Menilik Elektabilitas Cawapres Pemilu 2024

Dalam simulasi 22 nama bakal cawapres, Menteri BUMN, Erick Thohir menempati posisi paling unggul dengan perolehan 18,5 persen

Menilik Elektabilitas Cawapres Pemilu 2024 Menteri BUMN, Erick Thohir. (Sumber: Bola.net)

Jelang Pilpres 2024, sejumlah nama telah teridentifikasi dan mendapat dukungan publik. Tiga teratas capres sejauh ini adalah Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto. Ketiganya memang telah mengantongi dukungan dari beberapa partai politik. Namun, dukungan pada ketiganya tampak masih belum ajeg. Hal ini menunjukkan bahwa preferensi publik juga belum ajeg, masih rentan terhadap perkembangan situasi politik maupun kondisi lain.

Kondisi ini juga terjadi di level calon wakil presiden. Sejumlah nama sudah sempat disebut-sebut akan maju dan cukup didukung oleh publik. Akan tetapi, dukungan pada para calon wakil tersebut juga masih fluktuatif, tergantung ke mana arah angin berhembus, isu apa yang sedang mengemuka dan ‘menguntungkan’ nama tertentu.

Peta elektabilitas figur potensial calon wakil presiden pilihan publik mulai berubah. Tingkat elektabilitas Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir merangkak naik, dan meninggalkan tokoh potensial lain yang selama ini unggul, yakni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Perubahan ini tidak terlepas dari kuatnya dukungan milenial dan generasi Z.

Lembaga survei Indikator Politik Indonesia (IPI) merilis survei elektabilitas calon wakil presiden (cawapres) menjelang Pemilu 2024. Survei ini digelar pada 20-24 Juni 2023 terhadap 1.220 responden. Responden diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Dari 22 nama yang dimunculkan, Menteri BUMN Erick Thohir unggul dengan perolehan elektabilitas sebesar 18,5 persen. Sementara, dalam 17 nama semi terbuka, survei menunjukkan elektabilitas Erick sebesar 19,0 persen di posisi teratas.

Sedangkan jika dikerucutkan kembali menjadi 5 nama cawapres, lagi-lagi Erick Thohir unggul dengan perolehan elektabilitas sebesar 22,9 persen.

Pada simulasi 22 nama cawapres, di posisi kedua yakni Ridwan Kamil dengan perolehan 16,9 persen. Selanjutnya pada urutan ketiga yaitu Sandiaga Salahuddin Uno dengan persentase mencapai 11,8 persen.

Selain itu, muncul juga nama lainnya yang dianggap pantas menjadi calon wakil presiden seperti Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 11,4 persen, Khofifah Indar Parawansa dengan 5,5 persen, M. Mahfud MD dengan 4,9 persen, Gibran Rakabuming Raka dengan 2,9 persen, serta Andika Perkasa dengan 2,8 persen.

Penulis: Adel Andila Putri
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

2023 Capai Angka Tertinggi Kecelakaan Lalu Lintas 5 Tahun Terakhir

Dalam 5 tahun terakhir, kecelakaan lalu lintas tertinggi terjadi pada 2023. Akan tetapi, jumlah korban meninggal dunia paling banyak berjatuhan pada 2022.

Perselisihan dan Pertengkaran jadi Faktor Utama Perceraian di Indonesia

Sering berakar dari isu yang sering dianggap sepele, perselisihan dan pertengkaran berkontribusi sebesar 61,67% terhadap kasus perceraian di Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X