Berapa Jumlah Personel Aktif Militer Negara Asia Tenggara 2022?

Selain meninjau kekuatan armada darat, laut dan udara, jumlah personel aktif militer juga menjadi salah satu tolak ukur tingkat kekuatan militer suatu negara.

Berapa Jumlah Personel Aktif Militer Negara Asia Tenggara 2022? Personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) | spotters_studio/Shutterstock

Selain meninjau kekuatan armada darat, laut, dan udara, jumlah personel aktif militer juga menjadi salah satu tolak ukur tingkat kekuatan militer suatu negara. Secara global, tercatat ada sekitar 19,83 juta personel tentara aktif yang tersebar di berbagai negara.

Kawasan Asia sendiri hampir mendominasi separuh dari jumlah personel aktif militer global dengan persentase sebesar 47 persen atau sebanyak 9,32 juta personel. Pada kawasan Asia, China unggul dengan total personel aktif militer berkisar pada angka 2,03 juta jiwa.

Mengutip dari Global Fire Power (GFP), sebanyak 9 dari 11 negara di Asia Tenggara tercatat memiliki personel aktif militer. Vietnam menjadi negara dengan jumlah personel aktif militer terbanyak di Asia Tenggara. Adapun jumlah personel aktif militer yang dimiliki Vietnam berkisar 470.000 personel.

Sementara itu Indonesia dan Myanmar menempati posisi ke-2 dan ke-3 dengan total jumlah personel aktif militer yang sama yakni sebanyak 400.000 personel, berselisih sekitar 70.000 personel dibandingkan dengan Vietnam

Thailand menyusul di posisi ke-4 dengan jumlah personel berkisar antara 350.000 jiwa. Filipina menempati posisi ke-5 dengan kisaran 130.000 personel aktif militer. Sementara, Malaysia berada di posisi ke-6 dengan total 115.000 personel.

Secara berurutan dari posisi ke-7 hingga ke-9 ialah Kamboja dengan 100.000 personel aktif militer, disusul Singapura di posisi ke-8 dengan 60.000 personel, dan terakhir Laos dengan 25.000 personel aktif militer pada tahun 2022.

Meskipun memiliki jumlah personel aktif militer yang lebih sedikit, namun jumlah kekuatan armada darat, laut, dan udara milik Indonesia dapat dikatakan lebih unggul. Indonesia mencatatkan rekor negara dengan kekuatan militer tertinggi di kawasan Asia Tenggara pada tahun 2022 dengan skor power index sebesar 0,2251.

Capaian ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang memiliki skor indeks sebesar 0,2684. Sementara secara global, Indonesia menduduki peringkat ke-15 negara dengan kekuatan militer tertinggi di dunia yang mana capaian ini juga berhasil naik 1 peringkat dari tahun sebelumnya.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya China Jadi Tujuan Utama Ekspor Nonmigas Indonesia
Artikel Selanjutnya Mengintip Anggaran Militer Negara di Asia Tenggara 2022
Konten Terkait