FIFA Resmi Umumkan Mulai 2025 Piala Dunia Antarklub Akan Diikuti 23 Peserta, Bagaimana Pembagiannya?

Adapun pembagian slot 32 peserta tersebut didasarkan pada nilai metrik konfederasi masing-masing

FIFA Resmi Umumkan Mulai 2025 Piala Dunia Antarklub Akan Diikuti 23 Peserta, Bagaimana Pembagiannya? Real Madrid saat merayakan juara Piala Dunia Antarklub 2022 di Maroko (12/2) | Getty Images

Asosiasi Sepak Bola Dunia (FIFA) resmi mengumumkan format baru turnamen Piala Dunia Antarklub. Jika selama ini Piala Dunia Antarklub diikuti oleh 7 peserta, per 2025 mendatang turnamen ini akan diikuti oleh 32 peserta.

"Menyusul keputusan yang diambil oleh Dewan FIFA pada Desember 2022 untuk memperluas Piala Dunia Antarklub FIFA dari 24 menjadi 32 tim, dengan edisi pertama akan berlangsung pada Juni-Juli 2025, dewan dengan suara bulat menyetujui alokasi slot masing-masing. Keputusan diamil berdasarkan seperangkat metrik dan kriteria objektif," tulis FIFA dalam rilis medianya pada Kamis (14/2).

Format baru Piala Dunia Antarklub per 2025 mendatang | GoodStats

Adapun pembagian slot 32 peserta tersebut didasarkan pada nilai metrik konfederasi masing-masing. Konfederasi benua Eropa (UEFA) mendapatkan slot klub terbanyak, yakni 12 slot.

Slot terbanyak kedua didapatkan oleh zona Amerika Selatan (CONMEBOL) yang mendapatkan 6 slot, diikuti oleh zona Concacaf (Amerika Utara dan Tengah), Afrika (CAF), dan Asia (AFC) yang masing-masing mendapatkan 4 slot tim. Sementara itu, dua slot sisa diberikan kepada wakil Oceania (OFC) dan tim tuan rumah.

Sejauh ini, Amerika Serikat merupakan tuan rumah potensial pada format baru ini sebagai ajang uji coba penyelenggaraan Piala Dunia negara pada tahun berikutnya. Selain itu, FIFA juga mengumumkan bahwa Arab Saudi terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia Antarklub 2023 yang akan berlangsung pada 12-22 Desember dengan format saat ini, yakni 7 tim peserta.

Sebelumnya, Piala Dunia Antarklub edisi 2022 dimenangkan oleh Real Madrid setelah berhasil menundukkan wakil Asia Al-Hilal dengan skor 5-3 di babak final pada Minggu (12/2) lalu. Piala Dunia Antarklub 2022 dilangsungkan pada 1-12 Februari 2023 lalu di kota Tangier dan Rabat, Maroko.

Dalam rilis yang sama, FIFA juga mengumumkan Kongres FIFA ke-73 yang akan berlangsung pada 16 Maret 2023 mendatang di Kigali, Rwanda. Selain itu, FIFA juga akan memulai penunjukkan ragam turnamen oleh Kongres FIFA seperti Piala Dunia Wanita 2027 di kuartal 2 2024, Piala Dunia 2030 di kuartal 3 2024, serta Piala Dunia Wanita 2031 pada kuartal 2 2025.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Timnas Sepakbola Indonesia Juara Skuad Termahal di ASEAN

Tim Nasional Sepak Bola Indonesia menduduki peringkat teratas market value termahal di ASEAN. Hal ini tidak lepas dari maraknya kebijakan naturalisasi.

Akhirnya! Ranking FIFA Indonesia Nomor Tiga ASEAN

Indonesia sukses akhiri rekor 20 tahun tak pernah menang di kandang Vietnam. Indonesia sukses melesat lampaui ranking Malaysia dan Filipina.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X