bulu tangkis nomor tunggal putri terbaik Indonesia saat ini, Gregoria Mariska Tunjung baru saja menjuarai turnamen Madrid Spain Masters 2023. Wanita yang akrab disapa Jorji ini berdiri di podium tertinggi setelah mengalahkan unggulan kedua dunia asal India, Pusarla V. Sindhu dengan skor 21-8 dan 21-8.

Performa Jorji pada turnamen ini memang cukup impresif. Pada babak 32 besar, Jorji berhasil mengalahkan wakil Skotlandia Kirsty Gilmour dua gim langsung denga skor 21-19 dan 21-12. Di 16 besar, Jorji mengalahkan wakil Korea Selatan Kim Gaeun dengan skor 12-21, 21-14, dan 23-21.

Pada babak perempat final, Jorji berhasil mengandaskan wakil Denmark Line Christophersen dengan skor 10-21 dan 17-21. Sebelum bertemu Sindhu, Jorji berhasil memulangkan tunggal putri nomor 7 dunia asal Spanyol, Carolina Marin dengan skor 21-10, 15-21, dan 10-21.

Gelar ini merupakan raihan pertama Jorji setelah terakhir juara pada Finnish Open 2018 yang berstatus International Challenge. Bahkan, Jorji sendiri kaget dengan performanya yang konsisten dalam tur Eropa kali ini.

"Rasanya senang sekali bisa berdiri di podium tertinggi. Ini penantian panjang setelah terakhir (juara) di tahun 2018. Butuh waktu lama sekali untuk kembali ke sini, jadi saya benar-benar bersyukur," kata Gregoria dilansir CNN Indonesia Minggu (2/4).

"Sindhu baru kembali dari cedera dan kita semua tahu tadi belum menjadi penampilan terbaiknya. Tadi, saya hanya coba mengeluarkan permainan saya, tidak menyangka laganya seperti itu. Saya sendiri jujur kaget dengan hasil yang lumayan konsisten di tur Eropa ini," lanjutnya.

Performa Jorji di tahun 2023 ini memang terus mengalami progres yang signifikan. Meskipun tidak terlalu mentereng pada beberapa tahun terakhir, Jorji berhasil mulai mengembalikan kepercayaan dirinya pada 5 turnamen terakhir di 2023 sebelum Spain Masters 2023.

Pada Malaysia Open dan India Open 2023 Januari lalu, Jorji hanya berhasil menembus babak 16 besar. Namun, dirinya berhasil menutup Januari dengan posisi perempat final di turnamen Indonesia Masters 2023.

Performa Gregoria dalam 6 turnamen terakhir di 2023 | GoodStats

Performa positif Jorji pada tur Eropa kali ini diawalinya pada gelaran All England 2023 yang berhasil membawanya ke babak perempat final. Terus mengalami peningkatan, Jorji berhasil menembus babak semifinal pada ajang Swiss Open 2023 tepat sepekan sebelum Spain Masters 2023.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Hasil Indonesia Open 2023: Satu-Satunya Wakil Indonesia di Final Belum Berhasil Juara

Satu-satunya wakil Indonesia di final, Anthony Sinisuka Ginting harus takluk dari pemenang tunggal putra 2 edisi terakhir asal Denmark, Viktor Axelsen

Meski Belum Juara Lagi Selama 10 Edisi, Gelar Indonesia di Tunggal Putra Indonesia Open Masih Jadi yang Terbanyak

Indonesia memang belum berhasil meraih podium tertinggi di nomor tunggal putra setelah terakhir kali dicatatkan oleh Simon Santoso pada edisi 2012 lalu

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X