5 Negara Terkecil di Dunia, Semuanya Lebih Kecil dari Wilayah Jakarta

Negara dengan luas yang besar mungkin sudah tak asing lagi di mata dunia, namun bagaimana dengan negara terkecil di dunia? Negara manakah yang termasuk?.

5 Negara Terkecil di Dunia, Semuanya Lebih Kecil dari Wilayah Jakarta Ilustrasi negara | Ingus Kruklitis/Shutterstock

Setiap negara memiliki luas, sumber daya, hingga keunikan yang berbeda-beda. Kita mungkin sudah tak asing lagi dengan negara yang terkenal akan luas wilayah yang dimilikinya, seperti Rusia dengan luas 17,09 juta kilometer persegi (km2), Kanada 9,87 juta km2, atau China 9,60 juta km2.

Jika ada negara terluas, tentunya juga ada negara terkecil di dunia. Berdasarkan data dari World Population Review 2021 dan Jagran Josh , berikut ini deretan negara terkecil di dunia.

5 Negara Terkecil di Dunia | Goodstats

1. Vatikan

Negara yang menjadi pusat dari Gereja Katolik di dunia serta memiliki tempat wisata yang luar biasa ini hanya memiliki luas 0,49 km2 saja. Luas tersebut tentunya lebih keci dibandingkan Singapura yang memiliki luas 728,6 km2, bahkan DKI Jakarta yang memiliki luas 661,5 km2. Sedangkan untuk jumlah populasi, Vatikan hanya memiliki kurang lebih 800 penduduk saja.

Negara yang menjadi destinasi ziarah ini, memiliki sistem pemerintahan Teokrasi, yakni berdasarkan agama.

2. Monako

Posisi kedua terdapat negara yang terletak di Eropa Barat, Monako hanya memiliki luas 2 km2. Negara yang dikelilingi oleh Prancis dan menghadap Laut Mediterania, terbilang memiliki penduduk cukup banyak dengan luas wilayah yang kecil, yakni sekitar 39 ribu jiwa (per 2020).

3. Nauru

Negara kepulauan terkecil di dunia yang terletak di sebelah timur Australia ini memiliki luas 20 km2 dengan jumlah penduduk 10.876 jiwa. Negara ini sempat menjadi negara dengan berpendapatan tinggi di awal 1980-an, karena menjual fosfat bermutu tinggi. Kini, negara ini menjadi sunyi sejak deposit fosfat mulai habis. 

4. Tuvalu

Negara yang terletak di antara Hawaii dan Samudra Pasifik ini memiliki luas 30 km2. Populasi di negara ini tercatat kurang lebih sekitar 11.931 jiwa. Melansir dari CNN, tinggi daratan Tuvalu sangat rendah, sehingga cukup terancam apabila air laut terus naik.

5. San Marino

Negara yang terletak di Semenanjung Italia memiliki luas 60 km2. San Marino tercatat memiliki 34.017 jiwa penduduk. Negara yang terkenal dengan sebutan Republik San Marino Paling Tenang ternyata memiliki tingkat pengangguran yang rendah. Maka dari itu, San Marino menjadi salah satu negara dengan PDB (Produk Domestik Bruto) per kapita tertinggi di Eropa.

Penulis: Brigitta Raras
Editor: Editor

Artikel Sebelumnya Status Pendidikan Perempuan Indonesia, Lebih Banyak Tamatkan Perguruan Tinggi Daripada Laki-Laki
Artikel Selanjutnya Angka Kekerasan terhadap Perempuan di Indonesia 2021 Jadi yang Tertinggi
Konten Terkait