Deretan Kampus dengan Skor Keberlanjutan Lingkungan Tertinggi di Asia 2024, Ada Indonesia?

Merujuk pada laporan QS, University of Tokyo menempati peringkat pertama dalam daftar kampus yang memiliki skor keberlanjutan lingkungan tertinggi di Asia 2024

Deretan Kampus dengan Skor Keberlanjutan Lingkungan Tertinggi di Asia 2024, Ada Indonesia? Ilustrasi seseorang sedang menanam tumbuhan | Jcomp/Freepik

Pada 5 Desember 2023, lembaga pemeringkatan universitas internasional Quacquarelli Symonds (QS) kembali memperbarui daftar universitar terbaik di dunia atau yang sering dikenal dengan World University Rankings (WUR) untuk tahun 2024.

QS telah melakukan pemeringkatan ini selama dua puluh tabun lamanya. Selama 19 tahun terakhir, QS menggunakan metode yang sama untuk mengukur kinerja universitas dunia. Namun pada studi tahun ini, QS menambahkan tiga indikator baru, yakni keberlanjutan, hasil ketenagakerjaan, dan jaringan penelitian internasional.

Pada metodologi keberlanjutan, QS memakai tiga indikator untuk menilai kinerja tiap universitas, di antaranya ialah lingkungan, sosial, dan pemerintah. Sementara, terdapat tiga indikator pada aspek lingkungan, yaitu ketahanan lingkungan, pendidikan lingkungan hidup, dan penelitian lingkungan.

“QS ingin mendukung institusi pendidikan dalam perjalanannya menuju kurikulum yang lebih berkelanjutan untuk semua dan juga mendorong transparansi, penelitian yang relevan, kesetaraan, dan mitigasi iklim,” kata Manajer QS Rankings Drew MacFarlane.

Daftar 10 teratas kampus dengan skor tertinggi dalam aspek keberlanjutan lingkungan 2024 menurut QS | Goodstats

Adapun jika ditinjau berdasarkan kawasan, University of Tokyo meraih skor tertinggi dalam aspek keberlanjutan lingkungan untuk tahun 2024 di wilayah Asia dan menempati peringkat ke-22 dalam daftar global. Merujuk laporan QS, skor keseluruhannya mencapai 97,5 poin, dengan capaian tertinggi pada pendidikan lingkungan sebesar 99,9 poin.

Berikutnya, ada National University of Singapore (NUS) yang meraih skor sebesar 91,2 poin pada 2024. Kampus yang didirikan pada tahun 1905 ini mendapatkan nilai sempurna pada penelitian lingkungan. Namun, kampus ini meraih skor yang relatif rendah pada pendidikan lingkungan hidup, yakni 77,2 poin.

Disusul oleh Nanyang Technological University (NTU) Singapura di posisi ketiga dengan skor mencapai 85,3 poin pada aspek keberlanjutan lingkungan. Kemudian, Seoul National University dan National Taiwan University (NTU) mengekor dengan capaian keberlanjutan lingkungan masing-masing sebesar 83 poin dan 78,3 poin.

Sementara itu, University of California, Berkeley (UCB) menempati posisi pertama dalam ranking global pada aspek keberlanjutan lingkungan dengan nilai sempurna. Berdasarkan laporan QS, UCB mendapatkan skor 96,6 poin pada ketahanan lingkungan, skor sempurna pada pendidikan lingkungan, serta 98,4 poin pada penelitian lingkungan.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

10 Bandara Paling Sibuk di Dunia

Bandara tersibuk di dunia jatuh kepada Bandara Internasional Atlanta, dengan total 104 juta penumpang di tahun 2023.

10 Bandara dengan Peringkat Terendah 2023, Ada dari Indonesia!

3 dari 10 bandara dengan peringkat terburuk di dunia ada di Indonesia, masalah utama ada pada faktor ketepatan waktu

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X