Beli Twitter, Berapa Jumlah Kekayaan Bersih Elon Musk?

Elon Musk sebagai orang terkaya di dunia resmi membeli Twitter dengan harga 44 miliar dolar AS atau sekitar Rp635 triliun.

Beli Twitter, Berapa Jumlah Kekayaan Bersih Elon Musk? Elon Musk | GettyImages

Elon Musk menjadi orang terkaya di dunia menuai sorotan. Kesuksesan awalnya saat mendirikan PayPal tahun 1999 sebagai perusahaan dengan sistem pembayaran internet dan kemudian dijual ke EBay pada tahun 2002 senilai 1,5 miliar dolar AS. Hingga dikenal mempunyai rekam jejak yang bagus dalam membesarkan perusahaannya dan bidang bisnis.

Menurut data dari Forbes, Elon Musk memiliki kekayaan 270 miliar dolar AS atau sekitar Rp3.872 triliun. Salah satu sumber kekayaannya dari kepemilikan sahamnya di Tesla sebesar 21 persen. Melalui itu pula, Tesla berhasil menjadi perusahaan otomotif terbesar di dunia dengan nilai kapitalisasi pasar mencapai 1,03 triliun dolar AS.

Bahkan, kini Elon Musk resmi membeli Twitter dengan harga 44 miliar dolar AS atau sekitar Rp635 triliun. Twitter yang dibelinya akan menjadi perusahaan privat, bukan lagi perusahaan publik yang melantai di bursa saham Amerika Serikat.

Pembelian Twitter bukan seutuhnya karena keuntungan uang ataupun bisnis tetapi agar media sosial Twitter tetap menjadi platform demokratis. Hal ini seperti yang disampaikan Elon Musk bahwa kebebasan berbicara adalah landasan demokrasi dan Twitter adalah alun-alun kota digital penting bagi masa depan.

Jumlah kekayaan bersih Elon Musk | GoodStats

Laporan dari Forbes Billionaires tahun 2022 tercatat total kekayaan bersih Elon Musk mencapai 219 miliar dolar AS atau setara dengan Rp3.144 triliun. Kekayaan Elon Musk meroket dibandingkan sebelum terjadi pandemi Covid-19. Salah satu penyebabnya peningkatan saham Tesla yang lebih dari 1.500 persen sejak awal tahun 2020.

Bila dilihat jumlah kekayaan Elon Musk terus meningkat dari tahun 2018 sebesar 19,9 miliar dolar AS hingga kini. Tahun 2021 jumlah kekayaan bersih Elon Musk sebesar 151 miliar dolar AS yang mengalami kenaikan sekitar 45 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Sementara tahun 2020 jumlah kekayaan bersih Elon Musk sebesar 24,6 miliar dolar AS sedangkan tahun 2019 mencapai 22,3 miliar dolar AS. Hal ini berarti kekayaan bersih Elon Musk melonjak 882 persen dibandingkan sebelum pandemi.

Penulis: Naomi Adisty
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Topik yang Sering Didiskusikan Masyarakat Jelang Idulfitri
Artikel Selanjutnya Pakaian Jadi Barang yang Paling Sering Dibeli Masyarakat Indonesia Ketika Belanja Online
Konten Terkait