Gemerlap Tim Paling Mewah di Piala Asia 2023

Korea Selatan tercatat menjadi tim dengan skuad paling mewah. Per Mei 2023, nilai skuad Korsel mencapai 174,83 juta euro

Gemerlap Tim Paling Mewah di Piala Asia 2023 Skuad Korea Selatan tercatat menjadi tim paling mewah di Piala Asia 2023 | Jaichen/Shutterstock

Piala Asia 2023 di Qatar akan berlangsung pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024 mendatang. Sebanyak 24 negara Asia termasuk Timnas Indonesia akan bersaing dalam turnamen paling bergengsi di sepak bola Asia ini.

AFC dan LOC juga telah mengonfirmasi bahwa turnamen ini akan digelar di delapan stadion, enam di antaranya adalah tempat penyelenggaraan Piala Dunia Qatar 2022, yaitu:

  • Stadion Al Janoub,
  • Stadion Al Bayt,
  • Ahmed Bin Ali Stadion,
  • Stadion Al Thumama,
  • Stadion Kota Pendidikan,
  • Stadion Internasional Khalifa serta Stadion Jassim bin Hamad, dan
  • Stadion Abdullah bin Khalifa.

Piala Asia 2023 akan berlangsung selama 30 hari atau lebih lama dua hari dari edisi 2019 di Uni Emirat Arab. Langkah ini dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk menambah pengalaman bagi para fan selama di Qatar.

Salah satu hal yang menarik dari gelaran Piala Asia 2023 adalah nilai pasar tim. Korea Selatan tercatat menjadi tim dengan skuad paling mewah. Per Mei 2023, nilai skuad Korsel mencapai 174,83 juta euro. 

Selain tim termahal, Korsel juga menyumbang pemain termahal di Asia. Yang mana ia adalah bintang Tottenham Hotspurs, Son Heung Min dengan martket value 60 juta euro.

Selisih tipis, peringkat selanjutnya diisi Jepang dengan nilai skuad 166,58 juta euro. Tak heran, mengingat banyak pemain Jepang yang menjadi pilar penting di klub Eropa seperti Kubo (Real Sociedad), Mitoma (Brighton), Kamada (Frankfrut), dan Tomiyasu (Arsenal).

Untuk negara ASEAN, Thailand jadi yang paling mewah dengan 9,08 juta euro. Sementara Indonesia berada di urutan 14 Asia dan 2 ASEAN dengan nilai 7,20 juta euro.

 

Penulis: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Daftar Harga Pemain Timnas Indonesia Versi Transfermarkt, Thom Haye Termahal

Menurut perhitungan laman Transfermarkt, nilai pasar terbaru Thom Haye mencapai Rp52,14 miliar, tertinggi di skuad Timnas Indonesia saat ini.

Jelang Indonesia vs Vietnam, Cek Poin FIFA Terkini Indonesia

Jika menang kandang dan tandang, Indonesia dapat bertengger di peringkat empat Asia Tenggara. 26 pemain diturunkan, dua sedang proses naturalisasi.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X