Miliki Usia 1550 Tahun, Inilah Hewan Paling Panjang Umur di Dunia

Harapan hidup manusia rata-rata ada dibawah 100 tahun tentu berbeda dengan hewan yang mampu hidup selama lebih dari 300 tahun. Apa saja hewan usia terpanjang?.

Miliki Usia 1550 Tahun, Inilah Hewan Paling Panjang Umur di Dunia Kura-kura salah satu hewan usia terpanjang di dunia | FOTOGRI/Shutterstock

Hewan atau fauna merupakan organisme eukariotik multiseluler yang membentuk kerajaan biologi animalia. Dalam cakupan klasifikasi melibatkan beragamnya jewa yang ada di dunia. Dipecah menjadi lebih dari 30 kelompok atau berbentuk filum. Hewan-hewan ini kemudian dipecah menjadi dua jenis yaitu vertebrata dan invertebrata.

Dari harapan hidup. perbedaan harapan hidup manusia dengan hewan ternyata lebih panjang usia hewan secara rata-rata. Angka harapan hidup pria Indonesia mencapai 70 tahun tahun sedangkan wanita mencapai 72 tahun. Dapat disimpulkan, harapan hidup manusia rata-rata ada dibawah 100 tahun tentu berbeda dengan hewan yang mampu hidup selama lebih dari 300 tahun.

Mayoritas hewan dengan rentang usia yang panjang biasanya hidup di perairan. Bahkan, ada hewan yang tidak diketahui pasti berapa lama usianya. Para ilmuwan menyebutnya sebagai hewan abadi karena dapat hidup sangat lama.

Daftar hewan usia terpanjang di dunia | GoodStats

Hewan memiliki usia yang beragam, mulai dari usia hewan yang paling singkat hingga paling lama. Usia hewan mampu hidup selama lebih dari 300 tahun bahkan mecapai 1000 tahun.

Hewan yang memiliki usia panjang umumnya mayoritas dari kelompok mamalia hingga invertebrata. Usia yang panjang disebabka ada faktor khusus seperti yang disampaikan Yuval Dor seorang peneliti ahli biologi molekuler menyatakan bahwa mamalia yang memiliki lebih banyak sel pankreas kecil hidup lebih lama dibandingkan sel pankreas yang besar.

Berdasarkan situs treehugger ada hewan yang memiliki usia panjang mencapai 1.550 tahun, hewan itu ialah spons antartika. Laju pertumbuhan yang lambat pada spons antartika ini yang hanya kurang dari 1 milimeter per hari berdampak pada jangka hidupnya juga lama.

Selain itu, hiu Greenland juga memiliki tumbuh yang sangat lambat hanya sebesar 1 cm per tahun, sehingga dapat hidup hingga 392 tahun. Disusul hewan yang hanya ada di Samudera Atlantik yakni cacing tabung lamellinrachia mecapai 250 tahun.

Penulis: Naomi Adisty
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Taklukkan Filipina, Bagaimana Statistik Basket Indonesia di SEA Games?
Artikel Selanjutnya Avanza Comeback! Sihir Para Konsumen Mobil Tanah Air
Konten Terkait