Kini Angka Buta Huruf RI Tak Capai 1%?

Pertumbuhan angka melek huruf Indonesia menunjukkan progres dan komitmen menjemput kesejahteraan melalui pendidikan.

Kini Angka Buta Huruf RI Tak Capai 1%? Murid Sekolah Dasar di Indonesia Tengah Membaca Buku. Sumber: Getty Images by Yasser Chalid

Dari tahun ke tahun, angka buta huruf di Indonesia kian menurun. Bahkan, untuk rentang usia 15 sampai 44 tahun, angka buta huruf tidak mencapai 1%. Badan Pusat Statistik mencatat, pencapaian ini dibarengi angka partisipasi sekolah yang juga meningkat.

Angka buta huruf untuk semua rentang usia hampir selalu turun dari tahun ke tahun.

Angka buta huruf untuk semua rentang usia hampir selalu turun dari tahun ke tahun.

Meskipun demikian, beberapa daerah di Indonesia masih memiliki angka buta huruf yang tinggi, seperti di Papua dan Nusa Tenggara Barat. Angka buta huruf Papua pada tahun 2023 dari berbagai rentang usia masih di atas 12%. Nilai tertinggi pada rentang usia lebih dari 45 tahun sebanyak 22%. 

Nusa Tenggara Barat juga masih mencatat nilai angka buta huruf cukup tinggi untuk penduduk usia lebih dari 10 tahun, yakni mencapai 10,89%. Penduduk Nusa Tenggara Barat berusia 45 tahun ke atas memiliki angka buta huruf tertinggi di 2023, sebanyak 26,48%.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menekankan literasi sebagai bagian dari hak asasi manusia. Melalui Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus (PMPK), Kemendikbudristek turut memperingati Hari Aksara Internasional (HAI) yang jatuh pada 8 September tiap tahunnya.

Peringatan HAI sekaligus merepresentasikan komitmen Indonesia untuk ikut berperan mencapai SDG poin 4.6 mengenai pendidikan berkualitas. Dalam poin tersebut, dunia berupaya untuk menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata, serta meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua.

Dengan rata-rata angka buta huruf yang kurang dari 4%, Indonesia melebihi angka melek huruf global 83,41% berdasarkan World Population Review. Indonesia juga berjajar dengan beberapa negara Asia Tenggara lainnya dengan nilai serupa.

Sebagian besar negara di Asia Tenggara telah melebihi capaian angka melek huruf dunia, kecuali Timor Leste.

Sebagian besar negara di Asia Tenggara telah melebihi capaian angka melek huruf global, kecuali Timor Leste.

Pencapaian global yang tinggi juga belum dibarengi pemerataan kualitas literasi di semua negara. Masih banyak negara dengan angka melek huruf dibawah rata-rata global. Sebagian negara-negara tersebut terletak di Afrika, seperti Benin, Guinea, Somalia, Nigeria, Republik Afrika Tengah, Sudan Selatan, Burkina Faso, Mali, dan Chad. Negara lainnya yang juga masih bernilai rendah adalah Afganistan. Chad mencatat nilai terendah, dengan angka melek huruf hanya 27%.

Bersamaan dengan penurunan angka buta huruf, partisipasi sekolah penduduk Indonesia berangsur membaik. Untuk usia 7-12 tahun pada 2023, sebanyak 99,16% anak tengah bersekolah. Di sisi lain, untuk usia 19-24 tahun yang setara dengan pendidikan tinggi, baru memperoleh 28,96%. Angka tertinggi untuk usia 19-24 tahun ini diperoleh DIY dengan nilai 55,8%.

Beberapa daerah luar Pulau Jawa, memiliki angka partisipasi sekolah yang cukup tinggi untuk penduduk berusia 19-24 tahun. Sumatera Barat mencapai angka partisipasi sekolah sebanyak 42,19% untuk rentang usia ini, disusul Maluku sebanyak 40,27%, dan Sulawesi Selatan sebanyak 37,89%.

Perkembangan dunia pendidikan Indonesia menjadi bekal baik menuju kehidupan yang lebih layak, mengingat pendidikan juga menjadi bagian dari hak asasi manusia.

Penulis: Ajeng Dwita Ayuningtyas
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Work From Home Ternyata Tidak Selamanya Baik Untuk Kesehatan

Metode bekerja dari rumah ternyata memiliki dampak negatif bagi kesehatan. Lantas, bagaimana cara mengatasi masalah ini?

Pasca Lebaran 2024, Jakarta Diprediksi Bakal Sepi Pendatang

Tahun ini, Dukcapil DKI Jakarta memperkirakan jumlah pendatang baru di Jakarta usai Lebaran hanya mencapai 15 ribu hingga 20 ribu orang.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X