Dari One Piece Hingga Slam Dunk, Inilah Sederet Manga Terlaris Sepanjang Masa!

Berdasarkan data Comic Book Resource (CBR), One Piece merupakan serial manga terlaris sepanjang masa dengan penjualan lebih dari 516 juta eksemplar

Dari One Piece Hingga Slam Dunk, Inilah Sederet Manga Terlaris Sepanjang Masa! One Piece dinobatkan menjadi serial manga terlaris sepanjang masa | Instagram @onepiece_staff

Manga merupakan komik gaya Jepang yang telah lama populer di segala kalangan usia. Namun selama beberapa dekade terakhir, popularitas manga makin mendunia dengan jutaan penggemar di seluruh dunia yang menantikan volume terbaru dari seri favorit mereka.

Beberapa manga populer bahkan memiliki waralaba bernilai miliaran dolar melalui adaptasi anime (animasi Jepang), film, merchandise, video gim, dan lain-lain. Saking populernya, pasar manga bahkan bernilai hampir US$4,5 miliar pada tahun 2021 lalu.

Serial-serial manga populer berhasil terjual sebanyak jutaan eksemplar tiap tahunnya dan telah memiliki klub penggemarnya sendiri. Terlebih, industri ini juga semakin berkembang dan menunjukkan kreativitasnya dalam bersaing, sehingga selalu menarik minat banyak orang.

Daftar 7 serial manga terlaris sepanjang masa | Goodstats

Melansir Comic Book Resource (CBR), One Piece dinobatkan menjadi manga terlaris sepanjang masa dengan penjualan lebih dari 516 juta eksemplar pada tahun 2023. Disusul oleh Golgo 13 dan Detective Conan dengan penjualan masing-masing sebanyak 300 juta dan 270 juta eksemplar.

Selain ketiga judul di atas, CBR juga mencatat sejumlah serial manga lainnya yang juga memiliki penjualan fantastis dan berada dalam daftar manga terlaris sepanjang masa. Berikut selengkapnya.

1. One Piece

Foto anggota kelompok Bajak Laut Topi Jerami dari serial One Piece | Toei Animation

Serial manga terpopuler dan terlaris di dunia ini merupakan karya dari Eiichiro Oda yang diterbitkan pada tahun 1997 silam dan masih berlanjut hingga sekarang. Berdasarkan data dari CBR, One Piece kini telah terbit sebanyak 106 volume dan diperkirakan telah terjual sebanyak 516,6 juta eksemplar. 

Serial manga satu ini juga merupakan salah satu waralaba terlaris yang telah meraup untung lebih dari US$14,5 miliar dari manga, anime, video gim, dan merchandise-nya. Kesuksesan dan kepopuleran One Piece bahkan mengantarkan Oda meraih penghargaan Guinness World Record untuk buku komik dengan pengarang tunggal terlaris sepanjang masa.

One Piece sendiri bercerita mengenai seorang pemuda bernama Monkey D. Luffy yang bermimpi menjadi raja bajak laut selanjutnya dan mencari harta karun 'One Piece' yang legendaris. Untuk memenuhi tekadnya, ia memulai perjalanannya dengan membentuk kelompok Bajak Laut Topi Jerami (Straw Hat Pirates).

2. Golgo 13

Potret Golgo 13 | Anime News Network

Menyusul One Piece, Golgo 13 menduduki posisi kedua dalam daftar serial manga terlaris sepanjang masa versi CBR. Manga yang telah dirilis pada tahun 1968 ini menjadi salah satu serial manga paling lama dalam sejarah dan telah menerbitkan sebanyak 208 volume dengan perkiraan penjualan mencapai 300 juta eksemplar.

Serial manga karya Takao Saito ini mengisahkan petualangan Golgo 13 alias Duke Togo yang merupakan seorang pembunuh profesional legendaris yang bersedia membunuh siapa saja asalkan dengan imbalan yang tepat. Togo digambarkan sebagai pria yang dingin dan mahir dalam menggunakan senjata api. Selain itu, ia juga pintar dan memiliki pemahaman yang mendalam mengenai berbagai teknik militer.

3. Detective Conan

Potret Conan Edogawa dalam Detective Conan | Netflix

Detective Conan adalah serial manga karya Gosho Aoyama yang terbit sejak tahun 1994 dan masih berlanjut hingga saat ini. Sejak perilisan, serial manga satu ini telah menerbitkan sebanyak 102 volume dengan penjualan mencapai 270 juta eksemplar. Dengan jumlah penjualan fantastis tersebut, Detective Conan menempati posisi ketiga dalam daftar serial manga terlaris sepanjang masa versi CBR.

Adapun, manga ini menceritakan seorang detektif SMA bernama Shinichi Kudo yang tak sengaja menyusut menjadi anak kecil setelah diracun oleh sebuah organisasi kriminal misterius yang disebut sebagai Organisasi Hitam. Tidak ingin identitas aslinya terungkap, ia memakai identitas palsu sebagai Conan Edogawa untuk melanjutkan pekerjaannya sebagai detektif sekaligus menyelidiki Organisasi Hitam.

4. Dragon Ball

Potret Son Goku dari Dragon Ball | Toei Animation

Menempati posisi keempat dalam daftar serial manga terlaris di dunia, manga Dragon Ball tercatat telah terjual lebih dari 260 juta eksemplar sejak awal perilisannya. Manga karya Akira Toriyama ini sering disebut-sebut menjadi inspirasi utama bagi manga-manga Shounen modern saat ini.

Dragon Ball mengisahkan petualangan seorang pemuda bernama Son Goku yang tinggal sendirian di hutan. Suatu hari, ia bertemu dengan seorang gadis bernama Bulma dan keduanya memutuskan untuk memulai perjalanan demi mencari tujuh bola naga ajaib. Jika berhasil mengumpulkan ketujuh bola, benda ajaib tersebut dapat mewujudkan satu keinginan. 

5. Doraemon

Karakter-karakter dari serial manga Doraemon | TV-ASAHI

Doraemon merupakan serial manga anak-anak karya Fujiko F. Fujio yang terbit dari tahun 1969 hingga 1996. Sejak awal perilisannya, serial manga satu ini selalu populer dan digemari oleh banyak orang. Tak heran jika serial ini berhasil menempati posisi kelima dalam daftar manga terlaris sepanjang masa dengan total penjualan mencapai 250 juta dari sebanyak 45 volume.

Serial manga ini mengisahkan petualangan seorang robot kucing yang berasal dari masa depan bernama Doraemon. Ia dikirim kembali ke masa lalu oleh cucu Nobita Nobi untuk membantunya mengatasi berbagai kesulitan dan masalah dalam hidupnya.

6. Naruto

Potret Uzumaki Naruto | Screen Rant

Serial manga satu ini merupakan karya dari Masashi Kishimoto yang diterbitkan pada tahun 1999 dan telah berjalan selama 15 tahun sebelum berakhir pada 2014. Sejak awal perilisannya, Naruto telah menghasilkan sebanyak 72 volume dan menjual lebih dari 250 juta eksemplar menurut CBR.

Popularitas Naruto tak main-main. Serial manga ini bahkan telah menghasilkan beberapa adaptasi populer, spin-off, serta sekuel berbentuk anime, film, manga, hingga novel. Maka tak heran bila Naruto telah menjadi salah satu karakter ikonik yang berhasil memikat banyak orang di dunia.

Manga ini sendiri mengisahkan kehidupan tokoh utamanya, Naruto Uzumaki, yang tinggal seorang diri di Desa Konoha. Ia merupakan seorang ninja periang dan ambisius, yang memiliki tekad untuk menjadi seorang Hokage, pemimpin dan ninja terkuat di desanya.

7. Slam Dunk

Tim Shohoku yang sedang bertanding | Toei Animation

Slam Dunk merupakan salah satu seri manga olahraga yang paling populer di dunia. Karya dari Takehiro Inoue yang terbit pada tahun 1990 hingga 1996 ini telah berhasil mendapat apresiasi dari Asosiasi Bola Basket Jepang. Melansir CBR, total penjualan manga Slam Dunk diperkirakan mencapai 170 juta eksemplar dari total 31 volume.

Manga ini berkisah mengenai Sakuragi Hanamichi, yang awalnya adalah seorang berandalan yang telah 50 kali ditolak perempuan. Suatu hari, ia memutuskan bergabung dengan tim basket sekolahnya untuk menarik perhatian Haruko Akagi. Namun, Hanamichi justru jatuh cinta dengan basket dan menjadi salah satu anggota yang paling diandalkan dalam timnya.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

10 Bandara Paling Sibuk di Dunia

Bandara tersibuk di dunia jatuh kepada Bandara Internasional Atlanta, dengan total 104 juta penumpang di tahun 2023.

10 Bandara dengan Peringkat Terendah 2023, Ada dari Indonesia!

3 dari 10 bandara dengan peringkat terburuk di dunia ada di Indonesia, masalah utama ada pada faktor ketepatan waktu

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X