Bagaimana Umat Muslim Merayakan Iduladha?

Aktivitas utama yang dilakukan umat Muslim merayakan Iduladha adalah dengan melakukan salat Iduladha, disusul kumpul keluarga, dan berkurban.

Bagaimana Umat Muslim Merayakan Iduladha? Ilustrasi Umat Muslim | freepik/rawpixel.com

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag) resmi menetapkan Hari Raya Iduladha atau yang disebut sebagai 10 Zulhijah 1445 Hijriah jatuh pada Senin, 17 Juni 2024 mendatang. Keputusan tersebut diungkapkan oleh Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki setelah Sidang Isbat penentuan 1 Zulhijah 1445 Hijriah di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Jumat (7/6/2024) lalu.

"Berdasarkan hisab posisi hilal wilayah Indonesia yang sudah masuk kriteria, disepakati 1 Zulhijah 1445 HIjriah jatuh pada hari Sabtu, 8 Juni. Dan InsyaAllah Hari Raya Iduladha jatuh pada Senin, 17 Juni," ungkapnya, mengutip CNN.

Menjelang Iduladha, umat Muslim di seluruh dunia tentunya telah bersiap menyambut hari raya tersebut. Tak terkecuali di Indonesia. Melansir survei yang diusung Jajak Pendapat (JakPat) dalam laporannya yang bertajuk Eid Al-Adha Preparation and Celebration, mayoritas umat Muslim berencana melakukan ibadah untuk merayakan Iduladha.

Mayoritas umat Muslim berencana melakukan ibadah untuk merayakan Iduladha.
Mayoritas umat Muslim berencana melakukan ibadah untuk merayakan Iduladha | GoodStats

Sebanyak 89% responden berencana untuk melakukan salat Iduladha dalam merayakan lebaran haji tersebut. Lebih rinci, menilik tingkat pendapatannya, umat Muslim yang melakukan salat Iduladha adalah 89% berpenghasilan tinggi, 89% berpenghasilan menengah, dan 88% berpenghasilan rendah.

Selain salat Iduladha, hal lain yang dilakukan untuk merayakan Iduladha adalah dengan berkumpul dengan keluarga dan sanak saudara. Momen hari raya ini banyak dijadikan kesempatan bagi umat Muslim di Indonesia untuk saling bersilaturahmi melepas rindu dengan keluarga jauh.

Berkurban menjadi hal berikutnya yang dilakukan untuk merayakan Iduladha. Adapun proporsi umat Muslim yang berkurban memang lebih tinggi pada mereka yang berpenghasilan tinggi ketimbang mereka yang berpenghasilan rendah.

Terakhir, perayaan Iduladha rasanya belum lengkap jika tidak ada acara berbagi makanan satu sama lain. Biasanya, daging hasil kurban akan dibagikan ke keluarga, kerabat, maupun orang-orang yang membutuhkan. 

Mayoritas Umat Muslim salat Iduladha di Masjid

Umat Muslim biasanya berkumpul di masjid untuk melakukan salat Iduladha. Meski begitu, tidak sedikit pula yang memilih untuk salat di lapangan terbuka.

Umat Muslim biasanya melakukan sholat Iduladha di masjid atau lapangan terbuka.
Umat Muslim biasanya melakukan salat Iduladha di masjid atau lapangan terbuka | GoodStats

Apabila dilihat per generasinya, maka mayoritas umat Muslim (82%) melakukan salat Iduladha di masjid terdekat. Meski begitu, 33% responden mengaku biasanya melakukan salat Iduladha di lapangan terbuka. Hanya segelintir yang melakukan salat di ruang serbaguna, rumah, maupun institusi publik.

Adapun survei dari JakPat ini melibatkan 1.383 responden secara online, mayoritas berasal dari Pulau Jawa (45%) dan merupakan Generasi Millenial (50%).

Penulis: Agnes Z. Yonatan
Editor: Editor

Konten Terkait

Ada Berapa Kasus “Pegi Perong” di Indonesia?

Salah tangkap maupun salah prosedur, hal ini jadi bukti kelalaian Kepolisian Republik Indonesia.

Deforestasi Indonesia Sentuh Kawasan Konservasi dan Hutan Lindung

Deforestasi di Indonesia kembali mengalami peningkatan, apakah ini sinyal akan terjadinya konflik manusia dan satwa yang lebih masif?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook