Forbes Rilis Daftar Bank Terbaik di Indonesia, Siapa di Puncak?

Dari 20 besar daftar bank terbaik di Indonesia yang dirilis Forbes, Bank Central Asia (BCA) menduduki posisi teratas.

Forbes Rilis Daftar Bank Terbaik di Indonesia, Siapa di Puncak? Ilustrasi bangunan bank | Creative Lab/Shutterstock

Sebagai salah satu lembaga yang menyediakan berbagai jasa keuangan, keberadaan bank dianggap cukup penting bagi sebagian besar orang. Bank umum memiliki fungsi untuk memberikan jasa-jasa dalam hal lalu lintas pembayaran bagi masyarakat.

Saat ini, Indonesia memiliki jumlah bank yang cukup banyak. Terhitung oleh Statistik Perbankan Indonesia, jumlah bank umum yang berdiri di Indonesia totalnya mencapai 107 bank (per Juli 2021). Hal ini membuat setiap bank saling berlomba memberikan pelayanan terbaiknya untuk para nasabah.

Baru-baru ini, media bisnis terkemuka asal Amerika Serikat, Forbes merilis daftar bank terbaik di 27 negara pada (13/4) lalu. Di antara 27 negara tersebut, deretan bank di Indonesia turut menjadi sorotan.

Publikasi daftar bank terbaik di dunia ini merupakan rilisan tahun keempat Forbes. Pada tahun ini media tersebut juga menggandeng salah satu perusahaan riset tersohor asal Jerman, Statista dalam penggarapannya.

Kedua pihak melakukan survei terhadap lebih dari 45 ribu nasabah bank di seluruh dunia. Penilaian ini didasarkan pada lima variabel utama, yakni kepuasan umum, biaya, layanan digital, kepercayaan, dan saran keuangan.

10 bank terbaik di Indonesia versi Forbes | Angelia Gunawan/GoodStats

Dari 20 besar daftar bank terbaik di Indonesia yang dirilis Forbes, Bank Central Asia (BCA) menduduki posisi teratas. Bank umum swasta yang didirikan pada 1957 ini memiliki total 24.603 karyawan dan lebih dari 1. 200 kantor cabang.

Dua bank asal Singapura, DBS dan United Overseas Bank berada di posisi kedua dan keempat bank terbaik di Indonesia. Kedua bank tersebut masing-masing memiliki total lebih dari 25 ribu karyawan.

Salah satu bank berstatus Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Bank Mandiri menduduki posisi ketiga. Saat ini Bank Mandiri memiliki total 37.448 karyawan. Sementara itu, Bank Syariah Indonesia dengan total 20 ribu karyawannya menyusul di posisi kelima.

Dua bank asing lain yang masuk posisi sepuluh besar antara lain Citibank (Amerika Serikat) dan HSBC Holdings (Britania Raya). Citybank berada di posisi keenam, sedangkan HSBC berada di posisi kesembilan.

Posisi tujuh dan delapan diisi oleh Bank Jago dan BCA Syariah, sedangkan Bank Negara Indonesia (BNI) berada di posisi sepuluh.

Sementara itu, peringkat 11 hingga 20 dihuni oleh Panin Bank (7.845 karyawan), Bank Rakyat Indonesia (88.184), BNC (553), Maybank (45.000), Bank DKI (3.806), OCBC NISP (5.985), CIMB Niaga (12.064), Bank Permata (7.750), Jenius (19.370), dan Bank Tabungan Pensiunan Nasional (19.370).

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya 10 Mal Terbesar di Dunia, Berapa Luasnya?
Artikel Selanjutnya Didominasi Eropa, Ini Dia Daftar Negara Terbaik untuk Perempuan
Konten Terkait