Belgia jadi Negara dengan Pengungsi Palestina Terbanyak

Menilik jumlah pengungsi Palestina dan korban jiwa atas konflik Israel dan Palestina yang tak kunjung usai.

Belgia jadi Negara dengan Pengungsi Palestina Terbanyak Ilustrasi Aksi Bela Palestina | Pexels/TIMO

Bulan lalu tepatnya 29 November menjadi peringatan Hari Solidaritas Internasional bagi Rakyat Palestina. Peringatan ini dimulai dari tahun 1977 oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa. Peringatan tersebut ditetapkan untuk pengharapan atas konflik Israel dan Palestina yang harus segera berdamai selama konflik yang menohok bertahun-tahun.

Permasalahan tersebut tentu menyebabkan banyak masyarakat Palestina yang merasa tidak aman untuk tinggal di Palestina yang notabenenya adalah negara “suci” bagi beberapa agama.

Menurut data World Data, pada tahun 2021 ada sebanyak 3699 masyarakat yang sudah mengungsi ke berbagai negara di belahan dunia. Di tahun 2021, Belgia menjadi negara dengan total pengungsi Palestina terbanyak dengan total pengungsi di angka 1880 orang. Selanjutnya Yunani dan Kanada berada di urutan dua dan tiga dengan total masing-masing total pengungsi di angka 795 dan 590 orang.

Tentu permasalahan menahun itu, membawa dampak buruk pada masyarakat Palestina. Atas konflik menahun yang tak kunjung selesai itu, banyak masyarakat yang menjadi korban, baik nyawa ataupun luka-luka.

Menurut data OCHA (Office for the Coordination of Humanitarian Affairs) yang dibentuk PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) pada tahun 1991, hingga tahun 2022, ada sebanyak 60.816 korban yang terluka dan harus dirawat karena permasalahan pernafasan akibat gas air mata. Selain itu, peluru karet juga memakan korban luka di angka 23.217 orang. Sebanyak 16..685 orang juga menjadi korban luka akibat serangan peluru dari senjata.

Yang lebih parah, serangan udara menjadi kejadian yang paling banyak membunuh para warga Palestina. Tercatat  sebanyak 3176 tewas akibat serangan udara. Selain serangan udara, serangan peluru juga memakan korban jiwa yang cukup banyak, yakni 1233 orang hingga tahun 2022. 

Penulis: Puja Pratama Ridwan
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Porsi Anggaran Pendidikan Indonesia jadi Salah Satu yang Tertinggi di Kawasan

Porsi anggaran pendidikan di Indonesia sebesar 20 persen tetap terjaga sejak 2022. Angka ini menjadi salah satu yang tertinggi di antara negara ASEAN.

Calon Pesaing Burj Khalifa akan Rampung 25 Tahun Mendatang?

Kuwait mengumumkan bahwa berencana akan membangun Menara tertinggi di dunia, yang akan menjadi pesaing Burj Khalifa dengan nama Burj Mubarak al-Kabir.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X